#FromViviZubeditoIndonesia, Dukungan Vivi Zubedi untuk Perempuan Inspiratif Indonesia

Kondisi sulit pandemi Covid-19 awal tahun ini, telah berdampak sangat luar biasa bagi perekonomian Indonesia, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM). Tak sedikit dari antara mereka terpuruk jatuh. Mereka yang terkena imbas, berjuang dan saling mendukung agar bisa bertahan di tengah pandemi.

Sebagai salah satu pelaku industri fesyen, Vivi Mar’i Zubedi, desainer terkemuka Indonesia sekaligus pemilik brand busana muslim “VIVIZUBEDI”, menanggapi adanya pandemi di satu sisi dapat menggerakkan semangat para pelaku bisnis fesyen untuk terus produktif dalam berkarya serta melakukan adaptasi membangkitkan perekonomian negeri ini.

Untuk diketahui, sekitar 65 persen UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Tentu tak sedikit di antara mereka, juga berperan sebagai ibu, sekaligus istri. Nah, tugas para Mompreneur ini semakin berat di tengah pandemi, di mana segala aktivitas banyak dilakukan dari rumah, termasuk mendampingi anak belajar online.

Pentingnya Pemberdayaan Perempuan

Meskipun di awal pandemi merasa kagok menjalankan multiperan-nya sekaligus di saat bersamaan, perlahan-lahan Vivi bisa beradaptasi, justru merasa bahwa hidupnya menjadi seimbang.

Ya, wanita cantik ini memiliki segudang kesibukan. Di luar perannya sebagai desainer dan pemimpin di VIVIZUBEDI, ia juga menjabat sebagai Ketua Yayasan VIVIZUBEDI Indonesia dak aktif menjalankan program-program sosial. Juga aktif menjadi salah satu dewan IKRA (Indonesia Kreatif Syariah Indonesia) yang fokus pada pemberdayaan perempuan di sektor usaha fashion dan pakaian.

Vivi Mar’i Zubedi, desainer terkemuka Indonesia sekaligus pemilik brand busana muslim “VIVIZUBEDI”

“Saat lebih banyak di rumah selama pandemi, saya justru merasa hidup lebih seimbang. Sebab, saya bisa menjalankan perusahaan sekaligus menjadi ibu dari rumah. Seringnya kedua peran itu saya jalani bersama. Awalnya sempat kagok, tapi setelah itu biasa. Pernah nih, saya harus dampingi anak saya (5 tahun) belajar daring dan saat bersamaan saya juga ada acara virtual dengan IKRA. Keseimbangan itu akan datang dengan sendirinya bila kita menjalaninya dengan ikhlas,” ujar Vivi pada acara webinar virtual bertajuk #FromViviZubeditoIndonesia “Kontribusi Kepemimpinan Perempuan di Era Pandemi” , Kamis (27/08).

Ya, meskipun aktivitas terbatas, namun tak membuat Vivi berhenti berkarya dan berproduksi. Dalam perjalanan karirnya bersama VIVIZUBEDI Brand, Vivi menjadi salah satu tokoh yang kerap menaruh perhatian pada pemberdayaan perempuan. Melalui bisnis fesyen-nya, Vivi terinspirasi untuk memberdayakan kerajinan lokal hasil karya pengrajin perempuan-perempuan Indonesia dengan menjalin kolaborasi pada karyanya.

Pada kesempatan New York Fashion Week 2018 lalu, ia melibatkan hasil kerajinan tangan perempuan Indonesia dengan mempersembahkan koleksi Urang Banua yang terinspirasi dari Kain Sasirangan dan Tenun Pegatan yang dibuat langsung oleh para pengrajin perempuan di Kalimantan. Pada program ISEF 2019, VIVIZUBEDI turut mempersembahkan koleksi The Purun Label yang diprakarsai dengan membeli kerajinan purun dari tangan pengrajin di Kalimantan. Koleksi ini didasari oleh conscious fashion yang tidak hanya tampak stylish tapi juga memberdayakan perempuan sebagai pengrajin dan kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan.

Peran Vivi sebagai pelaku bisnis mempertimbangkan pemberdayaan dan potensi perempuan-perempuan Indonesia tentunya menjadi salah satu aspek kepemimpinan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai salah satu brand yang turut memperhatikan isu sosial dan ekonomi di Indonesia, Vivi bersama Yayasan VIVIZUBEDI Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan sosial di antaranya; program Sedekah #CegahCovid, pembagian beras gratis di Banjar Baru dan lainnya dalam masa Pandemi. Sebelumnya VIVIZUBEDI juga telah menjalankan program lain seperti kampanye #1000MukenuntukIndonesia dan program pembangunan Masjid di beberapa daerah di Indonesia.

#FromVIVIZUBEDItoIndonesia

Meneruskan visinya, bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia, VIVIZUBEDI secara khusus mempersembahkan sebuah koleksi sebagai bentuk apresiasi kepada para perempuan Indonesia dengan kampanye bertajuk #FromVIVIZUBEDItoIndonesia. Kampanye ini menjadi bentuk bakti dan apresiasi VIVIZUBEDI Brand untuk bangsa Indonesia yang senantiasa selalu mendukung bisnis fesyen untuk terus berkembang baik di pasar lokal maupun global.

“Dari tahun 2010 saya menjalankan industri fesyen lokal, semakin kesini masyarakat semakin menghargai karya lokal yang dikeluarkan pelaku industri fesyen lokal. Program ini sebagai salah satu bentuk yang kami lakukan di masa pandemi, sebagai bentuk apresi dan terima kasih ViviZubedi terhadap Indonesia karena sudah mendukung jalannya usaha kita selama ini,” ungkap Vivi.

Kontribusi  Pemimpin Perempuan di Era Pandemi

Perhatian yang sama pada pemberdayaan perempuan juga diterapkan oleh Fery Farhati sebagai Penggagas Ibu Ibu Kota dan Nur Asia Uno selaku pendiri YAMSA (Yayasan Abang Mpok Sahabat Anak).

Fery Farhati sebagai Penggagas Ibu Ibu Kota

Fery Farhati secara aktif menggandeng perempuan Ibu Kota dari berbagai profesi untuk saling memberikan inspirasi dan membantu sesama di masa pandemi ini. “Selama pandemi ini, kegiatan kita lebih banyak via online. Ada banyak kegiatan, seperti dongeng untuk anak-anak PAUD, kelas sore bersama komunitas berbagi tips-tips menghadapi pandemi dengan positif, misalnya memilah sampah, membuat kantong dari bahan-bahan di rumah, dan lainnya,” ungkap istri dari Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini tersenyum.

Ia mengatakan, seyogianya pandemi bukanlah menjadi penghalang untuk perempuan berkarya dan produktif. Hal ini dialami pula oleh Nur Asia Uno. Selama pandemi, pengusaha restoran dan home living ini berusaha untuk terus produktif. Ia mengakui, pandemi sedikit banyak juga berdampak pada usahanya. Namun, itu tak mengecilkan niatnya untuk memberikan dukungan kepada para pelaku usaha lainnya. Sejak Desember 2019, ia membuka usaha kuliner bernama “Nur Corner”. “Awalnya itu di garasi saya, tapi kemudian saya cari tempat. Nur Corner mewadahi UMKM kuliner untuk kita bantu jualkan produk mereka. Di sana juga sekaligus sebagai tempat sharing, saya beri masukan dan motivasi untuk lebih peka melihat peluang agar bisa bertahan di masa pandemi, bagaimana agar kita mau terus belajar sama mereka yang telah sukses. Sejak dibuka, ada saja UMKM yang tiap hari titipproduknya untuk kita jual,” berita istri dari Sandiaga Uno ini.

Nur Asia Uno selaku pendiri YAMSA (Yayasan Abang Mpok Sahabat Anak)

Selain aktif pada pemberdayaan perempuan, Mpok Nur, demikian ia biasa disapa, juga aktif terlibat membantu anak-anak berkekurangan. Bersama YAMSA, ia aktif melakukan kegiatan sosial seperti kegiatan minum susu bersama salah satu industri pengolahan susu. “Mereka memberikan donasi 10 ribu susu yang telah kita bagikan ke daerah-daerah yang membutuhkan, seperti Cilincing, Tangerang, dan lainnya,” katanya.

Dalam waktu dekat ini, ia juga melakukan penggalangan dana untuk membantu anak-anak yang kurang mampu agar bisa mendapatkan perlengkapan sekolah online, misalnya tablet.

Koleksi Spesial “All About Scarf” untuk Perempuan Inspiratif

Kepemimpinan sosok-sosok tersebut telah menginspirasi gerakan #FromVIVIZUBEDItoIndonesia agar sesama perempuan dapat saling mendukung untuk tetap kuat, berkarya, berkontribusi dan aktif di berbagai bidang untuk Indonesia yang lebih baik.

Salah satu dari koleksi “All About Scarf” dari label VIVIZUBEDI

Bersama kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia, Vivi mempersembahkan koleksi spesial “All About Scarf” dengan salah satu serinya yakni Archipelago Scarf. Koleksi terbaru ini diluncurkan untuk merayakan semangat para perempuan inspiratif Indonesia bertepatan dengan perayaan hari Kemerdekaan Indonesia.

Terdapat dua pilihan material dari Archipelago Scarf yaitu satin silk dan juga premium voal, koleksi ini hadir dengan kombinasi warna-warna gelap dan earth-tone, seperti navy, black dan beige yang masing-masing merepresentasikan karakter dari Archipelago Scarf.

Inspirasi dari koleksi “All About Scarf” berasal dari keindahan dan keragaman motif etnik yang tersebar di kepulauan Indonesia. Karakter desain pada pada koleksi ini hadir dengan permainan variasi warna terang hingga gelap yang memberikan kesan strong namun tetap elegan.

Pada kampanye ini, VIVIZUBEDI mempersembahkan koleksi “All About Scarf” kepada 20 perempuan Indonesia inspiratif sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya di masyarakat, antara lain adalah Ingrid Kansil perempuan yang aktif bidang politik, Tini Sardadi seorang pengusaha perempuan, Shinta Bubu yang aktif di digital muslimahpreneur, dan perempuan yang menginspirasi lainnya.

Melalui kampanye #FromVIVIZUBEDItoIndonesia diharapkan mampu memberikan semangat emansipasi pada perempuan-perempuan Indonesia untuk terus berjuang memaksimalkan potensi diri demi masa depan bangsa yang lebih baik dan selalu menginspirasi di segala aspek kehidupan pada masa pandemi ini.

Foto: Efa, dok. ViviZubedi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *