Rayakan hari Ibu Nasional, BaBe Gelar Forum Wanita 'Ngumpul Asyik'

Kalian pasti bangga dong punya Bunda yang cerdas, up to date dan tidak gaptek alias gagap teknologi. Yups, di zaman serba teknologi digital dan internet, segala sesuatu menjadi mudah diakses, mulai dari informasi, transportasi, jual beli, dan sebagainya.

Tahukah kamu, menurut data We Are Social in 2019, Indonesia alami peningkatan 13 persen dalam hal jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun, lho! Bahkan berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), wanita menempati porsi 48.57 persen dari keseluruhan pengguna internet. Namun sayang, survei yang dilakukan oleh Google menunjukkan bahwa 53 persen wanita tidak menerima informasi yang benar-benar mereka butuhkan di internet. Waduh, jangan sampai Bunda termasuk di dalam 53 persen itu, ya?

Nah, guna mengedukasi sekaligus menyambut perayaan hari Ibu Nasional, aplikasi agregator berita “Baca Berita (BaBe)” menggelar forum untuk membahas peran wanita di era teknologi. Acara berjudul “Ngumpul Asik” tersebut berlangsung di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan (18/12/19) tersebut dihadiri oleh komunitas wanita dan media di Jakarta.

Rayakan Hari Ibu Nasional, BaBe Gelar Forum Wanita ‘Ngumpul Asyik’

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ibu Dessy Ilsanty (Psikolog dari Yayasan Praktek Psikolog Indonesia), Ibu Happy Djarot Saiful (istri dari Gubernur DKI Jakarta periode 2017 dan merupakan figur wanita yang aktif dalam kegiatan sosial), perwakilan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Ibu Chaterine Siswoyo, Head of Communications dari ByteDance Indonesia.

Jangan Terlena dengan Media Sosial

“Di tengah banyaknya informasi di internet saat ini, kita perlu lebih hati-hati dalam memilih apa yang perlu dibaca dan apa yang bisa dipercaya. Tips paling mendasar adalah mencari tahu sumber informasi tersebut, dan pastikan bahwa sumber tersebut kredibel serta terpercaya. Kita juga perlu lebih bijak dalam menggunakan media sosial,” ujar Ibu Happy Djarot Saiful Hidayat.

Perihal media sosial, istri dari Gubernur DKI Jakarta periode 2017 tersebut mengaku punya cara tersendiri untuk menangkis hal-hal negatif. Seperti kita tahu, media sosial tak jarang menimbulkan masalah bila tak digunakan secara tepat, tak hanya bagi diri sendiri, namun juga bagi orang lain.

“Sebagai perempuan, ibu dan istri, kita harus bijak memanfaatkan teknologi. Kalau teknologi kan gak rugi ya, tapi kita yang rugi. Saya alami sendiri, nih. Misalnya, buka Insta Story di Instagram, eh, kok ya menarik. Gak terasa, 1,2,3 menit berlalu, sampai akhirnya 1 jam, dan seterusnya,” katanya.

Selain menganjurkan untuk tahu waktu sehingga tidak mengabaikan hal lain, misalnya pekerjaan, mengurus anak, dan sebagainya, Ibu Happy rupanya punya kiat tersendiri sebelum mengakses media sosial.

Perhatikan Suasana Hati

Ia, katanya, harus memperhatikan mood atau suasana hatinya dulu. “Kalau saya lagi nggak mood, bisa-bisa pas lihat postingan status teman, misalnya, saya jadi ngedumel sendiri. “Ih, kok dia begitu, sih, kok begini sih?” dan sebagainya. Tapi, pas suasana hati saya bagus, saya malah akan bersikap positif. Misalnya, melihat teman sedang posting saat bepergian, saya justru ikut merasa senang dengan kebahagiaan dia, atau saat lihat ada yang posting soal makanan, malah bisa jadi referensi bagi saya, ‘ah, kapan-kapan coba ah sama  keluarga makanan ini” begitu… Jadi, kalau lagi nggak mood, saya nggak akan buka sosial media, daripada nambah dosa,” ujarnya setengah bercanda yang disambut tawa oleh ibu-ibu yang hadir.

Perihal adanya ketergantungan gadget juga tak luput jadi perhatiannya. Ia merasa, bahwa ada perbedaan mencolok antara ibu-ibu zaman dulu dengan ibu-ibu zaman sekarang dalam mengasuh anak. “Namanya ibu-ibu, kalau anak lagi rewel, bisa bingung bagaimana cara membuatnya diam. Nah, kalau zaman saya dulu, waktu punya anak balita, saya kasih mereka buku gambar, pensil warna atau alat tulis yang bisa membuat dia enjoy dan nggak rewel,” katanya.

(kiri – kanan) Chaterine Siswoyo, Head of Communications dari ByteDance Indonesia, Happy Djarot Saiful (figur wanita yang aktif dalam kegiatan sosial) dan Dessy Ilsanty (Psikolog dari Yayasan Praktek Psikolog Indonesia)

Namun kebiasaan ibu-ibu muda zaman sekarang, lanjutnya, berbeda. Sedikit-sedikit, ketika anak rewel, langsung dijejali dengan smartphone. “Anakpun akhirnya diam karena main game, nonton Youtube, dan sebagainya, yang seringnya tidak didampingi namun dibiarkan asyik sendiri,” ujarnya prihatin.

Pintarlah Memilah Informasi

Banyak sekali hal yang diulas dalam forum “Ngumpul Asyik” tersebut, termasuk bagaimana mengakses informasi dengan memperhatikan sumber yang terpercaya. “Terkadang ya, ada informasi yang disebar melalui whatsapp, ibu-ibu langsung percaya tanpa mengecek kebenarannya. Bila informasi tersebut benar dan bermanfaat, ya, tak masalah.Namun lain persoalan bila menyesatkan,” tambah Ibu Dessy Ilsanty.

Psikolog tersebut menilai, sangat penting bagi wanita atau ibu-ibu untuk memperoleh informasi yang berimbang.  “Berbagai informasi dan pengetahuan yang dapat diakses dengan kemajuan teknologi ini dapat digunakan untuk memberdayakan mereka dengan kemampuan dan pengetahuan baru, yang dapat menjadi pilihan karir yang baru atau sumber pendapatan,” ujarnya.

Nah, untuk memberikan akses ke lebih banyak informasi dan kesempatan yang dapat memberdayakan wanita, BaBe, mempersembahkan kanal ‘WANITA’ yang menyediakan beragam konten dari banyak sumber media parenting, kreator seperti Babyologist, Nasehat pernikahan untuk berbagi tips serta pendapat, kanal khusus untuk topik wanita, dan sebagainya.

BaBe juga membentuk komunitas wanita bernama Ikatan Bunda BaBe (iBuBa) di mana para wanita dapat bergabung ke komunitas tersebut dan membagi tips serta trik. Jika Bunda tertarik untuk bergabung, langsung saja simak informasinya di aplikasi BaBe, ya?

Foto: Efa, Istimewa

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *