Dalam dunia kuliner, kita sering mendengar istilah food plating. Yaitu cara penataan dan penyajian makanan di atas piring atau piranti lainnya, dengan memperhatikan posisi dan komposisi makanan. Agar makanan tampil menarik karena memiliki nilai seni dan citarasa yang tinggi.
Menurut Bapak William Wongso, pakar kuliner yang juga seorang aktivis makanan Indonesia, dalam dunia memasak, food plating ini perlu diperhatikan. Meski kelezatan dan aroma makanan merupakan hal utama, akan tetapi cara penyajian atau penataan yang optimal tentunya akan meningkatkan apresiasi kita terhadap sebuah hidangan.
Misalnya saja rendang, makanan khas Sumatera Barat ini disebut-sebut sebagai makanan terlezat di dunia, lho, Kids. Tapi, kalau lihat tampilannya, tak seindah rasanya, ya, Kids. Lain hal kalau ditata sedemikian rupa, pasti akan lebih meningkatkan selera. Nah, untuk meningkatkan apresiasi terhadap peran dari seni dan tatacara penyajian hidangan, terutama masakan Nusantara, Zen Tableware dari Indo Porcelain, bekerjasama dengan Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) dan William Wongso Kuliner (WWK) menggelar “ZEN Food Plating Competition 2017”. Kompetisi ini merupakan bagian dari misi Zen Porcelain Tableware untuk membawa tradisi kuliner Indonesia ke taraf Internasional. (Retno)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *