Kids, pernahkah kalian mendengar tentang ikan yang bisa terbang? Mari kita berkenalan dengan Flying fish!

Habitat Flying Fish

Flying fish atau ikan terbang memilik nama ilmiah Exocoetidae. Ikan ini hidup di Samudra Atlantik, Pasifik, dan Hindia. Di Indonesia, ikan ini dikenal dengan nama Tuing-tuing dan Torani. Sebagian besar ikan terbang bisa ditemukan di perairan wilayah Timur negara kita, yaitu Sulawesi, Flores, dan Papua. Ikan terbang adalah ikan yang hidup di zona pelagik, yaitu permukaan laut yang tidak terlalu dalam dan masih terkena sinar matahari sehingga hangat.

Rahasia Terbang

Ternyata, Flying fish terbang untuk menghindari pemangsa, Kids! Walaupun dinamai ikan terbang, sebenarnya ikan ini lebih tepat disebut melayang. Hewan yang bisa terbang menggunakan tenaga otot sayap, dan ikan terbang tidak memiliki ini. Ketika ikan terbang akan mengudara, dia akan berenang dengan kecepatan tinggi, melebarkan sirip, dan mengibaskan ekor. Dengan begitu, ikan mencapai kecepatan yang sangat tinggi dan ketika meninggalkan air, mereka bisa melayang berkat siripnya yang terentang.

Negara Ikan Terbang

Walaupun ikan terbang tersebar di tiga samudra, tak ada negara yang memberikan perhatian lebih pada ikan ini selain Barbados. Negara kepulauan ini mendapat julukan “Negeri Ikan Terbang” karena banyaknya ikan terbang di perairannya.  Di Barbados, ada perangko dan uang logam dengan gambar ikan terbang. Menarik, ya? Hihihi!

Sumber Makanan

Di Jepang, telur ikan terbang dijadikan makanan, dan di Barbados ada hidangan nasional bernama Cou-cou yang selalu disajikan dengan daging ikan terbang. Di Sulawesi,  ada hidangan ikan terbang asap yang lezat.

 

 

 

 

 

Teks: JFK    Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *