Ho.. Ho.. Ho.. Siapa, sih, yang tidak kenal dengan sosok bertubuh gemuk, janggut tebal, berbaju merah yang suka membagikan hadiah di malam Natal? Dialah Santa Claus! Eh, ternyata Santa Claus punya nama berbeda di legenda tiap negara. Penampilannya pun tidak selalu sama. Kok, bisa begitu, ya?

  1. Dewa Odin di Jerman

Sosok Santa Claus mirip dengan legenda Dewa Odin di Jerman. Penampilannya berjanggut putih dan mengenakan jubah putih dan topi besar.

  1. Tomte atau Nisse di Denmark

Tomte berbentuk makhluk kerdil yang baik hati. Tapi ia juga pemarah, lho. Tomte mengenakan pakaian abu-abu dan topi merah. Ia senang memberi hadiah kepada anak-anak seperti Santa Claus.

  1. De Goede Sint di Belanda

Santa Claus dari negeri kincir angin ini punya seorang asisten bernama Zwarte Piet atau Piet Hitam. Zwarte Piet inilah yang sering membantu De Goede Sint membagikan hadiah.

  1. Father Christmas di Inggris

Bapak tua berjubah hijau ini juga senang membagikan hadiah kepada anak-anak. Father Christmas menyebarkan keceriaan dan semangat Natal.

  1. Befana di Italia

Ada penyihir wanita yang baik hati bernama Befana. Selain membagikan hadiah kepada anak-anak baik, ia juga akan melempari anak-anak jahat dengan batu.

Ada fakta menarik tentang cerita Santa Claus:

  • Santa Claus punya adik bernama Fred Claus yang jahat
  • Kalau terjadi di dunia nyata, Santa menempuh perjalanan sejauh 510.000.000 km pada kecepatan 10.703.437,5 km/jam untuk berkeliling dunia membagikan hadiah
  • Rumah Santa konon katanya berada di Kutub Utara

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *