Era Digital, Semua Jadi Mudah!

Berselancar di internet, mengasyikkan ya, Kids? Kalian bisa mendapat informasi apa pun tanpa terbatas ruang dan waktu. Kalian juga bisa terhubung dengan teman, kapan dan di mana saja. Baik itu lewat facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya. Itulah yang dinamakan era digital, Kids!

Era digital adalah suatu istilah, untuk menggambarkan kemunculan teknologi digital atau jaringan internet. Kids, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, digital berkaitan dengan angka.

Nah, teknologi digital merupakan teknologi yang mengubah semua informasi seperti data, teks, grafik, suara, gambar atau video menjadi bentuk digit angka, yang bisa dibaca oleh sistem komputer. Dengan begitu, informasi bisa dikirim dalam kecepatan tinggi. Wuzz, secepat kilat, deh.

Semua kemudahan di era digital, harus dimanfaatkan secara positif, ya, Kids. Berikut ini sebagian contoh yang bisa kalian nikmati di era digital.

  • Komunikasi

Dulu, zaman Bunda dan Ayah seusia kamu, belum ada internet. Telepon, sih, ada, tapi bentuknya masih telepon rumah. Sekarang, gadget semakin canggih.

Perangkat digital seperti smartphone, tablet, atau laptop bikin komunikasi jadi mudah dan cepat. Kamu bisa chat, sms, email, apalagi video call, hingga keluar negeri.

Belum lagi fitur-fitur media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, yang bisa diakses lewat smartphone kalian. Kalian bisa menulis status, mengunggah gambar atau video. Dalam hitungan detik, langsung bisa dilihat oleh orang lain. Walaupun terpisah oleh jarak, tapi terasa dekat. Asyik, kan?

  • Informasi & Hiburan

Acara favorit kamu tayang di RCTI tapi kamu lagi di jalan dan nggak ada televisi? Tinggal ambil smartphone, kamu bisa menonton siaran favorit kamu secara live streaming (langsung) di internet. Selain stasiun televisi, radio pun melakukan siaran secara digital. Jadi, kalian bisa mendengarkan musik, deh.

Media cetak kini juga hadir dalam bentuk digital, Kids. Seperti majalah Just For Kids, bisa kalian temukan di situs: www.majalahjustforkids.com.

Aplikasi media visual lain, seperti YouTube dan MeTube, juga menawarkan banyak fasilitas. Kamu bisa menonton, mengunggah atau mengunduh video. Namun, pastikan kalian mengakses secara aman, ya, Kids. Selalu minta bantuan Bunda atau Ayah.

Lewat internet, informasi apapun, semakin mudah diperoleh. Kamu bisa mengetik kata kunci di situs pencari, dan…jrenggg, semua informasi ada di depan mata. Teknologi ini bisa membantu kalian belajar atau menyelesaikan tugas sekolah.

  • Jual Beli Online

Pernah melihat Bunda beli barang tanpa ke toko, namun barang diantar sampai ke rumah? Yups, di era digital, jual beli online lewat internet semakin populer, Kids. Bunda juga tak perlu pergi ke Bank untuk mentransfer uang kepada penjual. Cukup transfer lewat mobile banking, kartu kredit, atau internet banking lewat gadget. Hal sama bisa dilakukan untuk membeli tiket pesawat, kereta api, bus, memesan kamar hotel, dan sebagainya.

Selain produk, ada juga jual beli jasa online. Misalnya, ojek atau taksi online, jasa pembuat situs, jasa bersih rumah, dan sebagainya. Tinggal pesan di aplikasi gadget kita.

Bunda atau Ayah juga tak perlu membawa uang tunai kemana-mana. Lewat kartu debit ATM, atau kartu kredit, belanja di toko atau supermarket jadi gampang.

Bahkan, dengan uang digital berupa e-money (uang elektronik), kita bisa membayar tiket bus, kereta api, jalan tol, hingga belanja di supermarket.

(Teks: Efa / Foto: Istimewa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *