Chilibeli Hadirkan Solusi Cerdas Berdayakan Ibu Rumah Tangga dan Naikkan Taraf Kesejahteraan Keluarga

Ibu-ibu mana yang nggak senang bisa belanja kebutuhan pokok dengan harga murah, praktis dan tanpa ribet? Apalagi kalau bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sana.

Seperti yang kita tahu, banyak ibu-ibu yang memilih belanja kebutuhan pokok seperti ikan, sayur mayur, buah dan sebagainya di pasar tradisional, dengan harapan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Bahkan, mereka rela bangun subuh untuk belanja, demi mendapatkan bahan-bahan yang lebih segar. Apakah Bunda termasuk salah satu di antaranya?

Kalau jarak rumah dekat, sih, nggak masalah ya Bun. Tapi kalau agak jauh, terus hujan pula, bikin pasar jadi lebih becek dan kotor, suasana belanja pun jadi kurang nyaman.  Memang sih, Bunda bisa saja belanja di tempat yang lebih baik dan ber-AC, di supermarket misalnya, tapi dengan risiko harga barang naik sekitar 20 persen.

Aduh, kalau bisa memiliih, pasti maunya nggak perlu belanja jauh-jauh, cukup tekan jari saja via online, barang diantar atau diambil di lokasi terdekat, plus harga murah.

Nah, ada kabar gembira, nih. Solusi itulah yang ditawarkan oleh Chilibeli, platform social commerce yang memperkenalkan cara berbelanja berbagai produk segar serta kebutuhan rumah tangga lainnya dengan nyaman, aman, mudah, dan cepat.

Untuk diketahui, umumnya jalur distribusi kebutuhan sehari-hari itu agak panjang. Dari petani –pengepul – pasar induk – pasar eceran lalu berakhir ke konsumen. Di Chilibeli, mereka memotong jalur distribusi jadi lebih pendek, yakni dari petani/nelayan – mitra – konsumen.

Hal itu diungkapkan oleh Gabriela Davita Amelia, Brand Specialist, Chilibeli. “Di sini kami mau kenalin Chilibeli, yaitu aplikasi sosial commerse yang memfasilitasi masyarakat, terutama ibu-ibu, untuk mempermudah kehidupan mereka dengan nggak perlu jauh-jauh belanja kebutuhan pokok ke pasar tradisional lagi. Selain itu, kami juga memberikan kesempatan mereka untuk menjadi mikroenterpreneur,” katanya.

Bagi Ibu Rumah Tangga (IRT) yang hendak berbelanja kebutuhan rumah tangga, dikatakan Yumir Syamsyah Lubis, Head of Marketing Communications, Chilibeli, prosesnya cukup mudah. “Cukup unduh aplikasi Chilibeli yang telah tersedia untuk sistem operasi Android, masukkan kawasan tempat tinggal, lalu pilih Mitra Chilibeli terdekat. Setelah itu, klik produk kebutuhan rumah tangga yang hendak dibeli. Akan ada nomor kontak Mitra Chilibeli yang dapat berkomunikasi untuk konfirmasi pesanan, harga, dan jadwal produk pesanan tiba,” katanya.

Bagi Moms yang mau mencoba jadi mikroenterpreneur, juga bisa. “Unduh aplikasi Chilibeli, kemudian ajukan pendaftaran di aplikasi tersebut. Aplikasi Chilibeli akan menjadi semacam panduan berbelanja dan pesanan bagi para Mitra Chilibeli dalam memonitor pesanan kebutuhan rumah tangga, data pemesan, tanggal pengantaran, serta data akuntansi sederhana,” jelas Yumir. Sebagai mitra, nantinya Moms akan menerima komisi dari Chilibeli dari transaksi yang berhasil dilakukan dengan pembeli akhir.

Untuk mitra, ada 3 unit bisnis diterapkan oleh Chilibeli,yakni:

  • Mitra Chilibeli, sebagai ketua komunitas yang akan membantu para tetangga atau orang terdekat sekitar untuk berbelanja produk segar atau kebutuhan sehari-hari.
  • Mitra Chilibeli Warung juga merupakan ketua komunitas yang memiliki warung sebagai penghasilan utama. Dalam hal ini, Chilibeli dapat membantu para pemilik warung untuk mendapatkan barang-barang yang lebih banyak dengan harga terjangkau tanpa perlu keluar rumah.
  • B2B merupakan bisnis unit Chilibeli yang menawarkan produk-produk Chilibeli kepada restoran, kafe atau usaha sederhana serupa warteg, baik sistem franchise maupun non-franchise.

Chilibeli dibentuk oleh Alex Feng, Damon Yue, dan Matt Li pada bulan Juli 2019 lalu. “Hingga saat ini, Chilibeli telah melayani sekitar 40 ribuan end user (pembeli),” ungkap Alex Feng, CEO, Chilibeli.

Saat ini, katanya, Chilibeli berlokasi di Kelapa Dua, Depok – menempati ruangan seluas 2000 meter persegi untuk berbagai fungsi logistik terpadu dan berkesinambungan, seperti titik kumpul semua produk kebutuhan rumah tangga, pusat forwarding produk pesanan Mitra Chilibeli, pengemasan sayur mayur dan buah-buahan setiap hari, serta penyimpanan produk segar dengan walk-in freezer dan walk-in chiller.

Ini adalah saat yang tepat bagi Chilibeli untuk memperkenalkan visi dan misi aplikasi kami kepada masyarakat Indonesia dalam rangka memperingati International Women’s Day yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2020. Acara ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk menyuarakan pentingnya pemberdayaan perempuan Indonesia dengan memberikan peran aktif dan strategis dalam segala aspek perekonomian dan pembangunan guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan taraf kesejahteraan keluarga Indonesia,” tutup Davita.

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *