JAKARTA, majalahjustforkids.com – Buku adalah jendela dunia. Lewat buku, kita bisa mengetahui berbagai hal di luar sana. Banyak manfaat yang kita dapat lewat membaca. Tapi sayang, kebiasaan membaca buku ini, masih rendah.

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi atau baca buku rendah.
Nah, ada kiatnya, nih, agar kamu jadi gemar membaca buku:

  1. Mengenal Buku sejak Kecil
    Coba untuk mengenal berbagai macam buku sejak kamu kecil. Kamu juga bisa membaca berbagai macam jenis atau genre bacaan yang ada. Mulai dari fiksi, komik, buku pengetahuan, buku pelajaran, buku dongeng hingga kamus. Pilih buku bacaan yang membuat kamu tertarik.
  2. Membuat Kegiatan Membaca jadi Rutin
    Agar kamu jadi gemar membaca, buatlah membaca buku menjadi kegiatan rutin seperti sebelum tidur atau saat di perjalanan. Kamu juga bisa pergi ke perpustakaan saat akhir pekan bersama orangtua atau teman-teman.
  3. Membeli Buku
    Hal yang tidak kalah penting adalah membeli buku. Kamu bisa mencoba untuk mengoleksi buku dengan membeli buku yang kamu sukai untuk dibaca. Dengan demikian kamu berinvestasi untuk masa depan.
  4. Meningkatkan Rasa Keingintahuan
    Saat rasa ingin tahu kita tinggi, secara otomatis minat membaca tanpa disadari akan ikut meningkat juga. Cobalah menambah referensi bacaan di perpustakaan, internet ataupun koran. Saat rasa ingin tahu menjadi tinggi, kamu akan mulai suka membaca dan menghabiskan waktu berlama-lama untuk menuntaskan rasa penasaran dan keingintahuanmu.

Foto: Istimewa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *