Wah, nggak kebayang, ya, kalau kita harus naik ke lantai 30 di sebuah gedung bertingkat dengan menggunakan tangga? Untungnya saat ini sudah ada lift/elevator, Kids. Nah, bagaimana awal mula lift ini ditemukan?

Suatu hari ketika sedang bekerja di pabrik ranjang, Elisha Graves Otis, seorang mekanik berusia 40 tahun asal Amerika, bertanya-tanya bagaimana caranya bisa meraih semua puing yang berada di lantai atas pabrik. Kala itu, ia sudah sering mendengar tentang alat mengangkat barang yang bisa naik-turun gedung. Sayangnya, alat itu sering rusak dan menimbulkan kecelakaan. Ia pun tidak mau ambil risiko.

Rem Pengaman

Akhirnya, bersama dengan anak-anaknya, Otis merancang “lift keselamatan”. Lift pertama yang menggunakan rem pengaman sehingga mencegah jatuh ketika tali atau rantainya putus. Ia pun mematenkan dan memroduksi temuannya tersebut.

Temuannya tersebut kemudian didemonstrasikan dalam suatu pameran di Crystal Palace, New York tahun 1854. Otis pun berhasil membuat banyak orang kagum ketika salah satu tali penopang pijakan lift diputuskan, dan pijakan tersebut turun serta berhenti perlahan-lahan.

Lift Pertama

Lift aman untuk mengangkut manusia buatan Otis, pertama kali dipasang di sebuah gedung di New York pada tahun 1857. Setelah Otis wafat tahun 1861, anaknya, Charles dan Norton mendirikan Otis Brother & Co pada tahun 1867. Dengan temuan Otis ini, mencapai lantai teratas dari gedung pencakar langit, bukan hal yang mustahil lagi, Kids!

Foto Ilustrasi: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *