Efek Positif Melukis di Masa New Normal; Bantu Jaga Kesehatan Mental dan Imunitas Tubuh

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan tak cuma bisa berdampak pada kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental sebagian orang. Mulai dari adanya perasaan cemas atau takut tertular, ketidak pastian ekonomi, ketatnya social distancing, pemutusan hubungan kerja, bertambahnya beban akibat kerja dari rumah sekaligus mendampingi anak belajar online di rumah saja, dan sebagainya. Sehingga stres pun tak bisa dihindari, walaupun kadar-nya berbeda-beda pada tiap orang.

Tanpa disadari, stres yang tak dikelola dengan baik akan berdampak pula terhadap kesehatan fisik. Daya tahan tubuh akan menurun sehingga membuat orang tersebut rentan terserang penyakit.

Tahukah Moms, untuk melindungi kesehatan mental kita, sebenarnya bisa dilakukan dengan hal sederhana. Salah satunya adalah melakukan hobi yang kita suka. Guna mendukung hal ini, di bulan Agustus hingga Oktober 2020, YOUVIT multivitamin menggelar program #TunjukinPassionmu dengan imunitas maksimal. Tujuannya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangkit lagi dan tetap produktif berkarya di masa new normal.

Pada program ini, mereka berkolaborasi dengan beberapa brand lokal Indonesia, salah satunya Bartega yang dulunya didirikan dari sebuah kecintaan dalam bidang seni. Untuk kolaborasi ini, akan diadakan beberapa aktivitas seperti kelas melukis online untuk dewasa dan anak. Nah, bagi Moms atau si kecil yang punya hobi melukis, sayang sekali melewatkan kesempatan ini.

Benson Putra – Co-Founder Bartega, Jennifer Anandary – Lifestyle & Travel Blogger dan Puteri Aisyaffa – Nutrition Expert YOUVIT

Dikatakan oleh Benson Putra, Co-Founder Bartega, melukis bisa digunakan menjadi sebuah sarana meditasi, rekreasi, dan juga refleksi terhadap diri kita sendiri. Melukis atau melakukan hobi seni yang disuka pada umumnya bisa pula dimanfaatkan sebagai self healing atau pemulihan diri. “Waktu kita melukis bisa digunakan sebagai kesempatan untuk mengenal lebih dalam kepribadian diri kita, hal apa saja yang kita hargai, dan bagaimana kita bisa berkembang dari dalam. Dengan memiliki kesehatan mental dan juga pola pikir yang positif inilah imunitas tubuh kita bisa terjaga,” katanya.

Baca juga: Tetap Produktif Hadapi New Normal, Youvit Hadirkan Program “Tunjukin Passion-mu dengan Imunitas Maksimal”

Ya, imunitas tubuh tidak hanya bisa ditingkatkan dari pola konsumsi makanan, minuman, dan vitamin, namun juga dipengaruhi oleh mood dan mental kita ketika di rumah. “Pola makan yang sehat apabila tidak dibekali dengan mood yang baik akan membuat seseorang menjadi malas beraktivitas, atau bahkan depresi yang bisa menurunkan imunitas tubuh,” katanya.

Itulah sebabnya, mengalihkan pikiran pada sesuatu hal yang disuka seperti melukis bisa membantu menenangkan pikiran dan membantu meredakan kejenuhan ataupun stres. “Seni itu sangat luas dan tidak terbatas dengan melukis saja. Banyak aktivitas seni lain yang bisa memberikan efek positif yang serupa yaitu ketika mereka bernyanyi, menari, menulis, memahat, dan lain-lain,” imbuh Benson.

Terkait kelas melukis online bersama Bartega ini, ada yang berbayar (via Zoom) dan ada pula yang gratis via Instagram Live. Bagi Moms yang tertarik pula mengikut sertkan anaknya, Benson mengatakan bahwa target usia adalah anak berusia 6 tahun ke atas. “Anak-anaknya tidak perlu bisa melukis sebelumnya, karena akan diajari dengan detail dari awal oleh tim kami. Untuk setiap kelas durasinya 1,5 hingga 2 jam. Per kelasnya kita batasi hanya 20 anak supaya kita bisa memberikan perhatian yang cukup pada setiap anak. Untuk event-nya sendiri, ada yang berbayar (mulai dari 100 ribu per orang) dan ada pula yang gratis. Peralatan yang kami siapkan antara lain canvas, cat, kuas, dan palet,” ujarnya.

Melukis sendiri telah diketahui memiliki banyak manfaat positif bagi anak seperti melatih kreativitas, meningkatkan konsentrasi, sebagai sarana relaksasi, dan juga bisa meningkatkan kemampuan komunikasi non-verbal anak. Dikatakan Benson, orangtua baiknya tidak membatasi jiwa seni anak hanya dengan melukis. Melainkan membiarkan mereka untuk mengeksplorasi sebanyak-banyaknya aktivitas apapun yang mereka inginkan. “Dan yang paling penting adalah jangan memberikan definisi apa yang benar dan apa yang salah ketika seorang anak berkarya. Karena keterbatasan inilah yang sering menghambat seorang anak untuk berani mengeksplorasi diri mereka sendiri,” tutupnya.

Nah, Moms, tertarik ikut serta? Ajak si kecil pula untuk mencoba hal baru atau mengasah kemampuannya di bidang seni, ya! Salah satunya dengan mengikuti kelas online melukis Youvit x Bartega.

Foto: Freepik

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *