E-commerce Ini Luncurkan Fitur Click & Collect: Beli Online Ambil di Toko

Noel (13 tahun), murid kelas 1 SMP, menghubungi Mamanya yang sedang kerja di kantor. “Ma, sabun ama sampo habis. Aku juga lagi kepengin makan roti tawar, Tapi lagi nggak ada uang nih di rumah…” keluhnya. “Iya, nanti Mama urus,” balas sang Mama. Nggak berapa lama, ada pesan di smartphone Noel. Mama mengirimkan bukti screenshot pembelian barang-barang yang dibutuhkan Noel lewat chat. “Nanti kamu tinggal ambil di Alfamart dekat rumah, ya, udah Mama bayar semua,” ucap Mama.

Yups, zaman sekarang semua serba mudah, ya. Kita sekarang semakin dimanjakan dengan berbagai pilihan yang menguntungkan sesuai kebutuhan. Hal itulah yang dilakukan oleh mal online Blibli.com. Mereka menyadari bahwa sekarang adalah era E-Commerce 4.0. Artinya, pelanggan tak hanya menggunakan platform online untuk membandingkan harga, memeriksa spesifikasi produk, serta mendapatkan penawaran khusus. Namun, pelanggan juga tetap ingin merasakan pengalaman offline di toko langsung, yakni untuk melihat, merasakan dan mencoba produk sebelum dibawa pulang.

Itulah mengapa, Blibli.com memperkenalkan fitur Click&Collect, sebagai e-commerce pertama yang meluncurkan fitur ini dengan menggandel retail dan merchant partner lain, seperti Alfamart, Fujishopid, dan sebagainya. Dengan kemitraan ini, pelanggan Blibli.com dan Alfamart dapat menggunakan fitur Click&Collect di ribuan minimarket Alfamart, pun begitu juga dengan pelanggan Fujishopid.

“Kami menjawab kebutuhan pelanggan untuk pengalaman bersifat online-to-offline melalui fitur Click&Collect. Lewat fitur ini, pelanggan bisa berbelanja di aplikasi dan situs Blibli.com (Click) dan memnfaatkan bergam sitem pembayaran yanga man dan mudah, juga berbagai penawaran khusus. Kemudian, mereka bisa mengambil belanjaan di toko offline sekaligus memastikan kecocokan produk (Collect),” tutur Bapak Wisnu Iskandar, SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com dalam acara peluncuran fitur Click&Collect di kawasan Slipi, Jakarta Barat (26/06/19).

Wisnu Iskandar, SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com menjelaskan dengan fitur Click&Collect, pelanggan yang berbelanja online tak perlu menunggu kurir mengantarkan pesanan ke alamat tujuan (yang sering kali dikenai biaya tambahan) sebab dapat langsung mengambil pesanan sendiri dengan mengunjungi toko offline pilihan milik merchant partner (Collect)

Barang yang dibeli online nantinya sudah bisa diambil langsung dalam jangka waktu 2 jam (bisa lebih cepat) setelah transaksi pembayaran selesai diproses. Pelanggan tak perlu menunggu kurir yang mengantarkan ke rumah (yang biasanya dikenakan biaya tambahan) karena bisa mengambil langsung di toko.

Empat produk terpopuler yang dibeli melalui fitur Click&Collect di Alfamart, menurut Bapak Viendra Primadia, Head of Digital Business Alfamart, adalah mi instan, minyak goreng, gula dan susu. Pihaknya akan memperluas kemitraan dengan Blibli.com untuk mencakup seluruh toko swalayan di Jawa dan Bali hingga akhir 2019.

Selain barang kebutuhan sehari-hari, elektronik dan gadget juga mendapat banyak peminat. Sebab, pelanggan ingin memastikan bahwa produk yang mereka beli sesuai dengan kebutuhan, apalagi mengingat bahwa harga barang-barang tersebut relatif mahal.

“Lensa kamera, kamera mirrorless dan action kamera menjadi produk Click&Collect yang paling populer di kalangan para pelanggan toko offline Fujishopid, yang berlokasi di Jakarta dan Bali,” ungkap Bapak Samuel Ong, Founder of Fujishopid.

Saat ini, Click&Collect sudah bermitra dengan 28 merchant partner dari berbagai kategori produk yang tersebar di ribuan toko Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali.  

Ada kabar baik, kalau Mama dan Papa belanja menggunakan fitur Click&Collect di aplikasi Blibli.com hingga 15 Juli 2019, bisa menikmati penawaran spesial, lho! Seperti diskon 50% bila belanja khusus di Alfamart, 5% untuk kategori handphone & tablet dan diskon 5% untuk kategori lainnya.

Foto: Efa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *