Tahu tidak, Kids, kemasan plastik yang ramah lingkungan? Penemunya adalah seorang ilmuwan perempuan, lho! Beliau adalah Doktor Noryawati Mulyono. Tak hanya Ibu Doktor Noryawati saja, masih banyak ilmuwanilmuwan perempuan yang memegang peranan penting dalam memberikan solusi tantangan di masa depan. Tapi, dibanding negara lain, ilmuwan perempuan Indonesia lebih sedikit jumlahnya, lho!

L’Oréal Indonesia sebagai perusahaan yang berakar pada sains, terus memberikan dukungan nyata bagi para ilmuwan perempuan. L’Oréal Indonesia menguatkan komitmen atas konsistensinya dalam mendorong kemajuan ilmuwan perempuan di Indonesia. Menurut data UNESCO, di Indonesia meski jumlah mahasiswa perempuan lulusan bidang sains cukup tinggi yakni sebanyak 52 persen, namun angka mahasiswa perempuan tingkat doktor hanyalah sebesar 35 persen saja.  Artinya, kaum perempuan yang melanjutkan karir dan studi di bidang sains masih sedikit. Selain itu, jumlah ilmuwan perempuan hanya 31 persen saja dari total jumlah seluruh ilmuwan di Indonesia. Hal ini jauh lebih rendah dibandingkan kondisi di negara lain, misalnya di Filipina dan Thailand, dimana jumlah ilmuwan perempuannya mencapai lebih dari 50 persen.
“Sejak tahun 2004, kami berkomitmen untuk mendukung peran ilmuwan perempuan bagi kehidupan manusia, melalui penemuan mereka. Kami percaya bahwa perempuan yang berkecimpung di bidang sains, bisa mengubah dunia. Sebab dunia membutuhkan sains dan sains membutuhkan perempuan,” ungkap Mr. Umesh Phadke, Presiden Direktur L’Oréal Indonesia.
Selama 15 tahun berjalan, For Women In Science (FWIS) telah mencetak 53 orang ilmuwan perempuan, dan 5 di antaranya telah diakui secara internasional, lho, Kids. Tidak hanya FWIS, L’Oréal Indonesia juga memiliki program L’Oréal Sorority in Science, menargetkan mahasiswa perempuan; serta L’Oréal Girls in Science, bagi siswi tingkat SMA. Semua program memiliki benang merah yang sama, yakni memilih kaum perempuan yang tertarik, tengah belajar, atau mendedikasikan karir mereka di bidang sains, demi mengembangkan inovasi ilmiah dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan kemajuan masyarakat di seluruh Indonesia.

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *