Sekolah Kristen IPEKA Gelar Sentra Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 12 – 17 Tahun

Belakangan ini, kasus kejadian Covid-19 semakin meningkat. Lonjakan kasus ini, antara lain dipicu oleh kian menyebarnya berbagai varian baru virus SARS-CoV-2 seperti varian Alpha, Beta, dan Delta. Varian yang terakhir tadi, memiliki karakter lebih mudah dan cepat menular dibanding varian lainnya.

Salah satu upaya pencegahan terjangkit semua virus Covid-19, selain menerapkan gaya hidup sehat dan menjalankan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi) adalah dengan melakukan vaksinasi. Apalagi saat ini, vaksinasi Covid-19 sudah bisa dilakukan mulai usia 12 tahun ke atas.

Herd Immunity dan PTM

Hal ini rupanya tak luput dari perhatian Sekolah Kristen IPEKA. Pada tanggal 12 hingga 14 Juli 2021 lalu, Sekolah Kristen IPEKA bekerja sama dengan Persekutuan Gereja-gereja Tionghoa Indonesia (PGTI) dan Sentra Vaksinasi Gereja Kristus Yesus (GKY), menyelenggarakan Sentra Vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di Sekolah Kristen IPEKA PLUIT, Jakarta Utara. Program ini dijalankan dalam rangka mendukung program pemerintah Indonesia, yaitu mempercepat pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat guna terciptanya herd immunity atau kekebalan komunal di tengah masyarakat. Adapun kegiatan ini bekerja sama dengan RS Graha Kedoya serta dibantu beberapa relawan dokter yang di koordinir oleh PGTI.

Dalam lingkup pendidikan, program vaksinasi telah bergulir sejak awal tahun 2021 hingga kini. Seluruh perangkat sekolah mulai dari tenaga pendidik hingga para murid ditargetkan sebagai penerima vaksin. Perluasan kelompok penerima vaksin ke anak-anak dan remaja berusia 12-17 tahun merupakan upaya pemerintah dalam mendorong akselerasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Sentra Vaksinasi Covid-19 untuk usia 12-17 tahun di Sekolah Kristen IPEKA PLUIT berlangsung pada tanggal 12-14 Juli 2021 dengan total penerima vaksin berjumlah 1.254 orang

Sejalan dengan hal tersebut, Bapak Handojo selaku Direktur Utama Operasional Sekolah Kristen IPEKA mengungkapkan penyelenggaraan Sentra Vaksinasi Covid-19 di Sekolah Kristen IPEKA PLUIT merupakan wujud nyata dukungan IPEKA dalam merealisasi PTM sesuai ketentuan pemerintah.

“Kesehatan dan keamanan para murid adalah komitmen utama bagi kami di IPEKA. Oleh sebab itu lewat kegiatan vaksinasi ini, kami berharap dapat memberikan perlindungan menyongsong persiapan PTM bagi para murid,” ujarnya.

Vaksin Sinovac untuk 1.254 Peserta

Adapun Sentra Vaksinasi Covid-19 di Sekolah Kristen IPEKA PLUIT telah dijalankan selama 3 hari pada 12 hingga 14 Juli 2021 pukul 07.30 sampai 12.30 WIB. Target penerima vaksin pada program tersebut adalah murid dari seluruh lokasi Sekolah Kristen IPEKA pada tingkat SMP dan SMA serta para alumni atau minimal berusia 12 tahun. Total penerima vaksin sebanyak 1.254 orang. Jenis vaksin Covid-19 yang diberikan adalah Sinovac dengan dosis lengkap atau diberikan dosis pertama dan kedua.

Pendaftaran untuk peserta Sentra Vaksinasi Covid-19 di Sekolah Kristen IPEKA PLUIT telah dibuka sejak 6 Juli 2021 yang diinformasikan melalui sosial media Sekolah Kristen IPEKA serta pesan broadcast kepada orangtua atau wali murid.  Setelah mengisi formulir online yang disediakan, peserta vaksin wajib memilih jadwal vaksinasi yaitu hari dan jam kegiatan vaksinasi. Setelah mendaftar, peserta menerima konfirmasi pendaftaran dan surat undangan vaksin, lalu harus melakukan konfirmasi kedatangan.

Adapun untuk menghindari kerumunan yang tak diinginkan, proses vaksinasi dibagi dalam empat waktu kegiatan yaitu pukul 08.00 – 09.00, 09.00 – 10.00, 10.00 – 11.00, dan 11.00 – 12.00. Selama kegiatan berlangsung, diterapkan protokol kesehatan yang ketat oleh Pihak IPEKA beserta PGTI dan GKY.

Adanya Sentra Vaksinasi Covid-19 di Sekolah Kristen IPEKA ini sangat membantu murid IPEKA dan keluarga, seperti yang diungkapkan oleh Ibu Liaw Desi Heryawati, orangtua murid kelas 10 SMA Kristen IPEKA PLUIT. “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas program vaksinasi dari IPEKA yang sangat membantu kami, terutama yang memiliki anak usia 12-17 tahun. Sehingga kami tidak perlu repot mencari lokasi vaksinasi bagi anak kami. Pelaksanaan vaksinasi di IPEKA PLUIT juga berjalan dengan lancar dan tertib. Semua petugas menjalankan tugasnya dengan sangat baik dan sesuai protokol kesehatan. Harapan saya, dengan mengikuti program vaksin ini, anak-anak kami semua sehat. Kiranya IPEKA semakin baik dalam segala bidang dan dapat menjadi teladan bagi sesama,” katanya.

Sekolah Kristen IPEKA sendiri adalah sekolah Kristen yang bernaung di bawah Yayasan IPEKA. Saat ini Sekolah Kristen IPEKA telah memiliki 13 lokasi sekolah di Jakarta dan di luar pulau Jawa dengan lebih dari 9.900 murid-murid dan 1.200 guru ataupun karyawan.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *