Menanggapi kian banyaknya kasus COVID-19 di antara anak-anak di Indonesia, perusahaan penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) mempertegas dedikasinya terhadap kesehatan anak, terutama bagi anak-anak penderita kanker. Melalui kemitraan dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dan BenihBaik.com, donasi kedua hasil dari penggalangan dana bersama yang dilakukan selama 6 bulan sejak September 2020 sampai dengan Maret 2021 sebesar Rp58.697.073 diserahkan kepada YKAKI. Donasi tersebut diserahkan dalam bentuk 43.000 masker kesehatan yang disumbangkan kepada karyawan, koordinator, orang tua, guru dan anak-anak dengan kanker yang ada di seluruh cabang YKAKI di berbagai kota.

Donasi ini merupakan penggalangan dana yang diluncurkan pada Bulan Kesadaran Kanker Anak September 2020, yang pada kesempatan yang sama, Good Doctor Technology Indonesia juga meluncurkan program “Konsultasi Dokter Online (KADO) untuk YKAKI” gratis yang masih berlangsung hingga saat ini. Melalui program ini, Good Doctor berencana melanjutkan pemberian akses ke dokter spesialis dan tenaga medis secara gratis bagi anak dengan kanker dari keluarga kurang mampu, di tengah kian tingginya kebutuhan para orang tua dan caregiver akan bantuan medis.

Head of Medical Management Good Doctor, dr. Adhiatma Gunawan menyampaikan, “Kemitraan kami dengan BenihBaik.com dan YKAKI sebagai penerima manfaat merupakan kelanjutan dari komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak penderita kanker di Indonesia, khususnya dari keluarga kurang mampu. Melalui donasi ini, kami berharap dapat membantu YKAKI untuk memastikan keamanan dan keselamatan anak-anak penderita kanker, keluarga mereka, dan para relawan yang tanpa lelah memberikan perawatan dan pendampingan bagi anak-anak yang paling rentan terhadap COVID-19 ini. Inisiatif ini selaras dengan dedikasi Good Doctor untuk peningkatan kesehatan anak di Indonesia. Layanan kesehatan anak juga merupakan salah satu dari 3 layanan konsultasi paling banyak diakses di aplikasi telemedicine kami.”

Mengomentari kemitraan dengan Good Doctor yang telah berlangsung sejak September 2020, Ketua dan Pendiri YKAKI Ibu Ira Soelistyo menyatakan, “Kami berterima kasih kepada Good Doctor dan BenihBaik.com atas sumbangan masker ini, dan penghargaan kami untuk semua donatur yang telah mengungkapkan kepeduliannya kepada anak-anak penderita kanker. COVID-19 telah memberikan banyak tantangan bagi pasien kanker anak dan keluarganya. Dengan platform telemedicine Good Doctor, kami mendorong orang tua, keluarga dan caregiver yang merawat anak-anak penderita kanker untuk memanfaatkan sumber informasi medis tambahan agar tetap mendapat informasi yang baik dan berkonsultasi dengan dokter bila diperlukan, dan tetap menjaga kesehatan selama periode waktu yang sulit ini. Sumbangan masker dengan jumlah besar ini juga akan membantu melindungi anak-anak penderita kanker dan keluarganya dari COVID-19.”

Menyampaikan sambutan tentang hasil dari inisiatif galang dana bersama, Pendiri Benihbaik.com Bapak Andy F. Noya mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua #TemanBaik yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada anak-anak penderita kanker dengan berdonasi ke YKAKI. Kami berharap dukungan ini dapat membantu melindungi anak-anak penderita kanker, orang tua serta seluruh relawan dan caregiver di YKAKI dari risiko terpapar COVID-19. Kami menghargai kolaborasi kami dengan Good Doctor dan YKAKI dalam memberikan kontribusi dengan cara apa pun yang kami bisa kami lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak penderita kanker.”

Anak penderita kanker termasuk yang paling rentan terhadap virus COVID-19, karena sistem kekebalan tubuhnya terganggu akibat penyakit kronis yang dideritanya. dr. Haridini Intan Setiawati Mahdi, Sp.A (K), salah satu dokter spesialis yang telah memberikan perawatan kepada pasien kanker anak melalui program “KADO untuk YKAKI” dari Good Doctor mengatakan, “Pandemi COVID-19 sangat mengganggu perawatan kanker anak di seluruh dunia. Dampak yang paling menonjol terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, seperti Indonesia. Oleh karena itu, semakin banyaknya penyedia layanan telemedicine memainkan peran penting dalam membantu praktisi kesehatan seperti saya, untuk memastikan bahwa pasien kanker masih dapat berkonsultasi dengan dokter mereka secara virtual dengan nyaman dari rumah mereka sendiri. Saya sangat menghargai dukungan Good Doctor melalui “KADO untuk YKAKI” untuk memberikan solusi bagi keluarga pasien kanker anak dalam bentuk konsultasi dan pelayanan dokter gratis tanpa harus berisiko terkena virus saat mengunjungi fasilitas kesehatan. Bagi yang harus menjalani kemoterapi, harus tetap berobat ke rumah sakit dengan menerapkan 5M.”

Pandemi mengakibatkan banyak perubahan sektor pelayanan kesehatan, yang mempengaruhi tata cara rumah sakit dalam pemberian perawatan kanker, terutama bagi pasien kanker anak. Dalam jurnal The Lancet yang memuat hasil studi cross-sectional tentang “Pengaruh Pandemi COVID-19 pada Perawatan Kanker Anak” yang diterbitkan pada 1 Mei 2021 yang melibatkan 311 tenaga kerja kesehatan profesional di 213 institusi di 79 negara anggota WHO sebagai responden, tercatat bahwa daftar periksa rumah sakit harus diperbarui atau disesuaikan, proses komunikasi dengan pasien dan keluarga juga berubah, dan pedoman untuk layanan penting bagi pasien kanker anak pun harus direvisi. Perubahan dan penyesuaian ini dilakukan sebagai efek pandemi. Studi tersebut menunjukkan bahwa cara alternatif sangat dibutuhkan untuk memberikan perawatan medis bagi pasien kanker anak untuk melindungi mereka dari risiko terpapar COVID-19. Di sinilah pelayanan telemedis dapat memberikan peran integral dalam mengurangi konsultasi tatap muka antara dokter dan pasien kanker anak. “Di Good Doctor, kami selalu percaya bahwa perawatan kesehatan harus dapat diakses oleh setiap keluarga, terutama selama masa sulit pandemi seperti sekarang. Dengan memiliki support system yang kuat, anak-anak yang sedang melawan kanker bisa lebih bersemangat dan memiliki impian besar untuk masa depannya. Melalui program “KADO untuk YKAKI” kami ingin terus mendorong inisiatif peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi anak penderita kanker dan keluarganya di YKAKI”, tambah dr. Adhiatma Gunawan.

Sebagai platform penyedia layanan kesehatan dalam jaringan terkemuka, Good Doctor memiliki lebih dari 600 dokter spesialis dari 26 departemen spesialisasi klinis yang berbeda, termasuk spesialis dalam perawatan kanker anak, yang dapat diakses setiap saat di aplikasi. Good Doctor terus meningkatkan layanan online di aplikasi dan menyediakan akses ke jaringan tenaga medis yang terus bertambah yang siap membantu masyakat terkait berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kronis.

(Foto : Ist)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *