Misi Kemanusiaan AICE – GP Ansor Perkuat Aspek Humanis Kalangan Tenaga Medis Covid-19

Tenaga medis adalah ujung tombak dalam penanggulangan pandemi COVID-19. Dedikasi  mereka sudah sepatutnya kita hargai. Apalagi, tak sedikit tenaga medis yang justru terinfeksi COVID-19 saat menangani pasien dan berakhir dengan kematian.

Tak hanya kesehatan fisik yang terancam, kesehatan psikologis mereka juga bisa terpengaruh. Lelah berlebihan dan stres bisa semakin membuat stamina mereka menurun. Padahal mereka harus tetap bertugas melayani pasien yang datang. Di sisi lain, Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis masih sangat dibutuhkan karena jumlah pasien COVID-19 terus bertambah.

Peduli akan hal itu, Aice Group bersama dengan Gerakan Pemuda Ansor mengumumkan Misi Kemanusiaan bersama ke 13 Rumah Sakit Rujukan  dan Instalasi Peristirahatan Tenaga Medis Covid-19 sejak Senin (20/4) hingga beberapa waktu ke depan. 13 RS Rujukan Covid-19 dan Instalasi Peristirahatan Tenaga Medis ini tersebar di wilayah DKI, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan satu RS Rujukan di Rembang, Jawa Tengah.

Misi Kemanusiaan yang dimotori oleh Gugus Tugas Covid-19 Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) ini akan mendistribusikan sumbangan yang terdiri dari Alat Perlindungan Diri (APD) Medis yang terdiri dari baju Hazmat (baju dekontaminasi), kacamata goggle (pelindung), masker medis, dan alat pengukur suhu tubuh (Thermo-Gun).

Tak hanya itu, Aice Group yang selama ini dikenal masyarakat sebagai produsen es krim berkualitas yang menjangkau semua kalangan dari berbagai umur, juga menyumbangkan tak kurang dari 500.000 es krim  ke kalangan medis di berbagai rumah sakit dan instalasi medis.

“APD kami berikan untuk mengurangi potensi paparan Covid-19 ke para petugas medis. Selain melindungi karyawan di perusahaan kami sendiri, kami meyakini tenaga medis menjadi penentu kesembuhan masyarakat. Kami mendengar adanya kondisi kekurangan APD di kalangan medis yang menangani Covid-19. Meskipun RS masih memerlukan banyak sekali, kami berharap upaya bantuan Aice bersama GP Ansor akan menguatkan para pahlawan medis yang sedang bekerja keras,” jelas Sylvana Zhong, Brand Manager dari Aice Group.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum GP Ansor, H. Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan filosofi dari bantuan APD dan Es Krim kepada tenaga medis ini. Menurutnya, tenaga medis adalah ujung tombak dalam penanganan Covid-19, sehinga semua pihak perlu bahu membahu dan bergotong royong dalam memperkuat dan menambah perlindungan bagi mereka.

Penyerahan Distribusi APD dan Es krim, di RSUD Kramatjati, pada Selasa 21 April 2020

“Kami bersama Aice juga membagikan es krim. Saya kira melawan pandemi ini tidak bisa dengan perasaan derita, melainkan setidaknya memiliki perasaan senang/gembira sehingga tidakmenjadi beban. Nah es krim kan cerminan dari itu. Filosofinya, agar kita semua khususnya para tenaga medis, bisa tetap dalam situasi ceria dan bahagia meskipun di tengah cobaan melawan pandemi COVID-19 ini,” ujar Gus Yaqut, demikian ia akrab disapa.

Menurutnya, upaya meringankan rasa lelah dan jenuh dengan membagikan keceriaan dalam produk es krim Aice juga menjadi cara untuk meningkatkan optimisme tenaga medis dan penunggu pasien di lingkungan berbagai rumah sakit rujukan.

SKM Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan RS PGI Cikini, Brigjen TNI dr. Alexander K. Ginting S. SpP, FCCP, sangat menyambut baik misi kemanusiaan ini. “tadi saya lihat para tenaga medis di PGI Cikini senang sekali mendapat es krim dan bantuan APD. Mereka merasa diperhatikan,” katanya.

Bantuan tersebut, katanya sangat berarti. Ia menjelaskan bahwa banyak sekali rumah sakit rujukan Covid-19 yang masih berkekurangan APD. Ia mencontohkan RS PGI Cikini yang ia kelola saja cukup banyak menampung pasien dari kelas menengah bawah. Dan selaku rumah sakit rujukan, tentu bantuan APD dan es krim ini akan sangat menolong para tenaga medis dan keluarga pasien.

Pada beberapa minggu ini, aktivitas distribusi sedang dilaksanakan oleh Gugus Tugas Covid-19 baik yang berada di Kantor Pimpinan Pusat GP Ansor di Jakarta, maupun jaringan Banser yang berada di berbagai wilayah Kota dan Kabupaten. RS Rujukan yang menerima bantuan kemanusiaan ini antara lain RSUD Koja, RSUD Cengkareng, RSUD Kramatjati, RS PGI Cikini, RSUD Mampang Prapatan, RSUD Pesanggrahan, RS Graha Permata Ibu, RSUD Bantar Gebang, RSUD Ciawi, RSUD Balaraja, RSI Arafah Rembang, RS Annisa Bekasi, RS Darurat Wisma Atlet, dan satu Instalasi Peristirahatan Tenaga Medis di Hotel The Media.

“Es krim yang kami distribusikan ini memiliki kandungan yang baik bagi tubuh yaitu Aice Jeruk dengan kandungan Vitamin C yang tinggi, serta Aice Susu. Dengan kecerian dari es krim pastinya kami mengharapkan dapat membantu meningkatkan imunitas para tenaga medis,” jelas Sylvana.

Ia berharap kegiatan ini akan menginspirasi dan mendorong seluruh masyarakat dan kalangan usaha bekerjasama melawan Covid 19.

(Foto: Istimewa)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *