Salah satu ciri bangsa yang cerdas adalah memiliki kecakapan literasi. Untuk itu, penting banget kita sebagai generasi muda menguasai literasi sejak dini, ya, Kids.

Apa sih itu literasi? Literasi adalah suatu istilah  yang sering digunakan dalam bidang pendidikan. Ini merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, berhitung, berbahasa, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Di sekolah, guru sangat berperan meningkatkan kemampuan literasi murid. Memahami hal ini, PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar kembali menggelar kegiatan Lokakarya dan Pameran Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT).

Lokakarya adalah sebuah pertemuan, Kids, yang bertujuan memberikan informasi atau panduan atau membahas topik tertentu. Pengisi acara biasanya para pendidik. Nah, lokakarya kali ini bertema “Membangun Karakter Bangsa dengan Kecakapan Literasi” dan dihadiri oleh 40 guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan Trakindo dari berbagai daerah di Indonesia.

Bari Hamami selaku President Director PT Trakindo Utama memberikan sambutan sekaligus menjelaskan langsung kegiatan Lokakarya dan Pameran Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) di hadapan 40 guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan Trakindo dari berbagai daerah di Indonesia serta praktisi pendidikan

Gelaran Lokakarya dan PPGT ini adalah ajang unjuk praktik baik penerapan peningkatan kapasitas guru dan tenaga kependidikan dari 40 SDN binaan yang telah mengikuti rangkaian program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo 2016-2019. Program tersebut merupakan sebuah bentuk dukungan Trakindo dalam menyukseskan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2015-2019 dalam hal peningkatan mutu dan relevansi pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter.

Pada Lokakarya dan PPGT, dilakukan rangkaian kegiatan seperti Lomba & Pameran Karya Literasi, talkshow, hingga Lokakarya rencana tindak lanjut mandiri pengembangan gerakan literasi sekolah.

“Trakindo percaya penerapan pendidikan berbasis karakter yang dimulai sejak dini akan menjadi fondasi yang kuat bagi generasi penerus di masa depan. Jika karakter yang mereka miliki sejak Sekolah Dasar sudah baik, maka sampai kapan pun akan terus terjaga. Semoga apa yang kami lakukan dapat menjadi pendorong bagi sekolah untuk bertumbuh lebih baik lagi, memberikan hasil yang positif bagi khalayak luas, berkontribusi membangun bangsa, untuk kemajuan negeri,” jelas Bapak Bari Hamami, President Director PT Trakindo Utama.

Berkomitmen memberi dukungan peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru dalam memajukan pendidikan nasional yang berkarakter, Trakindo telah memulai perjalanan kerja sama dengan SDN binaan sejak 10 tahun yang lalu. Hingga saat ini, program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo telah berhasil mendampingi lebih dari 250 sekolah, yang terdiri dari 40 SDN binaan dan lebih dari 200 sekolah imbas di sekitarnya. Program ini juga telah berhasil menjangkau lebih dari 1.000 guru dan 15.000 siswa dalam hal pengembangan pembelajaran berbasis proyek, inkuiri, dan literasi sekolah.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *