Siapa yang bercita-cita jadi Programmer hebat sekelas Bill Gates? Atau, ingin jadi pengusaha Startup sukses? Nah, belajar coding atau ‘bahasa pemrograman komputer’ sejak dini, akan membantu kamu untuk mewujudkan hal itu, loh!

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, pertumbuhan internet sangat luar biasa. Bahkan, dalam 4 tahun terakhir (2014 – 2018), penggunaan smartphone alias ponsel pintar meningkat dari 19 persen menjadi 56 persen. Sementara lebih dari setengah masyarakat Indonesia menggunakan internet, yakni sebesar 57 persen. Hal itu disampaikan oleh Ibu Inggit Primadevi, Associate Director Consumer Insight Nielsen, berdasarkan hasil survei bertajuk Indonesia Digital savvy Behaviour 2019.

(kiri – kanan) Bapak Irwan Sutjipto Tisnabudi, Value Proposition & Product Head, Deputy Head of Digital Banking Bank BTPN dan Ibu Inggit Primadevi, Associate Director Consumer Insights Nielsen dalam acara Media Gathering Jenius Co.Creation Week 2019 dan memaparkan hasil Jenius Financial Study: Indonesia Digital Savvy Behavior 2019

Ya, hampir semua bisa dilakukan dengan sentuhan jari di smartphone. Mulai dari komunikasi, beli barang/jasa secara online, main game, hingga urusan perbankan atau keuangan, yang kini kian mudah tanpa harus pergi ke bank. Menjadi orang yang melek teknologi di era digital, adalah keharusan, apalagi di masa depan.

Peduli akan hal ini, Jenius, aplikasi perbankan digital dari PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN), menggelar Co. Creation Week pada 22 – 24 Februari 2019 lalu melalui Jenius Co. Create.

Ini adalah wadah untuk berbagi inspirasi dan bertukar pikiran langsung dengan para digital savvy, istilah untuk mereka yang hidup dalam dunia digital, contohnya generasi Y (milenial) dan generasi X seperti Mama dan Papa maupun generasi Z yang lahir di tahun 2000-an seperti kamu.

Selama 3 hari, Jenius menggelar berbagai acara yang menggabungkan 3 aspek, yakni teknologi, kreativitas dan finansial. Berbagai topik inspiratif digelar seperti Learning UI/UX, React Native for Beginner, Coding for Parents & Kids, Social Media & Content, How to Manage Financial to Start-up Business, How to Start Business, hingga Jenius Personal Financial Workshop.

Tercatat lebih dari 700 digital savvy mengikuti rangkaian kegiatan Co.Creation Week yang digelar perdana oleh Jenius ini.

Tak hanya untuk kalangan dewasa dan orangtua, Jenius juga mengajak anak dan remaja untuk berpartisipasi lewat workshop Coding for Parents & Kids yang digelar pada hari ketiga (Minggu).

Co.Creation Week semakin meriah dengan adanya workshop Coding for Parents and Kids yang menghadirkan peserta anak-anak yang berkolaborasi dengan orangtua mereka untuk berkreasi dengan coding sederhana

“Lewat workshop ini, kami ingin memperkenalkan bahwa coding ini penting untuk anak-anak di masa depan. Kami juga edukasi bahwa coding ini bisa buat siapa saja, nggak harus orang yang berkecimpung di dunia IT (Information Technology), tapi juga untuk anak-anak. Orangtua juga akan semakin paham mengenai coding sehingga bisa mengarahkan anaknya ke minat yang mereka inginkan,” ujar Bapak Irwan Sutjipto Tisnabudi, Value Proposition & Product Head, Deputy Head of Digital Banking Bank BTPN, pada saat ditemui di acara perkenalan Co.Creation Week 2019.

Terbukti, antusiasme nasabah Jenius maupun masyarakat umum untuk belajar coding, sangat tinggi. Peserta yang seharusnya mulai dari anak-anak usia 11 hingga 16 tahun, menjadi melebar hingga di bawah usia 11 tahun. “Ternyata, banyak juga anak-anak yang dibawah 11 tahun ikutan. Kita perbolehkan sebab format yang diajarkan di kelas adalah membuat coding sederhana berupa fun games yang bisa dipelajari dan dipraktikkan oleh anak-anak usia di bawah 11 tahun didampingi orangtuanya,”  tambahnya. Wah, asyik, ya?

Ia melanjutkan bahwa Jenius merasa digital itu sangat penting untuk dimanfaatkan secara positif. Lewat pembelajaran teknologi sejak usia sangat muda, diharapkan anak-anak Indonesia bisa mencintai dunia IT dan tidak kalah bersaing dengan negara lain di masa depan.

Untuk diketahui, sepanjang tahun 2018 lalu, Jenius telah memperkenalkan sederet fitur revolusioner yang diciptakan melalui proses kokreasi bersama masyarakat digital savvy di Indonesia. “Semoga dengan terselenggaranya Co.CreationWeek 2019 dan Jenius Financial Study ini menjadi pemicu bagi kami untuk terus berinovasi mengembangkan berbagai layanan finansial di Jenius, serta menciptakan layanan perbankan yang semakin lengkap di Indonesia,” tutup Bapak Irwan. (Foto: Istimewa)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *