Kalau orangtua menyuruhmu giat belajar bahasa Inggris, jangan menolak, ya, Kids. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang umum dipelajari oleh masyarakat dunia. Di masa sekarang maupun masa depan, mahir berbahasa Inggris, akan memberikanmu banyak keuntungan.

Sayangnya, kemampuan berbahasa Inggris orang Indonesia, masih di bawah rata-rata. Hal ini diungkapkan oleh laporan EF Education First berdasarkan hasil penelitian EF English Proficiency Index (EPI) atau EF EPI.

EF EPI telah menjadi sebuah kajian terbesar di dunia, yang mengukur tingkat kemahiran berbahasa Inggris orang dewasa yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Laporan ini disusun berdasarkan analisa data dari hasil tes bahasa Inggris yang dilakukan melalui tes online gratis pertama di dunia, yaitu EF SET (Standard English Test).

Pada EF EPI edisi ke-8 ini, EF Education First melaporkan adanya penurunan peringkat kecakapan bahasa Inggris orang dewasa di Indonesia dari peringkat ke-39 di tahun 2017 ke peringkat 51 di tahun ini.

Sayangnya, Indonesia masih bertahan di tingkat kecakapan rendah sejak 2017 dan masih berada di bawah peringkat negara ASEAN lainnya, seperti Singapura dengan skor (68,63) pada tingkat Kecakapan Sangat Tinggi, Filipina (61,84) dan Malaysia (58,32) di Tingkat Kecakapan Tinggi. Ironisnya, Indonesia berada di bawah Vietnam (53,12) yang berada di Tingkat Kecakapan Menengah. Duh!

EF EPI 2018:  Peringkat Kemampuan Berbahasa Inggris Orang Indonesia  Bertahan di Tingkat Kecakapan Rendah (Foto: Ist)
Dr. Minh N. Tran, Executive Director of Academic Affairs, EF Education First

Laporan EF EPI 2018 juga menunjukkan 3 kota di  Indonesia yang menunjukkan perkembangan kecakapan Bahasa Inggris terbaik, yaitu Surabaya sebagai Best City, Bali sebagai Best Improvement Region dan Bandung sebagai Most Improved City.

Ternyata, walau sebagai ibukota negara Indonesia, Jakarta tidak termasuk dalam 3 besar kota yang penduduknya mahir berbahasa Inggris.

Menyadari pentingnya Bahasa Inggris sebagai salah satu keahlian yang perlu dimiliki pada era saat ini maupun masa depan, EF berkeyakinan bahwa jika Bahasa Inggris terus dilatih sejak usia sekolah, maka para siswa kelak dapat memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dapat berpartisipasi aktif dalam dunia profesional.

“Negara-negara dengan tingkat kemahiran Bahasa Inggris yang tinggi, cenderung memiliki pendapatan rata-rata lebih tinggi, kualitas hidup lebih baik, serta investasi yang lebih besar dalam penelitian dan pengembangan,” jelas Dr. Minh N. Tran, Executive Director of Academic Affairs, EF Education First.

Nah, Kids, sebagai generasi penerus bangsa, terus giat berlatih bahasa Inggris sejak sekarang, ya!  Sehingga, beberapa tahun dari sekarang, Indonesia bisa melesat meninggalkan posisi bawah dan termasuk salah satu negara yang penduduknya piawai berbahasa Inggris. (Ilustrasi: JFK, Foto: dok. EF Education First)

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *