Tahukah kalian bahwa sebelum pesawat terbang ditemukan, ternyata manusia sudah bisa terbang menjelajahi langit. Adalah dua bersaudara Joseph-Michel Montgolfier dan Jaques-Entiene Montgolfier dari Annonay, Perancis yang pertama kali mengembangkannya.

Bermula saat mereka memerhatikan bahwa potongan kertas di atas nyala api, dapat terbawa asap sampai ke atas. Mereka menyimpulkan bahwa asap memiliki beberapa unsur yang dapat mengangkat benda naik ke atas.

Mereka lalu melakukan percobaan, hingga pada bulan Juni 1783, mereka berhasil membuat sebuah balon udara berbentuk oval berukuran 112 kaki. Balon udara ini dapat naik setinggi 1000 kaki.

Balon udara Montgolfier bersaudara, bergerak menggunakan asap dari tungku pembakaran wol dan jerami. Balon udara ini mampu terbang sejauh 9 km dalam waktu 23 menit. Wow, hebat ya?

Atas penemuannya itu, kerajaan Perancis melalui Raja Louis XVI memberikan gelar bangsawan secara turun temurun dengan sebutan De Montgolfier kepada dua bersaudara tersebut. Sejak saat itu, berbagai pengembangan balon udara dilakukan oleh banyak ilmuwan.

Pada tahun 80-an sampai 90-an balon udara sudah mulai digunakan untuk iklan dengan bentuk-bentuk khusus sesuai jenis produk. Dan pada abad ke-19, balon udara digunakan sabagai sarana rekreasi udara untuk melihat-lihat keindahan alam.

Oh iya, bagi kalian yang ingin menaiki balon udara, di Indonesia juga sudah ada. Datang saja ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Di sana kalian bisa melihat pemandangan dari atas, menggunakan balon udara. (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *