Dorong Digitalisasi Perekonomian Daerah, DANA Gandeng Dekranasda Pontianak untuk Kembangkan UMKM

Dompet digital DANA menegaskan komitmennya dalam mendorong pengembangan potensi perekonomian daerah. Komitmen tersebut kali ini diwujudkan dengan membantu digitalisasi dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di bawah naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pontianak, Kalimantan Barat. Kerja sama dengan Dekranasda Pontianak ini melanjutkan upaya yang telah dilakukan DANA sebelumnya dengan membantu digitalisasi Kapal Wisata Sunga Kapuas.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang dilaksanakan belum lama ini, DANA akan membantu proses digital onboarding para UMKM binaan Dekanasda Pontianak agar terhubung dengan ekosistem digital dan bisa memasarkan produknya secara lebih luas. Selain itu, DANA juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para UMKM di Pontianak guna meningkatkan daya saing mereka. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Yaniata Arbiastutie, Ketua Dekranasda Pontianak dan Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA, serta disaksikan Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

“Pontianak memilik potensi yang besar, mulai dari pariwisata, kuliner hingga kerajinannya. Di era digital ini, DANA sebagai perusahaan teknologi keuangan akan membantu Pontianak untuk mendigitalisasi perekonomiannya baik melalui onboarding UMKM, memberikan pelatihan, maupun memasarkan produk-produk mereka,” kata Agustina.

Agustina menambahkan, “Dengan hadirnya teknologi keuangan yang dimiliki DANA, potensi UMKM Pontianak dapat dioptimalkan untuk menciptakan produk-produk yang berdaya saing tinggi. Harapannya, adopsi dompet digital DANA di UMKM Pontianak, tidak hanya akan mengakselerasi literasi keuangan digital di kalangan pelaku usaha saja. Namun, upaya ini juga dapat menumbuhkan ketertarikan masyarakat untuk bertransaksi digital.”

Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Deskranada Pontianak terhadap pengembangan UMKM melalui pemasaran dan pembayaran digital. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi UMKM, karena saat pandemi ini gerak dan ruang UMKM terbatas melalui keraja sama ini UMKM bisa berkreasi, berinovasi dan menjual produknya melalui platform digital,” kata Yanieta.

Sebagai penyelenggara sistem pembayaran digital, DANA telah hadir secara inklusif khususnya melalui QRIS pada fitur DANA Bisnis agar pelaku UMKM di Pontianak dapat melakukan transaksi non tunai dengan praktis dan nyaman.  Fitur QRIS DANA saat ini telah digunakan oleh 2.000 UMKM di Pontianak, termasuk pedagang oleh-oleh di Jalan Patimura. Fitur itu juga resmi digunakan digunakan di kapal wisata Sungai Kapuas sejak akhir tahun lalu.

Komitmen DANA dalam mendukung pengembangan potensi ekonomi Pontianak juga juga diwujudkan dengan menggelar “Pelatihan Digitalisasi UMKM Pontianak” pada 22 November 2021 di UMKM Center Pontianak. Pelatihan tersebut dihadiri oleh sejumlah pelaku UMKM binaan Dekranasda Kota Pontianak yang antusias berdikusi secara interaktif seputar digital marketing dan optimalisasi pembayaran digital.

DANA juga menyelenggarakan DANA Academy, yaitu pelatihan eksklusif UMKM naik kelas, sebagai bentuk apresiasi untuk UMKM yang selama ini telah menggunakan fitur DANA Bisnis. Pelatihan tersebut melibatkan karyawan DANA yang tergabung dalam program sukarela karyawan #BaktiUntukNegeri serta merupakan putra putri Pontianak sebagai pemateri untuk berbagi ilmu di kampung halamannya.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *