Siapa yang tahu cerita ‘Timun Mas’? Ya, Timun Mas adalah salah satu dongeng asli Indonesia. Nah, selain turut melestarikan dongeng asli Indonesia, mendongeng juga sebagai media stimulasi untuk anak, lho!

Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional, DANCOW Advanced Excelnutri+ meluncurkan ‘Dongeng Aku Dan Kau’ sebagai bentuk kontribusinya dalam melestarikan kekayaan budaya dan nilai-nilai asli masyarakat Indonesia. Inisiatif ini didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), dan merupakan wujud komitmen DANCOW Advanced Excelnutri+ untuk menyiapkan kalian menjadi Anak Unggul Indonesia.

Menurut Ibu Lydia Sahertian, Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ ‘Dongeng Aku Dan Kau’, ada 15 dongeng asli Indonesia yang dikemas dalam bentuk menarik dan interaktif sesuai usia pertumbuhan anak, seperti dongeng Burung Cendrawasih untuk usia 1 tahun ke atas, dongeng Raja Parakeet untuk usia 3 tahun ke atas, serta dongeng Timun Mas untuk usia 5 tahun ke atas. ‘Dongeng Aku Dan Kau’ juga tersedia dalam bentuk video interaktif yang dapat diakses melalui dancowparentingcenter.com.

Koleksi kaos dongeng Timun Mas kolaborasi dengan Kak Daniel Mananta

Peneliti dan pakar sastra anak Indonesia, Dr. Murti Bunanta SS., MA. turut memberi komentar positif terhadap upaya melestarikan dongeng asli Indonesia kepada anak-anak sejak usia dini. “Adanya semangat mendongeng dan memperkenalkan cerita Nusantara yang melibatkan peran orangtua adalah hal positif yang patut diapresiasi. Sepatutnya, cerita rakyat Nusantara tidak digantikan oleh kehadiran film dan cerita terjemahan yang tidak berkualitas karena cerita Nusantara menyangkut masalah kehidupan umat manusia yang relevan sampai sekarang, mengandung nilai-nilai budaya dan moral, jauh dari isu ras dan agama, serta bersifat universal,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Psikolog Klinis dra. Ratih Ibrahim, M.M., mendongeng adalah sebuah proses stimulasi yang menyenangkan bagi anak, dan bermanfaat untuk mengembangkan daya imajinasi, kemampuan bahasa dan ekspresi emosi secara lebih baik. Membacakan ‘Dongeng Aku dan Kau’ juga dapat membantu mempererat hubungan orangtua dengan anak sambil menanamkan nilai-nilai moral yang positif bagi pembentukan karakter Anak Unggul Indonesia ke depannya.

DANCOW Advanced Excelnutri+ juga berkolaborasi dengan DAMN! I Love Indonesia, sebuah brand lokal yang berupaya menginspirasi generasi muda Indonesia agar semakin mencintai nilai dan sejarah Indonesia, dengan meluncurkan kaos bertema karakter dari dongeng Timun Mas. Kak Daniel Mananta, Chief Executive Officer Damn! I Love Indonesia mengatakan, DAMN! I Love Indonesia hadir dengan semangat untuk memperkenalkan Indonesia dengan cara yang revolusioner. “Saat ini DAMN berkolaborasi dengan DANCOW untuk menyampaikan kearifan lokal dalam dongeng anak dengan media baru. Nilai keberanian dan pantang menyerah dalam dongeng Timun Mas disampaikan melalui ilustrasi dan karakter dalam koleksi kolaborasi ini,” ucapnya.

(Foto : Dok. Dancow)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *