Hmmm… Donat Salju? Bagaimana rasanya, ya? Hihihi… Tunggu dulu, Kids. Itu bukan nama makanan, melainkan sebuah peristiwa alam yang terjadi secara alami.

Ya, fenomena alam Bola Gulung Salju atau yang dikenal juga Donat Salju. Fenomena alam unik ini terjadi secara alami, Kids. Tidak seperti boneka salju yang biasanya kalian buat saat bermain salju.

Bola Gulung Salju atau Snow Roller terbentuk ketika angin meniup serpihan-serpihan salju di tanah. Serpihan-serpihan salju tersebut akan berkumpul dengan serpihan-serpihan salju lain dan membentuk gulungan besar. Itulah kenapa sering juga disebut dengan Donat Salju (Snow Donuts) karena di tengah bulatannya kosong, seperti kue donat! Hihihi… Lucu sekali, ya?

 

Suhu yang Pas

Fenomena unik Donat Salju, baru bisa terjadi jika kondisi lingkungan dan temperatur atau suhu setempat sedang pas. Fenomena alam ini biasanya muncul di daerah perbukitan, ketika tanah tertutup salju basah dan es.

Pada awalnya, bongkahan salju tersebut berbentuk seperti layaknya bola salju biasa. Tapi karena tiupan angin yang kuat, bola salju itu berguling-guling membentuk gulungan. Kecepatan angin yang tinggi serta adanya gaya gravitasi yang mendukung, bisa membentuk Donat Salju dengan sendirinya.

 

Lebih dari 60 Cm

Namun tidak semua Donat Salju memiliki diameter dan bentuk lubang yang sempurna. Ada yang tingginya bisa mencapai 60 cm atau lebih dan bahkan ada juga yang runtuh.

Nah, jika ada kesempatan mengalami musim salju di luar negeri, mudah-mudahan kalian bisa melihat fenomena unik ini, ya, Kids!

 

 

Teks: JFK    Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *