Siapa sih dokter itu? Dokter adalah seseorang yang karena keilmuannya, berusaha untuk menyembuhkan orang-orang yang sakit. Untuk menjadi dokter, biasanya diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus serta mempunyai gelar dalam bidang kedokteran. Bagaimana sih caranya agar bisa menjadi Dokter?

Kalau teman-teman punya cita-cita menjadi dokter. Pertama-tama, harus rajin belajar agar setelah lulus SMU bisa masuk di Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran termasuk fakultas yang sangat banyak diminati sehingga untuk bisa masuk ke Fakultas Kedokteran harus belajar sungguh-sungguh.
Di negara kita, Universitas yang membuka Fakultas Kedokteran jumlahnya sangat banyak. Di antaranya, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Airlangga, Surabaya.Pendidikan yang ditempuh untuk menjadi seorang dokter biasanya mencapai 10 semester. Satu semester itu lamanya enam bulan. Jadi kalau 10 semester itu berarti 60 bulan atau kurang lebih 5 tahun. Tujuh semester untuk mendapatkan gelar sarjana (Sarjana Kedokteran atau S.Ked) ditambah 3 semester kepaniteraan klinik (koskap) di rumah sakit.
Secara umum dokter dibedakan menjadi tiga macam. Pertama, dokter keluarga, memeriksa segala macam penyakit secara umum. Biasanya yang berada di Puskesmas. Kedua, dokter spesialis, mempunyai keahlian dalam suatu bidang medis secara spesifik (organ, golongan, dan lain-lain). Dan ketiga, dokter gigi, mempunyai keahlian khusus dalam bidang gigi. Untuk menjadi dokter spesialis, harus melaluli pendidikan selama beberapa semester tergantung dari bidang yang diambil.
Profesi dokter sama dengan profesi yang lain. Namun seorang dokter lebih dihargai dan dihormati di tengah-tengah masyarakat karena bisa membantu menyembuhkan suatu penyakit. Tak heran banyak yang bilang jika profesi dokter merupakan profesi yang sangat mulia.
Di daerah-daerah pelosok seperti di luar pulau Jawa, misal Papua, Kalimantan, dan Sumatera, jumlah dokter masih terbilang sedikit. Jadi, jika teman-teman bercita-cita menjadi dokter, berarti teman-teman telah membantu pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat. (JFK/drw,  Ilustrasi : JFK)

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *