Digelar November, Operet Aku Anak Rusun 2 “Selendang Arimbi” Ajarkan Anak Semangat Toleransi

Siapa bilang teman-teman dari rusun (rumah susun) tidak bisa berkarya di bidang seni? Siapapun kamu, tak peduli asalmu dan latar belakangmu, bisa kok menunjukkan bakat bila ada kesempatan dan wadah yang tepat.

Ya, setelah sukses digelar tahun 2017 lalu, Operet Aku Anak Rusun hadir kembali tahun ini. Drama musikal seputar kehidupan anak rusun di Jakarta ini diadakan oleh Soundkestra dan Yayasan Waroeng Imaji, yang dibangun oleh Ibu Veronica Tan, mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012 – 2017.

Operet Aku Anak Rusun ke-2 kali ini berjudul ‘Selendang Arimbi’. Rencananya akan digelar pada tanggal 16 November 2019 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Operet Aku Anak Rusun, dikatakan oleh Ibu Veronica, dibentuk guna memberikan kesempatan pada anak-anak rusun untuk berkreasi di bidang seni.

Operet Anak Rusun 2 nantinya melibatkan sekitar 200 anak dari 3 rusun berbeda

Operet Aku Anak Rusun “Selendang Arimbi” sendiri bercerita tentang seorang anak rusun bernama Arimbi, yang bercita-cita menjadi penari. Tantangan yang datang silih berganti tidak menggetarkan Arimbi untuk tetap meraih cita-citanya. Didukung oleh teman-teman rusunnya, Arimbi menghadapi segala tantangan dengan positif. Tidak hanya belajar untuk fokus pada cita-cita, Arimbi juga belajar banyak hal mengenai solidaritas dan toleransi.

“Selendang Arimbi mengangkat nilai positif seperti nilai toleransi, solidaritas dan semangat mewujudkan mimpi. Kami optimis nilai-nilai itu penting untuk anak-anak dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat,” terang Ibu Veronica Tan, Founder Yayasan Waroeng Imaji pada acara jumpa pers beberapa waktu lalu.

Dalam prosesnya, menurut Ibu Veronica, nilai toleransi tersebut pun otomatis dipraktikkan oleh anak-anak rusun yang terlibat dalam operet. “Mereka kan jumlahnya banyak. Harus tampil dalam grup yang besar. Tak ada yang paling menonjol, ini kerja sama semuanya. Bila jelek satu, otomatis yang lain ikut jelek. Anak-anak jadi belajar banyak, mengesampingkan ego, belajar toleransi, belajar kerja sama tanpa melihat latar belakang masing-masing,” ia menjelaskan.

Para pembicara dalam jumpa pers Operet Anak Rusun 2. Berjudul “Selendang Arimbi”, operet ini akan dilaksanakan pada tanggal 16 November 2019

Operet Aku Anak Rusun 2 “Selendang Arimbi” melibatkan sekitar 200 orang anak, berusia antara 7 hingga 16 tahun. “Untuk konser kali ini, ada 3 rusun yang ikut serta yaitu dari Rawa Bebek, Daan Mogot, Pulo Gebang dan mengikutsertakan 130 anak sebagai penari, 12 anak sebagai pemeran inti dan 40 anak sebagai penyanyi. Jumlah tersebut juga belum ditambah dengan penari profesional dari luar,” tambah Ibu Dovieke Angsana, Producer & Artistic Director.

Ia membocorkan, akan ada sekitar 20 lagu-lagu Indonesia, termasuk lagu anak-anak, tradisional, dan bahkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Chrisye ataupun Koes Plus yang akan ditampilkan. Lagu-lagu tersebut diaransemen ulang oleh Soundkestra dan dikemas dengan berbagai genre yang lebih modern.

“Lagu-lagu yang akan dibawakan antara lain Janger, Marilah Kemari, Padang Bulan, dan rangkaian medley lagu anak-anak seperti Anak Kambing Saya, Naik-naik ke Puncak Gunung, Semut-semut Kecil, dan banyak lagi, yang mungkin sudah tidak dikenal oleh anak-anak zaman sekarang,” katanya.

Persiapan latihan, kurang lebih 5 bulan dengan intensitas latihan setiap hari di rusun masing-masing, lalu dilanjutkan dengan latihan gabungan 3 rusun pada hari Sabtu dan Minggu. Anak-anak ini dilatih oleh para pekerja seni yang mumpuni di bidang drama musikal. Nantinya, seluruh hasil penjualan tiket dan keuntungan sponsorship akan dikembalikan untuk pelatihan anak rusun.

Tertarik melihat aksi teman-teman kita tersebut? Kalian bisa membeli tiket Operet Aku Anak Rusun ‘Selendang Arimbi’ mulai tanggal 25 September 2019 di www.akuanakrusun.com dengan harga Rp. 350.000 hingga Rp. 750.000.

Adapun jadwal pertunjukan akan dibagi dalam 2 sesi, yakni Show 1 (pukul 14.00 WIB) dan Show 2 (pukul 17.30 WIB) pada hari Sabtu, 16 November 2019 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Yuk, ajak keluargamu menonton!

Foto: Efa, Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *