Industri pariwisata Indonesia mulai bangkit dan kembali menunjukkan taringnya. Menurut data Kemenparekraf RI, pada bulan April 2022 saja, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 11.000 atau naik 5 kali lipat (YoY). Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, per Mei 2022, jumlah penumpang angkatan udara domestik naik 40,41% (MoM) atau sebanyak 19,8 juta orang.

Tentunya, naiknya angka kunjungan wisata oleh para turis ini perlu diimbangi dengan kemampuan adaptasi dan inovasi yang baik dari para penggiat bisnis di industri pariwisata untuk bertahan di tengah persaingan. Tak hanya meningkatkan kualitas layanan, juga perlu memberikan pengalaman wisata terbaik kepada seluruh pengunjung.

Salah satu destinasi yang sering mendapat perhatian para wisatawan adalah desa pariwisata. Tahukah Moms dan Dads, di tahun 2022 ini ada lebih dari 2500 desa pariwisata. Setiap tempat ini,memiliki daya tariknya masing-masing.

Nah, sejalan dengan tujuan pembangunan pariwisata sekaligus merayakan usia 11 tahun, tiket.com menghadirkan sebuah program baru bertajuk Jagoan Pariwisata. Ini adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberdayakan para pelaku dan penggiat usaha wisata dari 4 (empat) desa wisata Jejaring Desa Wisata (JADESTA), sehingga para pelaku usaha wisata  dapat mengembangkan bisnisnya dengan berkesinambungan dan memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional.

Pada penyelenggaraan perdana, Jagoan Pariwisata akan melaksanakan program mentorship terpadu secara hybrid ke empat Desa Wisata di Indonesia, yaitu Desa Mulyaharja di Bogor, Desa Condet di Jakarta Timur, dan Desa Kaki Langit Mangunan dan Desa Dewi Sambi yang berada di Yogyakarta. Para pelaku usaha wisata di empat Desa Wisata ini akan berkompetisi, meramu strategi bisnis terbaik untuk dapat memenangkan penghargaan yang terdiri dari empat kategori yang dipertandingkan dalam ajang Jagoan Pariwisata.

Menuju kompetisi, tiket.com menyediakan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan yang akan dipandu langsung oleh para karyawan tiket.com yang didukung oleh tim Inspigo, selaku mitra penyelenggara program ini. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan solusi dari berbagai isu dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha lokal, sehingga dapat menjalankan usahanya dengan mengedepankan strategi dan inovasi secara berkelanjutan.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

Dalam sesi sambutannya, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengajak para pelaku usaha wisata untuk memanfaatkan kesempatan yang langka ini untuk meningkatkan usaha di bidang pariwisata, “Sebagai pelopor Online Travel Agent di Indonesia, karya anak bangsa, tiket.com, telah memberikan warna baru dan sumbangsih pengalaman terbaik bagi wisatawan dengan membawa industri pariwisata Indonesia naik kelas ke ranah digital sehingga dapat terakses oleh seluruh masyarakat. Menyambut usia 11 tahunnya tiket.com dengan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuat gebrakan melalui program Jagoan Pariwisata, sebuah inisiatif berwujud lokakarya edukatif dan interaktif bagi para pelaku wisata di Desa Wisata. Program ini akan membantu memberikan solusi nyata bagi isu yang dihadapi oleh para penggiat dan pelaku pariwisata sekaligus memberikan kiat jitu dalam mengoperasikan usaha pariwisata dengan lebih cerdas,” ujarnya.

Lalu ia melanjutkan, “Bersama Yoris Sebastian dari Inspigo selaku mentor lead yang akan memimpin mentor-mentor dari t-fams (karyawan tiket.com) dalam memberikan bimbingan dan pelatihan bisnis terpadu. Saya Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, mengucapkan selamat kepada tiket.com dan pelaku usaha wisata yang nantinya terpilih mengikuti program Jagoan Pariwisata. Gunakan dan manfaatkan kesempatan yang langka ini untuk meningkatkan kapasitas usaha wisata Anda. Tetap semangat, jangan pernah lelah untuk meningkatkan pariwisata Indonesia.”

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com mengatakan,Program Jagoan Pariwisata merupakan upaya tiket.com dalam mendorong keberadaan Desa Wisata di Indonesia agar lebih dikenal oleh masyarakat dan menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Program Jagoan Pariwisata

Seperti apa sih program Jagoan Pariwisata? Nantinya, para pelaku bisnis di empat Desa Wisata tadi akan berkompetisi, meramu strategi bisnis terbaik untuk dapat memenangkan penghargaan yang terdiri dari empat kategori utama, yaitu; Best Tourist Attraction, Best Homestay, Best Souvenir & Culinary serta Best Digital & Creative.

(kiri – kanan) Andari Agustien (Host), Dudi Arisandi, Chief People Officer, tiket.com dan Yoris Sebastian, Co-Founder, Inspigo

Setelah melalui sesi mentoring dan lokakarya, di tahap akhir para peserta akan membuat proposal strategi bisnis dan mempresentasikan kepada jajaran juri, termasuk Yoris Sebastian, pada malam penganugerahan di bulan Oktober 2022 mendatang.

Yoris Sebastian, Co-Founder, Inspigo, menegaskan antusiasmenya terhadap program Jagoan Pariwisata, “Saya sudah tidak sabar untuk berbagi pengalaman, membina para mentor, serta menyimak langsung berbagai solusi strategis dalam mengatasi tantangan dari sesi awarding yang akan datang.”

Mentor-mentor yang memberikan pelatihan dalam program Jagoan Pariwisata merupakan karyawan tiket.com yang terdiri dari para profesional berbakat yang telah mengukir prestasi gemilang di bidang dan industri masing-masing dan saat ini tengah berkarir di tiket.com.

Dudi Arisandi, Chief People Officer, tiket.com, mengatakan, program mentoring di Jagoan Pariwisata adalah upaya tiket.com dalam merancang dan memposisikan Jagoan Pariwisata sebagai salah satu opportunity bagi karyawan tiket.com untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam membina keterampilan para pelaku usaha di desa wisata. “Kami mendesain program ini agar juga turut membawa manfaat bagi karyawan tiket.com (t-fam), yaitu pengetahuan mendalam akan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku dan penggiat bisnis lokal di desa wisata. Harapan tiket.com adalah semoga para mentor tiket.com dan peserta program di 4 (empat) desa wisata dapat sama sama #BulatkanTiketmu temukan solusi strategis cerdas dan cermat untuk mengembangkan desa wisata mereka,” tutupnya.

Foto: Efa, Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *