JAKARTA, majalahjustforkids.com – Tak perlu susah-susah, lewat momen sederhana pun, orangtua bisa menciptakan bonding atau ikatan kuat dengan anak. Misalnya saat memandikan anak.

Hal ini pun disadari oleh Zwitsal, salah satu brand produk perawatan bayi dari PT Unilever Indonesia Tbk.

Untuk itulah, memeringati 50 tahun kehadirannya di Indonesia sekaligus merayakan Hari Ibu, Zwitsal meluncurkan kampanye #MomenBondingBermakna untuk mendampingi para orangtua menciptakan momen-momen kebersamaan yang bermakna bersama anak, yang akan berdampak pada pertumbuhan emosionalnya di masa depan.

Kampanye ini diawali dengan gelaran Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna yang menghadirkan ragam inspirasi dan aktivitas agar orangtua memahami manfaat serta cara menciptakan momen bonding dengan Si Kecil.

Ki-ka: Lala Nabila-MC, Mahnessa Siregar (Nessa)–Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia,
Nikita willy–Brand Ambassador Zwitsal,
Indra Priawan–Suami Nikita Willy, dan
Samanta Elsener M.Psi-Psikolog Anak dan Keluarga

Ibu Mahnessa Siregar (Nessa), Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia menyampaikan, “Selama 50 tahun, Zwitsal dengan kelembutan dan keharumannya yang ikonik telah menemani keceriaan perjalanan Ibu bersama Si Kecil melalui rangkaian produk berkualitas. Tidak hanya itu, Zwitsal juga ingin terus mendampingi orangtua, khususnya new parents, dalam menghadapi tantangan demi tantangan yang mereka hadapi dalam menjalankan peran baru mereka, terlebih di era modern seperti sekarang yang semakin tak terpisahkan dari social media.”

Studi Priory Group memperlihatkan 40% dari 1.000 orangtua menganggap gambaran ideal mengenai parenting yang tersebar di social media telah memicu kecemasan mereka. Di tengah fenomena ini, tekanan sebagai orangtua ternyata lebih banyak dirasakan oleh para Ibu.

Menurut studi Cornell University, para Ibu merasa lebih stres menjalani peran sebagai orangtua dibanding Ayah, salah satunya karena selalu ingin menyesuaikan image mereka dengan konsep “Ibu yang baik”.

Bahkan, studi lain dari BabyCenter menunjukkan bahwa 80% Ibu millennials merasakan tekanan dari sekitar mereka untuk menjadi Ibu yang sempurna.

Ibu Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga menjelaskan, “Keinginan untuk menjadi sosok yang sempurna dapat menimbulkan beragam dampak negatif seperti mudah cemas, rentan terhadap stres bahkan depresi, selalu merasa ’kurang‘ dalam menjalankan peran sebagai Ibu, hingga terjebak dalam mompetition atau mom shaming, yang ternyata dialami oleh 88% Ibu Millennials dan Gen-Z di Indonesia.”

Menyikapi hal ini, penting bagi orangtua untuk melepaskan diri dari tekanan lingkungan sekitar dan meyakini bahwa sebetulnya, hal terpenting dari perjalanan sebagai orangtua adalah membangun ikatan emosional yang erat dengan anak mereka, yang dapat diciptakan melalui momen-momen bonding yang bermakna.

“Apalagi, ada begitu banyak manfaat dari momen bonding bagi pertumbuhan emosional Si Kecil, seperti membuat anak selalu merasa aman dan tenang, lebih percaya diri mengeksplorasi berbagai hal baru, membentuk rasa percaya pada orang lain, memiliki self-awareness yang baik, merasa dirinya berharga, hingga mampu berempati pada orang lain,” lanjut Ibu Samanta.

Mom Nikita Willy, Brand Ambassador Zwitsal ikut berbagi, “Aku sangat mengerti tekanan yang sering ditemui oleh new parents sepertiku dan suami. Di saat kita sendiri masih banyak belajar menjadi orangtua, terkadang komentar dari lingkungan sekitar ataupun media sosial membuat kita merasa cemas sampai gemas sendiri, ya! Tapi aku selalu percaya bahwa aku dan suamilah yang paling tau apa yang terbaik untuk Issa, dan yang paling penting adalah bagaimana kami bertiga selalu punya waktu untuk membangun attachment secara fisik ataupun emosional. Misalnya saat memandikan Issa, momen ini jadi kesempatan buatku dan suami untuk menyentuh Issa dengan lembut dan berkomunikasi sambil bercanda. Melalui momen-momen seperti ini, aku harap Issa percaya bahwa aku dan suami selalu bisa jadi orang-orang pertama yang dapat ia andalkan hingga nanti.”

Menanggapi kebutuhan para orangtua dalam menciptakan momen bonding dengan Si Kecil, Zwitsal percaya bahwa setiap orangtua memiliki cara tersendiri untuk melakukannya, dan di saat itulah bonding yang bermakna dapat terjalin.

Oleh karenanya, melalui kampanye #MomenBondingBermakna, Zwitsal memfasilitasi para orangtua dengan berbagai kegiatan online maupun offline yang menginspirasi.

Salah satunya video tentang 3 sosok orangtua yang menghadapi tantangan tersendiri dalam berupaya menjadi sosok yang ‘sempurna’ bagi anak mereka. Diharapkan tayangan ini mampu menggugah para orangtua agar terus mengekplorasi cara dan kesempatan untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna, sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi keluarga mereka.

Zwitsal memahami bahwa salah satu bentuk momen bonding paling efektif adalah melalui skin to skin contact yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman.

Hal ini sejalan dengan brand purpose Zwitsal: menjadikan momen perawatan bayi sehari-hari menjadi momen bonding yang bermakna melalui skin to skin contact antara orangtua dan anak.

Oleh karena itu, Zwitsal menghadirkan formula baru Zwitsal Baby Bath Hair & Body yang mengandung 4x Prebiotic Moisturizer yang melembapkan kulit bayi sehingga tetap lembut dan sehat.

Dilengkapi keharuman lembut khas Zwitsal, inovasi ini membuat momen mandi menjadi momen bonding yang bermakna.

Ada pula Zwitsal Minyak Telon yang memberikan kehangatan dan kelembutan pada Si Kecil di setiap usapan dan pijatan, untuk menemani momen bonding bermakna dengan Si Kecil sebelum ia tidur.

Untuk mengawali kampanye terbarunya, hari ini Zwitsal mempersembahkan Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna bertempat di Mall fX, Sudirman. Salah satu highlight dari festival ini adalah kelas Baby Spa sebagai salah satu cara untuk menciptakan momen bonding bermakna.

Ditemani rangkaian produk Zwitsal, kegiatan yang melibatkan 1.000 ibu secara offline maupun online ini mampu membantu menstimulasi sejumlah indera Si Kecil serta mendorong perkembangan otak dan intelegensianya.

Kegiatan ini berhasil memecahkan rekor kelas Baby Spa dengan peserta terbanyak versi theAsianparent – selaku mitra penyelenggara festival.

Selain itu, di festival ini Zwitsal juga mempersembahkan rangkaian diskusi interaktif bersama sederetan pakar untuk menginspirasi orangtua akan pentingnya menciptakan momen bonding bermakna, terutama di 1000 Hari Pertama Kehidupan yang krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Kedepannya, kampanye #MomenBondingBermakna akan terus hadir melalui rangkaian signature activities dari Zwitsal seperti kelas-kelas Baby Spa dan talkshow 1.000 HPK Zwitsal dengan para ahli dan praktisi kesehatan yang diadakan secara berkala. Harapannya, kampanye ini dapat mengedukasi lebih banyak orangtua Indonesia untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna bersama Si Kecil, tentunya ditemani kelembutan dan keharuman Zwitsal,” tutup Ibu Nessa.

Foto: Ist, Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *