Apa yang kalian lakukan saat melihat ada teman yang barangnya jatuh? Kalian biarkan saja atau kalian bantu untuk mengambilkannya?

Jika kalian membantu untuk mengambilkannya, waaah… itu tanda kalau kalian adalah anak yang hebat! Karena berarti kalian memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap sekitar.

Menurut Ibu Roslina Verauli, M.Psi, Psi., seorang Psikolog Anak, secara psikologis, semua manusia pada dasarnya memiliki rasa peduli. “Namun diperlukan kesempatan dan penguat sehingga aksi nyata dari bentuk peduli itu, muncul,” ujar Psikolog yang akrab disapa Ibu Vera.

Untuk itulah pada hari Sabtu-Minggu, 7-8 September 2019 kemarin, bertempat di Summarecon Mall Bekasi, Bebelac (susu untuk anak) menghadirkan BebeLand, sebuah wahana permainan edukatif dan interaktif untuk menstimulasi atau merangsang rasa peduli seiring daya pikir sehingga mendorong kalian menjadi Anak Hebat.

15 Permainan Edukatif

Ada sekitar 15 permainan edukatif yang dihadirkan, Kids. Terdiri dari 3 area besar yaitu BebeTown, BebeSea, dan BebeForest.

Area BebeTown

Di area BebeTown, ada kejadian mati lampu di sebuah kota sehingga menghambat aktivitas warga. Nah, dalam permainan ini kalian diajak untuk peduli terhadap kesusahan warga kota yang mengalami mati lampu. Dari rasa kepedulian ini membuat kalian berpikir apa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Muncullah ide untuk membuat tenaga penggerak yang bisa menghasilkan listrik.

Area BebeSea

Di area BebeSea, merupakan permainan yang mengasah kalian untuk peduli lingkungan. Rasa peduli terhadap lingkungan, membuat kalian secara sukarela mengumpulkan sampah-sampah plastik yang mencemari laut. Dengan demikian, masalah pencemaran pun bisa teratasi.

Area BebeForest

Adapun di area BebeForest bisa memunculkan aksi sebagai bentuk kepedulian kalian terhadap binatang. Sebab di area ini kalian harus berpikir bagaimana caranya menyelamatkan seekor kucing yang ada di atas pohon. Waah… seru-seru, ya, Kids, permainannya.

“Setiap permainan di BebeLand dirancang dengan alur cerita “masalah-solusi”, dimana anak dilatih untuk mengasah rasa pedulinya terlebih dahulu, sebelum kemudian diajak melatih daya pikirnya untuk cepat tanggap memberi solusi yang berguna bagi sekitarnya,” ungkap Ibu Vera.

“Dengan mengembangkan rasa peduli, anak mampu memiliki perilaku prososial, yaitu perilaku membantu orang lain tanpa pamrih. Hal inilah yang perlu diasah sejak dini seiring dengan kemampuan daya pikir anak, agar anak mampu menyikapi sebuah permasalahan serta memberikan solusi yang tepat dan penuh empati,” ungkapnya lagi.

Pentingnya Nutrisi

Munculnya daya pikir dan aksi hebat yang nyata sebagai bentuk dari kepedulian, tentu juga membutuhkan nutrisi yang baik. “Mengapa nutrisi juga penting, karena yang mengatur semua itu adalah otak. Dengan nutrisi yang baik, daya pikir menjadi baik dan jadilah aksi yang hebat,” terang Ibu Deska Hapsari Nugrahaini, Brand Head Bebelac.

Dengan pengalaman dan inovasi di bidang Nutrisi Awal Kehidupan selama 100 tahun, Bebelac berkomitmen untuk terus mendukung orang tua dalam memberikan solusi nutrisi berkualitas tinggi dan mendorong pemberian stimulasi tepat sejak dini.

“Bebelac percaya bahwa rasa peduli dapat mendukung daya pikir berkembang lebih baik untuk mencari solusi atas masalah yang ada di sekitarnya. Apabila rasa peduli anak berkembang seiring daya pikirnya, ia akan tumbuh menjadi Anak Hebat yang memiliki rasa peduli, cepat tanggap, dan tanggap bersosialisasi dalam menghadapi lingkungannya,” tambahnya.

Stimulasi Sejak Dini

Ternyata, rasa peduli itu sangat penting, ya, Kids. Dengan rasa peduli, bisa mengasah daya pikir sehingga bisa menghasilkan aksi nyata yang hebat. Untuk itulah pasangan artis, Papa Jonathan Frizzy dan Mama  Dhena Aldalia Devanka selalu menstimulasi atau merangsang rasa peduli ketiga anaknya sejak kecil dan mulai dari dalam rumah.

“Saya berusaha untuk selalu mengajarkan kebaikan mulai dari yang sederhana seperti senyum, bilang terima kasih ataupun membukakan pintu buat temannya. Itu pun sudah merupakan bentuk peduli atau empati pada orang lain,” ujar Mama Dhena. “Pada masa ini saya juga harus memperhatikan asupan nutrisi anak agar ia dapat tanggap secara intelektual, emosi, dan sosial. Saya pun selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka untuk membantu mereka selalu siap dalam menerima stimulasi untuk mengasah rasa peduli dan daya pikir sejak dini,” tambah Papa Jonathan yang akrab disapa Papa Ijonk.

Tak heran kalau ketiga anak Papa Ijonk dan Mama Dhena (si kembar Zoe Joanna Frizzy Simanjuntak dan Zac Jaden Frizzy Simanjuntak, serta Zayn Jowden Frizzy Simanjuntak) langsung aktif menyapa dan senyum pada seluruh pengunjung yang datang di BebeLand pada Minggu siang itu.

Frizzy Family

Nah, jika kalian ingin rasa peduli dan daya pikir terasah hingga muncul aksi nyata yang hebat, jangan lewatkan permainan-permainan seru nan edukatif di BebeLand yang juga akan digelar di Tunjungan Plaza Surabaya pada 28-29 September 2019 dan Plaza Medan Fair pada 26-27 Oktober 2019 mendatang.

Foto-Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *