Kota-kota besar dan kota wisata favorit kembali diminati sebagai tujuan wisata di Tahun Baru Imlek, saat para wisatawan bersiap mengunjungi tempat-tempat populer untuk merayakan Tahun Macan, menurut data booking dari platform perjalanan digital, Agoda.

Di seluruh kawasan Asia, data tersebut menunjukkan bahwa kota metropolitan dan ibukota menjadi pilihan utama destinasi, termasuk Shanghai (#1 China), Tokyo (#1 Jepang), Kuala Lumpur (#1 Malaysia), Manila (#1 Filipina), Bangkok (#1 Thailand). Sementara di negara lain, destinasi wisata klasik menjadi pilihan utama wisatawan, termasuk Bali (#1 Indonesia), Pulau Jeju (#1 Korea), Taichung (# Taiwan), Pulau Phu Quoc (#1 Vietnam).

Data Agoda terus melihat tren destinasi yang muncul di berbagai negara karena wisatawan terus melakukan perjalanan domestik dan menjelajahi ‘halaman’ mereka sendiri. Destinasi baru dalam daftar delapan tujuan paling populer tahun ini adalah Berastagi (#6 Indonesia) dan Hongcheon-gun (#5 Korea), yang mengunggulkan alam indah. Nantou dengan pemandangan gunung dan danau yang menakjubkan berada di urutan ke-8 dalam daftar Taiwan. Kota pantai Quy Nhon (Binh Dinh) melengkapi daftar delapan destinasi teratas Vietnam. Di Malaysia, Kota Kinabalu yang berada di tepi pantai kembali masuk ke peringkat 7 dan Johor Baru, pintu gerbang ke Malaysia, ada di posisi ke-8.

Wisatawan dari China, Malaysia dan Vietnam tetap memilih akomodasi berbintang 4-5, diikuti akomodasi bintang 1 – 3,5 dan non-hotel. Wisatawan Korea dan Thailand meningkatkan pilihan inap mereka tahun ini ke akomodasi yang lebih mewah (bintang 4-5). Wisatawan dari Jepang dan Taiwan masih memilih akomodasi terjangkau (bintang 1 – 3,5). Sedangkan wisatawan Indonesia tahun ini mengalami pergeseran dari akomodasi bintang 4 – 5 ke bintang 1 – 3,5.

Delapan destinasi terpopuler per negara untuk Tahun Baru Imlek 2022

China Indonesia Jepang Korea
Shanghai Bali Tokyo Jeju Island
Hong Kong Bandung Osaka Seoul
Beijing Jakarta Fukuoka Busan
Guangzhou Yogyakarta Okinawa Main Island Sokcho-si
Sanya Medan Nagoya Hongcheon-gun
Hangzhou Berastagi Sapporo Gangneung-si
Chengdu Puncak Kyoto Incheon
Zhuhai Pulau Batam Yokohama Pyeongchang-gun

 

Malaysia Filipina Taiwan Thailand Vietnam
Kuala Lumpur Manila Taichung Bangkok Phu Quoc Island
Penang Boracay Island Taipei Chiang Mai Dalat
Malaka Cebu Kaohsiung Khao Yai Nha Trang
Ipoh Tagaytay Tainan Phuket Vung Tau
Langkawi Davao City Hualien Hua Hin / Cha-am Phan Thiet
Port Dickson Baguio Yilan Pattaya Ho Chi Minh City
Kota Kinabalu Bohol Chiayi Krabi Da Nang
Johor Bahru Batangas Nantou Chiang Rai Quy Nhon (Binh Dinh)

Data pasar

Indonesia –Bali menggantikan juara tahun lalu, yaitu Bandung. Sedangkan Berastagi dan Pulau Batam masuk ke dalam daftar delapan besar, mengeluarkan Surabaya dan Bogor dari daftar.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *