Hari pertama sekolah tahun ajaran baru tinggal beberapa hari lagi ya Kids. Sudah siap sekolah belum? Harus siap dan semangat dong!

Hari pertama sekolah merupakan momen penting, tak hanya bagi kalian tapi juga bagi Mama dan Papa. Selain kebutuhan material, Mama dan Papa perlu mempersiapkan kondisi mental dan fisik terbaik bagi kalian guna menunjang   kesiapan dan semangat dalam menghadapi dunia yang baru. Faktanya, pemenuhan nutrisi seimbang masih menjadi salah satu tantangan bagi anak usia sekolah, terlebih, 8 dari 10 anak sekolah Indonesia usia 4-12 tahun diketahui kekurangan konsumsi Omega 3 (EPA+DHA).

Untuk itu, PT Sarihusada Generasi Mahardhika melalui SGM Eksplor 3Plus ingin mengingatkan kembali mengedukasi pentingnya pemenuhan nutrisi untuk mendukung kesiapan mental, fisik dan semangat sekolah anak. “Kami percaya pemenuhan nutrisi seimbang merupakan fondasi penting dalam mendukung tumbuh kembang optimal anak. Apalagi saat memasuki usia sekolah si Kecil akan menerima berbagai stimulasi yang dapat menjadikannya Anak Generasi Maju yang kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri, dan percaya diri,” ujar Bapak Ditra Komala, Brand Manager SGM Eksplor 3Plus.

Saat ini, banyak orangtua di Indonesia yang berupaya mendukung optimasi potensi si kecil dengan cara mengenalkan anak dalam sistem pendidikan formal sejak dini. Dr. Andyda Meliala, Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini dan Founder Resourceful Parenting Indonesia menyatakan, ketika orangtua memutuskan untuk mengenalkan anak usia dini pada lingkungan sekolah, maka anak akan menghadapi dunia baru. Dimana PAUD didesain sebagai institusi transisi yang mempersiapkan anak ke jenjang berikutnya, dari sebelumnya hanya bermain dan mengenal lingkungan keluarga, kemudian akan memiliki pengalaman berbeda dengan pola pengajaran yang terstruktur, mengikuti arahan guru, mengenal peraturan, etika dan disiplin, hingga bersosialisasi dengan lebih banyak orang dan teman baru. Untuk itu, penting bagi orangtua memperhatikan momen hari pertama sekolah agar anak merasa nyaman menyambut dunia baru mereka.

Lebih lanjut mengenai karakteristik anak usia PAUD, Dr. Andyda menjelaskan, sebagian besar metode pembelajaran anak usia 3-6 tahun menuntut mereka untuk terus aktif bergerak, mulai dari praktek berbagai pengetahuan secara langsung hingga bermain bersama teman-temannya. Namun, tidak sedikit ditemukan anak-anak PAUD baik di kota maupun daerah terpencil, yang tidak fokus dan tampak lemas ketika berkegiatan karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Padahal untuk mendukung semangat si Kecil, dibutuhkan persiapan mental dan fisik, termasuk pemenuhan nutrisi yang seimbang.

“Setelah periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (dalam kandungan hingga anak usia 2 tahun) yang merupakan periode emas tumbuh kembang si Kecil, usia dini (3-6 tahun) juga merupakan periode penting karena pada usia inilah kemampuan berpikir anak berkembang dengan sangat pesat, terutama untuk menangkap pelajaran dan stimulasi. Terlebih, anak-anak yang tidak mendapatkan nutrisi yang baik berisiko tidak memiliki potensi perkembangan kognitif, motorik, serta kemampuan sosioemosional yang berkaitan erat dengan prestasi akademik dan produktivitas ekonomi,” tandasnya.

 Ditambahkan oleh dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinis, nutrisi seimbang merupakan dasar kesiapan fisik anak untuk menerima stimulasi dan pendidikan di sekolah. Untuk itu, dalam menjaga semangat pada hari pertama sekolah, peran orangtua sangat penting untuk memastikan bahwa anak telah mendapatkan asupan nutrisi seimbang dalam pola makan sehari-hari.

Pada usia 3-6 tahun, kebiasaan makan yang baik pada anak mulai terbentuk dan akan terbawa hingga dewasa. Untuk itu anak perlu dibiasakan mengkonsumsi nutrisi seimbang yang terdiri dari berbagai zat makronutrien dan mikronutrien yang penting bagi metabolisme mereka sedini mungkin. Beberapa komponen nutrisi penting yang dibutuhkan anak usia dini antara lain karbohidrat, serat, protein, zat besi, hingga lemak termasuk Omega 3 (EPA+DHA) yang bermanfaat bagi perkembangan otak.

Adapun dua waktu penting untuk mendukung anak siap secara fisik agar bersemangat pergi ke sekolah adalah dengan memberikan nutrisi seimbang pada pagi dan malam hari. Nutrisi yang dikonsumsi pada pagi hari sebelum berangkat ke sekolah dapat mendukung aktivitas si Kecil untuk menerima stimulasi di sekolah; termasuk untuk konsentrasi hingga daya ingat. Sedangkan pada malam hari, nutrisi yang dikonsumsi dapat menggantikan energi yang dikeluarkan di siang hari, mencegah defisiensi nutrisi, hingga mendorong kualitas tidur yang lebih baik.

SGM Eksplor 3Plus adalah pelopor produk bernutrisi berkomitmen untuk terus mendukung terciptanya Anak Generasi Maju. Membantu para orangtua menyediakan asupan bernutrisi yang bermanfaat bagi kesiapan fisik anak dalam menyambut sekolah. SGM Eksplor menyediakan SGM Eksplor 3Plus yang dilengkapi dengan minyak ikan & Omega 3, kalsium & Vitamin D, Zinc & Vitamin C, dan serat pangan inulin. “Kami berharap hal ini bisa membantu menyadarkan orangtua agar si Kecil tidak termasuk 8 dari 10 anak Indonesia usia sekolah (4-12 tahun) kekurangan Omega-3 (EPA+DHA). Dengan rasa semangat dalam menjalani petualangan baru di sekolah, diharapkan anak-anak siap menerima stimulasi yang diberikan dan potensi mereka makin terasah dari waktu ke waktu sehingga menjadi Anak Generasi Maju,” tutup Bapak Ditra.

(Foto: Dok. SGM)

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *