Di Indonesia, masih banyak keluarga yang tidak menggunakan car seat untuk penumpang anak-anak. Padahal menggunakan car seat, adalah cara terbaik melindungi anak-anak saat mereka berada di dalam mobil. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, seperti yang dituturkan oleh dr. Bagus Pramantha Putra Wijaya, B.MedSc, SpOT, dokter ortopedi dan traumatologi, bahwa kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak pada anak usia 4 – 14 tahun. Nah, penggunaan car seat menurunkan risiko kematian sebanyak 71%.

Penggunaan car seat sendiri, ujar ia, harus disesuaikan dengan usia anak. Dalam acara talk show bertajuk “Your kids’s safety is a top priority” yang digelar oleh Mothercare Indonesia secara virtual, Kamis (25/11), ia menyampaikan ada 3 jenis car seat, yaitu:

1. Rear Facing Car Seat
Digunakan sejak anak lahir hingga usia 2 – 4 tahun. Pastikan pengaman terpasang dan posisi kepala anak tidak lebih tinggi dari car seat.
2. Forward Facing Car Seat
Dapat digunakan hingga minimal anak berusia 5 tahun. Pastikan strap (tali pengikat) berada di atas bahu anak dan tidak memiliki celah dengan tubuh.
3. Booster Seat
Digunakan ketika penggunaan Facing Car Seat sudah tidak memungkinkan hingga dapat mengunakan seat belt pada umumnya.

dr. Bagus Pramantha Putra Wijaya, B.MedSc, SpOT

Biasakan Sejak Dini

Kenyamanan dan keamanan sang buah hati juga merupakan fokus utama yang diperhatikan oleh pembalap Indonesia, Rifat Sungkar. Sebagai seorang pembalap sekaligus seorang ayah, ia sadar betul betapa pentingnya penunjang keselamatan dalam berkendara. Tak hanya bagi dirinya sebagai seorang pengemudi, melainkan juga penumpang di dalam mobil yang ia bawa.

Sejak dini sekali, ia mengaku telah membiasakan anak-anaknya mengenakan car seat saat di mobil. “Jujur, membiasakan anak untuk tetap duduk di car seat cukup menantang. Tapi hal ini biasa diantisipasi dengan membiasakan mereka sedari dini sekali. Melihat anak duduk di car seat dalam perjalanan, membuat saya lebih tenang dan nyaman sebagai orangtua. Mereka juga jadi lebih fokus berada di satu tumpuan,” ujarnya.

Rifat Sungkar, Pembalap

“Sekarang ini, car seat jadi suatu kebutuhan jika kita punya anak. Gak ada bedanya dengan bangku balap yang saya gunakan. Sama-sama menunjang keselamatan. Anak saya sejak terbiasa duduk di car seat, malah jadi senang balap hehe. Waktu dia awal-awal latihan gokart, dia bilang kayak duduk di car seat hehe…” ujar suami dari artis cantik, Sissy Pricillia.

POLED, Car Seat dari Korea Selatan

Sebagai gerai retail yang menyediakan berbagai kebutuhan ibu dan anak, Mothercare juga berkomitmen untuk menghadirkan produk yang mengutamakan keamanan bagi si kecil. Di penghujung tahun 2021 ini, Mothercare menghadirkan POLED, sebuah produk car seat terbaru dari Korea Selatan yang telah mendapatkan banyak penghargaan terkait dengan keselamatan anak.

Diawali kekhawatiran sejumlah ayah yang bekerja sebagai spesialias keamanan di Hyundai Motor Company mengenai keamanan dan keselamatan anak mereka ketika di dalam mobil, tercetuslah gagasan untuk membuat car seat yang kuat dan aman yang mampu menjaga anak selama berkendara. Para ayah yang penuh kasih sayang ini pantang menyerah mencoba desain keamanan yang berkelanjutan dan melakukan tes berulang untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Berkat jerih payah mereka, car seat POLED tidak hanya melindungi anak mereka sendiri, tetapi juga semua anak di dunia.

 

“Kami melihat Indonesia memiliki minat yang besar terhadap perlengkapan bayi dan anak berkualitas,  khususnya perlengkapan travelling pada balita. Selain itu, tingginya jumlah keluarga yang berekreasi menggunakan mobil menjadi alasan pendukung kami masuk ke pasar Indonesia. Melalui Mothercare, kami yakin dan berkomitmen memberikan produk Car Seat yang aman dan telah teruji dengan standar internasional” ungkap H.M Lee selaku CEO dari POLED.

“Kami memulai bisnis Car Seat sebagai salah satu unit usaha dari grup motor Hyundai dan mulai fokus untuk pengembangan produk pada tahun 2019. Saat ini Poled adalah perusahaan ventura yang berkembang paling pesat di Korea. Selain memproduksi Car Seat, kami juga memperluas portofolio dan mengembangkan pasar baru melalui produk seperti AIRLUV, UV Sterilizer, floor mat,” lanjut ia.

Jenis Car Seat

Jenis car seat yang dibutuhkan  tergantung pada beberapa hal, termasuk usia, ukuran dan berat badan anak, serta kebutuhan perkembangan anak. POLED memiliki beberapa produk unggulan, namun saat ini produk POLED yang tersedia di Indonesia adalah All Aged 360 car seat dan Airluv cooling seat.

All Aged 360 – Car Seat

Satu car seat yang dapat digunakan anak mulai dari baru lahir hingga usia 12 tahun atau setara dengan 36 kg. Dirancang untuk keamanan yang mendasar untuk segala usia, dilengkapi dengan sabuk pengunci yang merupakan sistem keamanan paling mendasar untuk car seat yang harus diketahui orangtua, dan pusat gravitasi rendah yang dirancang untuk memberikan keamanan yang tak tergoyahkan. Car seat ini juga akan mempermudah orantua dengan mekanisme rotasi 360 derajat dan dapat ditidurkan hingga 160 derajat untuk digunakan bayi yang baru lahir. ISOFIX pada All Age 360 merupakan ‘One click ISOFIX’ di mana dapat diatur dengan mudah dan aman serta bersertifikat standar keamanan.

Airluv – Cooling Pad

Lapisan pendingan pertama di dunia dengan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) dan filter anti debu mikro untuk kesehatan nafas bayi. Airluv Cooling Pad juga kompatible dengan stroller, car seat, dan bouncer apapun. Dibuat dari bahan ramah lingkungan sehingga aman untuk anak yang menderita ruam, atopi, dan eksim. Desain 3D ergonomis yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh anak.

“Di Indonesia, car seat belum menjadi prioritas orangtua untuk dimiliki dan digunakan selama berkendara. Salah satu cara Mothercare untuk mengedukasi orangtua agar mengutamakan keamanan dan keselamatan anak selama berkendara adalah dengan menghadirkan produk car seat berkualitas tinggi seperti POLED,” tutup Vasudev Kataria, Senior Vice President Mothercare Indonesia.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *