Sudahkah Moms dan keluarga cukup minum air putih hari ini? Terlihat sepele, faktanya survei menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang dewasa Indonesia belum cukup minum. Sementara itu, 1 dari 5 anak-anak dan remaja juga belum cukup minum. Air tidak dapat diproduksi sendiri dari dalam tubuh, jadi harus kita tambahkan dari luar. Jika tidak cukup minum maka akan meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi, terlebih saat kita menghadapi cuaca ekstrem yang tak menentu, cuaca panas misalnya.

Dalam kondisi cuaca ekstrem, salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan adalah dengan  memenuhi kebutuhan asupan air minum.

Hal ini ditegaskan pula oleh Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG). “Ada banyak manfaat air bagi tubuh, di antaranya untuk pembentukan sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, mendukung ketahanan fisik anak, mengeluarkan zat tidak berguna dari dalam tubuh, hingga mendukung fungsi kognitif/konsentrasi. Sebagai zat gizi makro, pada tahun 2013, air masuk dalam AKG (Angka Kecukupan Gizi) untuk orang Indonesia,” ujarnya dalam acara konferensi pers yang digelar Danone-AQUA dan Kumparan, Rabu (25/08/22).

Para pembicara dalam webinar yang diselenggarakan oleh Danone-AQUA dan Kumparan, Rabu (24/08/22)

Berapa Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh?

Lebih lanjut Dr. Diana mengatakan, ada banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan air minum seseorang, mulai dari usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, suhu, kelembapan dan lingkungan.

Menurut Kementerian Kesehatan RI mengenai Angka Kecukupan Gizi (AKG), kebutuhan air minum anak usia 4-6 tahun, setidaknya 1,2 liter/hari atau 6 gelas sehari. Anak usia 7-12 tahun butuh 1,5 liter air atau 7 gelas per hari, begitu pula dengan orang lanjut usia (lansia). Sementara itu, kebutuhan air pria dewasa 2 liter/hari atau 8 gelas, lalu wanita dewasa setidaknya memerlukan 1,8 liter air/hari. Penting pula diketahui, kebutuhan air minum meningkat pada ibu hamil yakni 2,1 liter/hari dan ibu menyusui 2,5 liter per hari.

“Selain usia dan jenis kelamin, cuaca dan aktivitas fisik juga mempengaruhi kebutuhan air minum. Saat cuaca panas misalnya, pasti kebutuhan cairan kita meningkat. Apalagi kalau mengeluarkan keringat, kita harus minum lebih banyak,” jelas Dr. Diana.

Selain itu, dalam cuaca dingin misalnya hujan, kita pun tetap butuh air minum cukup. “Biasanya saat cuaca dingin, orang jadi malas minum. Padahal penguapan dari tubuh kita tetap terjadi sehingga kita tetap membutuhkan air minum yang cukup,” imbuhnya.

Dr. Dian menegaskan, dalam mengatur kecukupan air dalam tubuh, harus dipastikan keseimbangan antara jumlah cairan yang masuk dengan jumlah cairan yang keluar, sehingga tidak mengakibatkan dehidrasi.

Hal ini jangan dipandang enteng, sebab kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi yang berdampak pada kesehatan. “Di antaranya seperti mudah lelah, daya ingat dan konsentrasi menurun, jika terjadi secara berkepanjangan dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis, bahkan meningkatkan risiko kegemukan,” imbuh Dr. Diana.

Pentingnya Air Berkualitas

Moms, penting bagi kita untuk memperhatikan kualitas air yang kita minum. Sebab, tak semua air layak diminum. “Selain kuantitas, kita juga perlu memperhatikan kualitas air yang kita minum. Air dapat tercemar oleh bakteri dan senyawa berbahaya penyebab penyakit. Karenanya, sebaiknya pilih air minum yang berasal dari sumber terlindungi dan diproses sesuai dengan standar kesehatan,” anjur Dr. Diana.

Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) sedang menjelaskan cemaran yang perlu diwaspadai dalam air minum

Selain pencemaran lingkungan, cuaca ekstrem juga ternyata berkontribusi terhadap penurunan kualitas air. Oleh karena itu penting bagi keluarga Indonesia untuk mendapatkan air minum yang berkualitas dan terjamin guna menjaga asupan air minum sehari-hari.

Untuk itu, menunjukkan komitmennya dalam menjaga kesehatan keluarga Indonesia, Danone-AQUA menghadirkan air minum berkualitas dalam kemasan galon yang dapat diakses dengan mudah dan ekonomis melalui gerai-gerai AQUA Home Service (AHS) yang tersebar di penjuru Indonesia.

AQUA Home Service

AHS, dijelaskan oleh Ratih Retno Purwaningrum, Emerging Channel Director Danone-AQUA, hadir sebagai inovasi yang bertujuan untuk membantu menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia. “Dengan kehadiran AHS, konsumen memiliki akses lebih mudah dalam mendapatkan air galon Danone-AQUA yang terjamin kualitasnya di lingkungan tempat tinggal mereka melalui gerai-gerai AHS yang tersedia,” tuturnya.

Tak hanya itu, program AHS ini dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat yang ingin berwirausaha dengan waktu kerja yang flexible. “Dengan menjadi mitra AHS, banyak bimbingan dan dukungan yang kami berikan seperti pelatihan finansial dalam berbisnis dan dukungan beragam alat marketing yang dapat bermanfaat dalam menjalankan usaha mereka,” terang Ratih.

Salah satu  mitra AHS, Luqman Hakim membagikan kisah suksesnya.Ia bergabung dengan AHS sejak tahun 2015. Layaknya seorang kepala keluarga, Luqman ingin selalu dapat memenuhi kebutuhan keluarga terutama dalam hal pendidikan anak-anak. Ia pun lalu berinisiatif menjadi wirausahawan dan memutuskan untuk menjadi mitra AHS.

Luqman Hakim, mitra AHS

Pertimbangan itu ia pilih salah satunya karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Syarat untuk bergabung pun relatif mudah. “Sebagai mitra AHS, saya dan rekan-rekan lainnya berkesempatan mendapatkan bimbingan dari Danone-AQUA yang sangat bermanfaat untuk menjalankan usaha. Setelah menjadi mitra AHS selama lebih dari 7 tahun, saya mendapat banyak hal positif, salah satu yang paling saya syukuri adalah saya dapat memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak. Selain karena pendapatan tambahan, sebagai mitra AHS, saya juga merasa senang karena dapat membantu masyarakat sekitar mendapatkan air minum yang terjamin kualitasnya bagi keluarga mereka,” ujar Luqman penuh syukur.

Hal senada diungkapkan oleh Fauzan Hangriawan, mitra AHS lain yang telah bergabung sejak 2020. Pria ini terjun menjadi mitra AHS di awal pandemi. “Ketika bergabung menjadi mitra di awal pandemi, kegiatan secara tatap muka tentunya tidak dapat dijalankan, tetapi itu tidak mengurangi pembelajaran yang kami terima, dimana selama pandemi dukungan kepada mitra AHS  tetap ditujukan untuk meningkatkan wawasan,  semangat dan produktivitas mitra dalam berwirausaha. Banyak pembelajaran yang saya peroleh seperti dalam hal pengaturan sistem keuangan dan cara menjalankan digital marketing. Melihat peluang ke depan, saya yakin AHS akan terus semakin berkembang di masa mendatang,” ungkapnya penuh optimis.

Moms pasti setuju, sangat penting untuk memilih air minum sehari-hari yang berkualitas untuk keluarga, karena tak semua air sama. “Walaupun sama-sama terlihat jernih, tidak berasa dan tidak berbau belum tentu bebas dari bakteri ataupun zat berbahaya lainnya. Hingga saat ini  Danone-AQUA terus memastikan kualitas air mineral tetap terjaga dan aman dikonsumsi oleh keluarga Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, ” tutup Flora Tobing, Senior Brand Manager Danone-AQUA.

Foto: Efa

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *