Serangga ini sering sekali menjadi perhatian banyak orang, karena bentuknya sangat unik seperti daun. Wah, yuk, kita lihat!

Serangga unik ini memiliki nama latin Phyllium giganteum atau lebih dikenal dengan sebutan serangga daun. Bentuknya sangat unik karena menyerupai daun. Serangga ini sudah ada sejak 40 juta tahun yang lalu. Ditemukan di Indonesia, tepatnya di Aceh Utara, Kota Lhoksukon.

Pertama Ditemukan

Pertama kali ditemukan oleh sepasang suami istri yang sedang mengambil pinang di kebunnya. Saat sedang menunduk mengambil pinang yang jatuh di rumput, mereka melihat ada daun yang bergerak. Mereka pun membawa serangga tersebut ke rumah. Dari sanalah serangga ini mulai dikenal oleh banyak orang di desa Lhoksukon.

Daun Robek

Keunikan dari fisik serangga ini adalah, mereka memiliki tubuh yang memanjang mirip dengan tongkat, dan bentuk badannya menyerupai daun yang robek atau digunting. Serangga ini memakan tumbuh-tumbuhan yang berada di pohon atau semak-semak. Mereka aktif di malam hari, mencari makanan, dan bergerak.

Jalannya Unik

Tubuh mereka yang nampak seperti daun, membantu mereka menghindar dan menipu predator yang akan memakan mereka. Uniknya lagi, serangga ini berjalan dengan cara membolak-balikkan tubuh mereka layaknya seperti tertiup angin.

Wah, sungguh unik, ya, serangga yang satu ini. Serangga ini juga tidak berbahaya, lho! Jadi, kita bisa tenang apabila tidak sengaja bertemu mereka.

(JFK/etg)

,
You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *