Pernah nggak Moms bingung saat memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk Moms maupun putri remaja Moms? Apalagi ketika sudah berada di gerai, Moms akan lihat aneka skincare dan saling membandingkan. Kebingungan pun tentu saja bisa terjadi.

Ups, tenang, sekarang nggak perlu begitu lagi Moms. Di gerai fashion & beauty bernama “The Self Inc” yang berlokasi di Pondok Indah Mall 2 Skywalk lantai 2, Jakarta Selatan, Moms bisa memeriksa sendiri kondisi kulit wajah Moms, begitupun si remaja Moms. Asyiknya lagi, Moms kemudian disuguhkan dengan beberapa rekomendasi produk yang disesuaikan dengan budget Anda. Wah, keren, ya?

Transformasi Menyeluruh

Layanan skin-check berbasis AI (Artificial Intelligence) ini merupakan salah satu terobosan baru yang diusung The Self Inc, yang merupakan hasil transformasi dari Sistersel. Ya, jika Moms sudah familiar dengan Sistersel, toko online maupun offline dengan konsep multi-brand yang menjual produk-produk fashion & beauty dengan harga terjangkau, maka jangan bingung jika ke depannya susah menemukan merek dagang tersebut. Sebab, kini Sistersel telah bertransformasi menjadi The Self Inc.

Tak hanya pada nama merek dagang, perusahaan memang melakukan transformasi menyeluruh. Dari yang sebelumnya bernama PT Omnichannel Retail Indonesia, sejak 1 April 2022 lalu telah berganti nama menjadi PT Self Inc Retail Indonesia (The Self Inc).

Transformasi perusahaan yang menaungi brand ikonik Sophie Paris dan Brunbrun Paris ini dilakukan untuk merealisasikan visi sebagai perusahaan O2O terdepan di Indonesia. Resminya transformasi perusahaan ditandai dengan pembukaan gerai offlineThe Self Inc di Pondok Indah Mall 2 pada hari Jumat (24/06) lalu.

Konsep Beauty Library

Gerai The Self Inc yang memiliki sentuhan chic ala Perancis ini mengusung konsep “beauty library” yang menyediakan lebih dari 130 brand populer dari Indonesia maupun luar negeri, seperti Whitelab, Luxcrime, Npure, Azarine, Scarlet, dan Holika Holika. Selain itu perusahaan juga menerapkan teknologi AI (Artificial Intelligence) dan akan segera hadir di Metaverse untuk menyongsong perkembangan belanja retail di masa mendatang.

Bruno Hasson, CEO PT Self Inc Retail Indonesia

“Kami mengambil nama The Self Inc karena nama ini sekilas terdengar seperti Shelving yang artinya lemari, sebagai tempat yang dapat menampung banyak barang, karena toko kami yang berkonsep multi brand. Self disini juga berarti ourself atau diri sendiri, menunjukkan bahwa skincare dan fashion bersifat personal. Ini merefleksikan ragamnya produk fashion dan beauty serta teknologi AI dan Metaverse yang kami hadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang berbeda satu dengan yang lain,” urai Bruno Hasson, CEO PT Self Inc Retail Indonesia.

Pengalaman Belanja yang Beda

Ditegaskan oleh Bruno, transformasi ini dilakukan terutama untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan yang lebih baik dan memuaskan selera pelanggan. Itulah mengapa, berbeda dari sebelumnya, The Self Inc menghadirkan pengalaman berbelanja skincare yang lebih modern dan kaya akan inovasi.

Pelanggan bisa memeriksa sendiri kondisi kulitnya dengan menggunakan mesin skin-check berbasis AI

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di semua gerai The Self Inc, pelanggan bisa menganalisa kondisi kulit dengan Mesin skin-check berbasis AI yang menggunakan aplikasi karya anak bangsa, Allure. Fitur ini mencakup AI skin analyzer, fitur yang mampu menganalisis kondisi kulit pengguna menggunakan selfie wajah dan survey berbasis AI,  AI product & service recommendation yang memberikan saran produk kecantikan yang sesuai dengan profil pengguna, Skin Diary yang dapat mengukur perkembangan kulit dan kondisi pengguna dalam bentuk catatan personal, dan AR Make-up TryOn yang menggunakan fitur Augmented Reality, memudahkan pembeli dalam mencoba segala jenis gaya dan tampilan riasan.

Hasil analisa kulit langsung tertera untuk membantu menentukan produk yang sesuai

Tak hanya itu, pelanggan juga akan diberikan rekomendasi produk perawatan wajah yang sesuai dengan usia, kebutuhan kulit, juga budget masing-masing pelanggan.

Tak hanya itu, The Self Inc juga akan melibatkan teknologi Metaverse sehingga para pelanggan bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang berkesinambungan, online dan offline, di mana calon pembeli bisa berinteraksi dan melihat barang yang akan dibeli seakan-akan berada di depan mata berkat keunggulan angle 180 derajat. Nantinya, pembeli juga dapat menggunakan token digital khusus Metaverse sebagai alat pembayaran yang lebih mudah. Fitur ini tengah digarap dan ditargetkan untuk diluncurkan pada kuartal pertama 2023.

Peduli Lingkungan

Shella Huliselan, Chief Retail Officer PT Self Inc Retail Indonesia

Jika Moms berkunjung ke gerai The Self Inc, maka akan menemukan aneka produk fashion dan beauty dengan harga terjangkau. “Di dalam toko ini ada banyak produk kecantikan dari A to Z. Bukan hanya produk beauty tapi ada fashion-nya juga. jadi pelanggan bisa one stop shopping di toko ini. Mau cantik ada produk skincare, mau penampilan outfit keren ada produk fashion seperti tas, jam tangan, dan sebagainya. Target pengguna kita mulai dari usia remaja ya, sekitar usia 15 tahun ke atas hingga dewasa,”  imbuh Shella Huliselan, Chief Retail Officer PT Self Inc Retail Indonesia.

Tak hanya itu, Shella menambahkan, sebagai perusahaan yang juga memperhatikan upaya keberlanjutan, The Self Inc peduli akan lingkungan. Tak hanya berbelanja, pelanggan juga bisa menukarkan produk fashion dan kemasan skincare bekas untuk didaur ulang. “Uniknya di The Self Inc, kita bisa daur ulang tas tangan sintetis. Jadi kalau pengin ganti tas tangan, tukarkan tas tangan bekas Anda lalu akan mendapatkan voucher belanja diskon hingga 20 persen untuk belanja tas yang baru,” imbuh Bruno.

Ditambahkan oleh Shella, selain tas, pelanggan bisa menukarkan kemasan skincare mereka untukjuga didaur ulang. “Di toko ada 2 rak daur ulang, satu untuk tas dan satu untuk kemasan skincare. Terserah merek apa saja, tidak kita batasi,” ucap Shella. Dorongan ini merupakan upaya edukasi dan gratifikasi The Self Inc dalam mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Untuk tahun 2022 ini, diuraikan oleh Shella, pihaknya akan agresif berekspansi. “ Kami menargetkan untuk membuka 44 gerai di tahun 2022 di kota-kota besar dan kecil Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Kami juga terbuka dengan tawaran franchise atau waralaba,” tutup Shella.

Wah, menarik sekali ya Moms! Tunggu apalagi, yuk rasakan pengalaman baru belanja skincare dan fashion yang lebih modern, inovatif juga ramah lingkungan di The Self Inc.

Foto: Efa, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *