Dari Bandung ke Paris, 3Second dan Greenlight Suguhkan StreetWear Modern Indonesia di Paris Fashion Week 2022

Moms, kembali produk lokal Indonesia menunjukkan karyanya yang luar biasa kepada dunia. Kali ini, jenama pakaian lokal asal Bandung yakni 3Second dan Greenlight mendapat kepercayaan untuk mewakili Indonesia di ajang fashion event bergengsi Paris Fashion Week pada awal Maret 2022 yang diprakarsai oleh Gekrafs.

Dalam perjalanannya kali ini, 3Second dan Greenlight akan memperkenalkan nilai-nilai asli tradisional dan modern Indonesia ke dunia Internasional, sekaligus melakukan sosialisasi nilai-nilai positif tersebut kepada anak-anak muda di Indonesia melalui 2 koleksi lini pakaian yang berbeda.

(kanan) Marketing Manager 3Second, Hendri Sase dalam acara konferensi pers “Vakansi ke Paris Bersama3Second dan Greenlight” hari ini, Jumat (25/02/22)

Marketing Manager 3Second, Hendri Sase menyatakan rasa bangganya mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan 2 brand mereka di Paris, pusat mode dunia. “Ini menjadi sebuah milestone baru bagi kami dalam perjalanan menjelang dua dekade di industri fashion, dan ini menjadi bagian dari #3SecondJourney kami.  Selain membawa nilai budaya asli Indonesia ke internasional, hal ini juga menjadi tantangan kami untuk terus menggali sisi kreativitas dan mengikuti kemajuan jaman agar terus bisa bersaing di era globalisasi saat ini,” urainya pada konferensi pers “Vakansi ke Paris Bersama3Second dan Greenlight” hari ini, Jumat (25/02/22).

Lini koleksi pertama yang akan diperkenalkan di Paris Fashion Week 2022 adalah hasil kolaborasi 3Second dengan Danjyo Hiyoji yang berjudul “Heeji” atau dalam Bahasa Sunda berarti satu. Perusahaan fashion yang mengkhususkan pada kategori pakaian ready-to-wear dengan karakter kuat dan realistik bagi laki-laki maupun perempuan ini digawangi oleh Dana Maulana.

(kiri atas) Dana Maulana, Co Founder & Director Danjyo Hiyoji, dan Ican Harem, Fashion Designer (kiri bawah)

Diungkapkan oleh Dana Maulana, Co Founder & Director Danjyo Hiyoji, koleksi kolaborasi ini terinspirasi dari Seren Taun, yaitu upacara tradisi selebrasi panen padi di Jawa Barat. “Berbagai elemen khas Jawa Barat seperti topi totopong, alat musik angklung dan karinding akan menyatu dengan gaya kontemporer anak muda masa kini yang terbuka dan memiliki identitas tersendiri,” katanya.

Sementara Greenlight menggandeng Ican Harem di lini koleksi kedua bertema “Traffic Light” yang mengangkat suasana jalanan dan kemacetan masyarakat perkotaan di Indonesia. Ican, seniman yang berdomisili di Bali ini dengan jeli menangkap situasi hiruk pikuk kemacetan lalu lintas di jalanan dalam desain fashion kreatif yang unik. Ciri khas masyarakat Indonesia yang kreatif dan selalu bisa melihat peluang dari berbagai kondisi ini juga menjadi cerita di balik nama brand Greenlight yang selain bermakna “lampu hijau” tapi secara filosofi juga jadi semangat brand untuk “maju terus”.

Ariel Noah, musisi sekaligus Brand Ambassador Greenlight mengaku bangga bisa ikut berpartisipasi dalam ajang Paris Fashion Weeks 2022 membawa nama produk lokal Indonesia

Ariel Noah selaku Brand Ambassador Greenlight selama kurang lebih 10 tahun, sejak awal selalu mendukung kemajuan ekonomi kreatif Indonesia. Kehadiran musisi dan pekerja kreatif ini di Paris Fashion Week 2022 nanti bukan hanya sebagai perwakilan Greenlight. Bersama sejumlah rekan pekerja seni dan content creator lainnya seperti Anya Geraldine, Keanuagl, Reza Arap, Wendy Walters, Adipati Dolken, Canti Tachril dan Tyna Dwijayanti, Ariel akan mendukung 3Second dan Greenlight secara langsung di Paris.

Kegiatan Vakansi ke Paris, ujar Ariel, menjadi sebuah misi pribadi yang jauh lebih penting dari sekadar jalan-jalan. “Kreativitas pekerja seni Indonesia yang tak terbatas sudah waktunya mendapat kesempatan di pasar internasional.  Dukungan saya pada produk lokal juga lebih dari sekadar gerakan bangga menggunakannya saja,” ujarnya.

Ia dengan gamblang memaparkan bahwa kualitas merek lokal seperti Greenlight tidak kalah kualitasnya dengan merek internasional. “Kalau dibandingin dengan produk luar nggak kalah, kualitasnya bagus banget. Ini yang memotivasi gue untuk memakainya. Sekaligus nunjukin ke masyarakat Indonesia bahwa produk lokal juga nggak kalah bagus kok dari produk luar,” ujarnya menyinggung alasannya mendukung Greenlight selama 10 tahun lebih.

Di Paris nanti, ujar Ariel, ia dan rekan-rekan pekerja seni akan bertugas meningkatkan brand awareness produk Indonesia di mata Internasional. “Nanti ada sesi foto-foto untuk promosi, kita kasih lihat betapa bagusnya produk Indonesia,” paparnya.

(kanan) Anya Geraldine, Aktris

Hal senada disampaikan oleh Anya Geraldine. Aktris cantik ini sangat antusias memperkenalkan produk lokal Indonesia di Paris Fashion Week 2022. Ia pun lebih fokus mempersiapkan kesehatannya agar bisa fit saat berangkat dan memamerkan koleksi fashion lokal di sana.

Pun begitu juga dengan Wendy Walters, Content Creator. Wanita ini mengaku sudah tidak sabar. “Koleksi yang bakal ditampilin keren-keren banget. Aku udah nggak sabar pengin cepat ke Paris Fashion Week 2022 dan cobain baju-bajunya untuk OOTD (Outfit of The Day),” ujarnya riang.

Ridwal Kamil, Gubernur Jawa Barat

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil. Ia menyambut positif sepak terjang produk fashion lokal asal Bandung 3Second dan Greenlight ke ajang Paris Fashion Week 2022. “Jangan lupa negara Indonesia adalah negara yang indah. Fashion lokal kita hendaknya memanfaatkan motif yang terinspirasi dari ragam etnik. Selera modern-nya harus ada unsur keragaman dari budaya Indonesia,” katanya.

Tak lupa Kang Emil menitip pesan kepada para pekerja seni dan konten kreator yang akan berangkat ke Paris Fashion Week. “Bikinlah para bule atau orang-orang Eropa sana terkesan dan takjub dengan produk lokal Indonesia. Dan kedua, bikin konten yang membuat audiens di Indonesia merasa bangga,” katanya.

Ariel Noah sendiri berharap, ke depannya ajang unjuk karya di Paris Fashion Week menjadi ajang rutinitas bagi merek lokal Indonesia. “Semoga nggak cuma terjadi sekali, tapi tiap tahun jadi rutinitas. Semoga semakin banyak produk-produk lokal lain yang berkarya dan menunjukkan koleksinya di luar sana. Dan, semoga lewat ajang internasional ini, membuat kita makin bangga menggunakan produk-produk brand lokal seperti 3Second dan Greenlight,” tutup Ariel.

Nantinya, Moms dan Dads bisa mengikuti seluruh kegiatan vakansi ke Paris di Paris Fashion Week 2022 ini lewat instagram @Its3second dan @itsgreenlight.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *