Kalian punya kakak yang baru lulus SMA? Di masa pandemi COVID-19 ini pasti juga bingung bagaimana nanti proses pendaftaran kuliahnya karena tidak bisa keluar rumah. Jangan khawatir! Kini ada aplikasi goKampus, lho.

Bapak Jaya Suteja Ph.D., Perwakilan Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Surabaya (UBAYA) menjelaskan bahwa akses perguruan tinggi untuk siswa-siswi yang diwajibkan tinggal di rumah, menjadi terkendala. Ia mengutarakan dua contoh kendala yang dialami pendaftar. “Pertama, kurangnya akses informasi dan konsultasi seputar perguruan tinggi yang diminati karena berhentinya acara sekolah, seperti pameran pendidikan. Kedua, sulitnya melengkapi dokumen sebagai syarat pendaftaran mahasiswa baru. Apalagi di tengah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), siswa kesulitan dalam mengirimkan rapor secara langsung,” ungkapnya.

Padahal, keberlangsungan jenjang pendidikan sangat krusial. “Penting bagi lulusan SMA atau sederajat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, sehingga generasi muda tetap meraih karir di masa depan yang lebih baik, sekalipun saat ini sedang dihadapkan dengan bencana nasional pandemi COVID-19,” ujar Dr. Gunardi Lie, S.H., M.H., Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara.

Memahami kendala ini, Universitas Tarumanagara (Untar), UBAYA, dan 150 kampus lainnya pun mengambil inisiatif mentransformasikan sistem pendaftaran memakai aplikasi mobile goKampus yang lebih mudah dan nyaman bagi calon mahasiswa.

Dengan goKampus, mahasiswa baru dari UNTAR dan UBAYA bisa mendaftar, mengelola status kemahasiswaan, sampai berkesempatan untuk mendapatkan dana pendidikan yang membantu meringankan biaya kuliah. Kemudahan yang dialami siswa pun mulai terasa. Contohnya, siswa cukup upload atau mengambil foto rapor, lalu akan diverifikasi melalui sistem goKampus. Siswa yang belum memiliki foto cetak 3×4 juga bisa mendaftar dengan menggunakan foto selfie di handphone. Semua hal ini dapat dilakukan secara instan  lewat aplikasi mobile goKampus.

“Bagi penyelenggara perguruan tinggi, tahun 2020 adalah tahun yang unik, di mana universitas dituntut beradaptasi dan harus tetap menjamin kelangsungan pendidikannya di tengah pandemi COVID-19 yang mendunia,” jelas Dr. Gunardi. “Oleh karena itu kepada generasi muda sebagai generasi Z yang selalu menghabiskan waktu dengan gadget-nya, pendaftaran mahasiswa baru melalui aplikasi mobile adalah satu-satunya solusi yang dapat dilakukan. Kami, Universitas Tarumanagara senang dapat bekerjasama dengan tim goKampus yang menyediakan solusi tersebut dan dalam waktu yang sangat cepat merespons kebutuhan generasi Z,” jelasnya lagi.

Satu fitur tambahan yang juga diluncurkan berbagai universitas bersama goKampus ialah Instant Approval, di mana calon mahasiswa yang mendaftar cukup upload rapor di aplikasi mobile, dan langsung  menerima keputusan penerimaan dari universitas melalui aplikasi goKampus dalam waktu satu jam, berbeda dengan cara biasa yang butuh waktu tunggu berminggu-minggu. Fitur Instant Approval juga memberikan manfaat tambahan yakni biaya pendaftaran gratis, sehingga calon mahasiswa tidak lagi diwajibkan membayar formulir pendaftaran untuk setiap submisi.

“Sistem Instant Approval ini merupakan transformasi digital yang konkret untuk pendaftaran kuliah paling cepat dan paling murah di Indonesia,” kata Kak Nathanael Santoso, CEO goKampus. “Ini adalah salah satu inisiatif kami agar semua siswa lulusan SMA SMK bisa mendapatkan akses perkuliahan dengan aplikasi mobile. Lewat goKampus, siswa bisa mendapatkan layanan perkuliahan digital mulai dari pendaftaran banyak  universitas hanya dalam satu kali proses, mendapat beasiswa, mengurus kegiatan kampus, sampai mendapat magang dan kerja setelah lulus kuliah,” ujarnya.

Selain Untar dan UBAYA, goKampus juga telah bekerja sama dengan lebih dari 150 kampus lainnya di Indonesia. “Dengan merangkul solusi teknologi dengan goKampus, pihak universitas juga ikut mendukung program pemerintah untuk mengurangi risiko penularan virus Corona, sebab semua proses, baik dari sisi siswa maupun universitas, dapat dilakukan secara mobile tanpa kontak fisik,” jelas Kak Nathanael.

Secara total, sudah lebih dari 140.000 siswa yang menggunakan fitur goKampus untuk berbagai keperluan kemahasiswaan. Fitur Instant Approval pun mendapat sambutan hangat di masa pandemi. Hingga kini, sudah lebih dari 4.000 siswa mendaftar kuliah menggunakan fitur Instant Approval lewat goKampus mobile app.

Pihak goKampus siap membantu semua perguruan tinggi Indonesia memberikan dampak nyata bagi mahasiswa baru dengan menyediakan kemudahan akses pendidikan lewat aplikasi mobile dan fitur Instant Approval. Pihak kampus yang tertarik bekerja sama bisa menghubungi goKampus lewat situs ini. goKampus dapat diakses, baik melalui situs desktop maupun aplikasi Android dan iOS.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *