Siapa bilang cuma Amerika Serikat saja yang punya Green Canyon? Kita juga punya, kok! Tepatnya di desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Jika berkendara, kita butuh waktu 45 menit dari Pangandaran menuju dermaga Ciseureuh.

Nah, dari dermaga, ada perahu yang akan mengantarkan kita ke Cukang Taneuh alias Green Canyon. Cukup membayar Rp 75 ribu – 100 ribu per orang kepada si pemilik perahu. Jarak dari dermaga ke Cukang Taneuh sekitar 3 km, ya hampir 45 menit lah kita berada di dalam perahu.

Indahnya Tebing dan Sungai

Sepanjang perjalanan, mata kita akan dimanjakan dengan indahnya pepohonan di tepi sungai. Kadang-kadang, ada ular dan kadal yang melompat ke dalam sungai.

Kalau perahu sudah melambat, bersiaplah, karena kita sudah sampai! Tebing tinggi kembar di tiap sisi sungai berhiaskan stalagtit dan stalagmit atau bebatuan yang biasa menggantung di tebing dan goa. Oh iya, kenapa disebut Cukang Taneuh, karena di bagian atas sungai ada jembatan yang terbuat dari tanah. Penduduk setempat biasa menggunakan jembatan tersebut untuk pergi berkebun.

Selain pemandangan tebing, sungai yang jernih benar-benar bikin kita betah berlama-lama di sini. Kalau kamu berani, boleh lho berenang di sungai dengan menggunakan ban pelampung yang sudah disediakan. Byuuuur… Segar!

Yang Khas dari Kabupaten Pangandaran

Ibukota                            : Parigi

Bahasa daerah               : Sunda campur Jawa

Kesenian tradisional    : Ronggeng Gunung, Kuda Lumping (Ebeg), Seni Kentongan, Rengkong, Wayang Golek, Wayang Kulit, Sintren

Rumah adat                   : Kasepuhan

 

 

 

Teks : JFK      Foto : Istimewa

  

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *