Moms, sehabis berbelanja, pasti ada saja sampah yang terkumpul, bukan? Entah itu kardus, kemasan minuman/makanan, plastik, dan sebagainya. Apa nih Moms yang sudah dilakukan, apa langsung dibuang begitu saja?

Ups, tahan dulu, deh, Moms. Kita bisa loh menghasilkan uang dari sampah-sampah yang terkumpul di rumah untuk didaur ulang, misalnya saja dari kardus bekas atau kemasan karton makanan/minuman, botol plastik, dan sebagainya. Asyiknya lagi, Moms bisa banget melakukan hal ini bersama si kecil, hitung-hitung dia belajar menghasilkan uang sendiri, loh! Dengan begitu, keluarga Moms sudah ikut berpartisipasi dalam mencintai bumi dan melestarikan lingkungan.

Hal ini lah yang sedang digencarkan oleh SIG, penyedia sistem dan solusi kemasan karton aseptik terdepan. Menjalin kerja sama dengan aplikasi Duitin (Daur Ulang Itu Ini), SIG mengumumkan inisiatif terbaru dari kampanye Way Beyond Good, yaitu gerakan yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah. Bersama-sama, mereka mengajak keluarga Indonesia untuk memulai kebiasaan baru yang baik untuk lingkungan, memilah dan mengumpulkan sampah untuk kemudian didaur ulang.

Di Indonesia sendiri, SIG telah menjalankan berbagai kegiatan Way Beyond Good, di antaranya: bekerja sama dengan Frisian Flag untuk mengumpulkan kemasan karton susu bekas di Farmers Market dan Lion Super Indo supermarket; mengumpulkan dan mendaur ulang sampah kemasan karton bekas di pabrik Sambu Group; program pengumpulan kemasan karton bekas dari 300 perumahan di Jabodetabek; kampanye media sosial melalui akun Instagram @SIG.ID.WayBeyondGood; dan sekarang berkolaborasi dengan Duitin.

“Selama beberapa tahun terakhir, SIG telah menjalankan berbagai kegiatan Way Beyond Good di Indonesia sebagai bagian dari misi kami untuk menjadi perusahaan net positive, perusahaan yang mengembalikan lebih banyak dari yang kami ambil dari lingkungan. Kerja sama terbaru SIG dengan Duitin menawarkan siklus daur ulang yang lengkap – kita belajar untuk memulai kebiasan baik yaitu memilah dan melipat kemasan karton bekas, yang sekarang bisa dikumpulkan melalui aplikasi Duitin untuk kemudian bisa didaur ulang menjadi barang yang berguna. Selain itu, pengguna Duitin juga bisa mendapat reward jika mengumpulkan kemasan karton bekas mereka,” ujar Noer Wellington, Head of Market Indonesia, Malaysia, and Philippines, SIG Combibloc Indonesia pada acara media virtual, Jumat (15/10) di Jakarta.

Noer Wellington, Head of Market Indonesia, Malaysia, and Philippines, SIG Combibloc Indonesia

Ia menambahkan, SIG dan Duitin mengajak keluarga Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Way Beyond Good untuk bersama-sama menciptakan generasi Way Beyond Good. “Merupakan hal yang penting bagi kita untuk menjaga lingkungan yang akan menjadi tempat tinggal untuk anak-anak kita, dan sama pentingnya bagi orang tua untuk mengajarkan anak-anak seputar cara melestarikan lingkungan. Karena itu lah kami mengajak orangtua untuk menanamkan kebiasaan baik bagi anak-anak, yang bisa dilakukan sesederhana memilah dan mengumpulkan sampah di rumah dengan harapan kebiasaan yang baik akan terus dilakukan hingga mereka dewasa kelak. Ini lah yang kami maksud dengan generasi Way Beyond Good – generasi yang memiliki kebiasaan baik memilah dan mengumpulkan sampah pada tempatnya untuk kemudian bisa didaur-ulang oleh pihak yang tepat,” katanya.

Sebagai bentuk kerjasama, salah satu inisiatif yang dijalankan adalah kompetisi di Instagram yang mengajak keluarga Indonesia untuk memulai kebiasaan baru di rumah dengan memilah dan melipat kemasan karton bekas lalu mengumpulkannya, yang kemudian mengorder penjemputan sampah daur ulang menggunakan aplikasi Duitin. Mekanisme kompetisi tersebut dapat dilihat di akun Instagram @SIG.ID.WayBeyondGood.

“Duitin sangat bangga bisa berkolaborasi dengan SIG dalam melaksanakan kegiatan Way Beyond Good. Duitin dan SIG memiliki visi dan misi yang setara untuk melestarikan lingkungan bagi generasi mendatang. Saat ini telah tersedia layanan untuk mengumpulkan dan mendaur ulang kemasan karton bekas yang dulu mungkin langsung dibuang tanpa dipilah dan tanpa tujuan yang jelas. Selain ikut melestarikan lingkungan, teman-teman yang akan mengumpulkan kemasan karton bekas ke melalui aplikasi Duitin akan menemui sebuah pengalaman baru, bertemu dengan para Duitin Picker yang selama ini belum pernah dirasakan. Sektor informal yang selama ini masih belum terlihat, namun mereka adalah bagian dari garda terdepan dalam dunia daur ulang di Indonesia. Kami berharap kegiatan ini akan memperoleh banyak dukungan dari keluarga di Indonesia, agar anak-anak pemilik masa depan, akan menjadi bagian dari generasi Way Beyond Good,” ujar Adijoyo Prakoso, COO and Co-Founder Duitin.

Selain melalui akun Instagram @SIG.ID.WayBeyondGood dan @duitin_id, kolaborasi antara SIG dan Duitin juga akan terlihat saat menggunakan aplikasi Duitin. Di aplikasi Duitin, pengguna bisa memilih kategori Kotak Multi Layer saat ingin mengumpulkan kemasan karton bekas yang sudah dipilah dan dilipat. Logo SIG pun akan terlihat saat kategori tersebut dipilih. Dengan berat minimal 3 kg, Duitin Picker akan datang untuk mengumpulkan kemasan karton bekas dan penggunapun akan mendapat insentif.

Adijoyo Prakoso, COO and Co-Founder Duitin

“Melalui kerja sama dengan Duitin, SIG berharap akan semakin banyak keluarga Indonesia yang menyadari pentingnya melestarikan lingkungan untuk generasi selanjutnya dan mulai mengambil langkah untuk memilah, melipat dan mengumpulkan kemasan karton bekas. Kami juga berharap para orang tua bisa membiasakan anak-anak untuk menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dan mempersiapkan mereka untuk menjadi generasi yang peduli dan bertindak untuk kelestarian lingkungan, generasi Way Beyond Good,” tutup Noer Wellington.

Nah, tunggu apalagi, Moms. Yuk, ajak si buah hati mengumpulkan, memilah dan ‘duitin’ sampah dari rumah untuk didaur ulang!

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *