Bagi seorang Christian Sugiono, rumah tinggal selain nyaman, juga harus efisien. Menurut aktor, pengusaha, sekaligus ayah dari 2 orang anak ini, sistem smart home bisa menjadi solusi yang bisa membantunya dalam meringankan pekerjaan sekaligus menghemat waktu.

Yups, istilah smart home alias hunian pintar, makin familiar di kalangan masyarakat, terutama bagi generasi Z maupun milenial yang hidup di perkotaan. Kalau dulu, smart home dianggap sangat mahal dan hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu saja karena harganya yang sangat mahal, kini tidak lagi. Smart home bisa diwujudkan oleh siapapun, dan alat-alat yang dibutuhkan pun bisa diperoleh dengan mudah secara online dan ramah di kantong, contohnya saja lampu pintar (smart light bulb), CCTV, robot vacuum, air purifier, storage box, dan sebagainya.

“Banyak orang mengira bahwa untuk mewujudkan smart home membutuhkan dana yang besar. Padahal pada kenyataannya, hunian pintar juga bisa diciptakan dari berbagai aspek, loh. Seperti di rumah saya sendiri misalnya, kami selalu menjaga barang-barang dan rumah tetap tersusun rapi dan bersih, juga memanfaatkan setiap ruangan yang ada di rumah dengan maksimal untuk mendukung aktivitas kami sehari-hari seperti untuk bekerja, belajar hingga berolahraga. Intinya, saya ingin memastikan bahwa semua penghuni bisa tinggal dengan nyaman di rumah. Dan dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini kita dapat dengan mudah menemukan banyak smart home appliances serta berbagai kebutuhan rumah lain dengan harga terjangkau di sekitar kita, seperti di Shopee,” ujar Christian Sugiono dalam acara BincangShopee 6.6 Rumah & Hobi Sale yang bertajuk Hunian Pintar Ramah Kantong, Selasa (24/05).

BincangShopee 6.6 Rumah & Hobi Sale menghadirkan dua pembicara yakni Christian Sugiono (atas) dan Revano Satria (bawah)

Diungkapkan oleh Revano Satria, Architect, di zaman serba modern ini, pengaplikasian sistem smart home di rumah menjadi semakin populer karena dianggap dapat memudahkan kehidupan serta kegiatan sehari-hari penghuninya. “Bukan hanya dari segi penggunaan perangkat teknologi yang mutakhir, sebuah rumah juga dapat dikatakan sebagai smart home ketika mengedepankan ketepatan desain, fungsionalitas dan juga pemilihan peralatan rumah tangga. Jadi, istilah konsep smart home itu sendiri adalah ketika secara keseluruhan sebuah rumah bisa menjadi hunian yang tidak hanya pintar secara teknologi yang dipakai, tetapi juga disaat yang bersamaan dapat menciptakan suasana bahagia dan mendorong produktivitas para penghuninya,” katanya.

Christian Sugiono sendiri mengaku, ada banyak sekali keuntungan yang ia dan keluarga dapatkan dengan sistem hunian pintar. Selain efisien, juga aman dan higienis. Ia mencontohkan, di rumahnya telah dipasang gorden pintar (smart curtain). “Jendela di rumah saya besar dan tinggi, panjang gorden bisa 7 meter. Kalau mau nurunin gorden secara manual, kan pegal ya. Jadi dengan sistem perintah suara (voice command), saya bisa otomatis menurunkan gorden tanpa capek, jadi sangat efisien,” katanya.

Tak hanya itu, sistem smart home juga bisa menunjang faktor kebersihan peralatan di rumahnya. Terutama di situasi pandemi yang menekankan kebersihan, hal ini sangat membantu. “Di kamar mandi umum di rumah saya, yang diperuntukkan untuk tamu, sudah memakai sistem smart closet, tutup closet bisa terbuka sendiri, flush juga otomatis, termasuk kran air. Jadi tamu nggak perlu pegang-pegang alat di kamar mandi rumah saya. Cukup higienis jadinya,” ujar Christian.

Dan, satu hal lagi yang sangat penting baginya dengan penerapan smart home adalah CCTV (Closed Circuit Television). Dengan kamera ini, Christian bisa mengetahui dan mengawasi anak-anaknya di rumah, walaupun ia berada jauh di luar rumah, dimana CCTV bisa ia pantau dari smartphone-nya. Meskipun Christian mempekerjakan security di rumahnya, dengan adanya CCTV,  ia merasa keamanan anak-anak ataupun rumahnya, lebih terawasi.

Christian mengatakan, alat-alat smart home tidak perlu mahal, cari sesuai kebutuhan dan pastikan berasal dari merek yang terpercaya.

Mewujudkan Hunian Pintar, Perhatikan Hal Ini!

Hal senada disampaikan oleh Revano Satria pada sesi workshop BincangShopee 6.6 Rumah & Hobi Sale. Ia menyampaikan, untuk mewujudkan hunian pintar berkualitas dengan harga terjangkau, harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pemilik rumah.

Revano berbagi 5 hal yang perlu diperhatikan, apa saja?

  1. Gali informasi tentang keunggulan konsep smart home

Sebelum Moms dan Dads memutuskan untuk ikut mengadopsi sistem smart home, pastikan telah memiliki informasi yang cukup mengenai konsep smart home itu sendiri. Terdapat beberapa keunggulan smart home yang bisa Moms manfaatkan, seperti sistem smart home dengan gadget nirkabel yang dapat menghemat tenaga dan waktu penghuni atau juga hunian pintar yang rapi dan tertata, sehingga konsep smart home yang Moms terapkan nantinya dapat mengakomodir segala kebutuhan dan memberikan kenyamanan yang maksimal bagi penghuni.

  1. Sesuaikan dengan budget

Sesuaikan dengan dana yang Moms dan Dads miliki. Setiap berbelanja, jangan lupa untuk melakukan komparasi harga antar barang. Saat ini, sudah tersedia ragam pilihan perangkat smart home dengan harga yang bervariasi dan sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Moms bisa menemukan berbagai perangkat dan keperluan smart home yang dibutuhkan di Shopee, seperti storage box, robot vacuum hingga smart door lock, dengan memanfaatkan ragam promo menarik di Shopee 6.6 Rumah & Hobi Sale.

  1. Cari tahu apa yang dibutuhkan

Ketahui bahwa tidak ada satu produk yang cocok untuk semua. Sebelum hendak membeli peralatan smart home untuk hunian Moms, terlebih dahulu tentukan apa saja yang dibutuhkan. Moms bisa tentukan ruangan mana yang ingin terlebih dahulu dilengkapi dengan smart home appliances, misal ruang tamu, kamar utama atau kamar anak, dan lain-lain. Selain itu, Moms juga bisa memilih perangkat yang hendak dibeli agar sesuai dengan desain area yang ada. Dengan ini, Moms akan semakin memiliki perencanaan serta alokasi dana yang matang untuk mewujudkan hunian pintar impianmu! 

  1. Pastikan peralatan smart home sesuai dengan tipe hunian

Pastikan peralatan smart home yang dibeli  sesuai dengan kondisi dan kapasitas rumah sehingga tidak mengganggu ruang dan fungsionalitas hunian. Pastikan juga perangkat yang hendak dibeli beli cocok dengan tipe hunian Anda. Misalnya, untuk konsep hunian minimalis, pilihlah perangkat dengan warna-warna sederhana agar hunian terkesan simple namun tetap elegan.

  1. Bandingkan fungsi dan kualitas dari peralatan smart home

Carilah produk dengan spesifikasi yang tepat dan harga yang pas serta berkualitas, sehingga dapat kamu gunakan untuk jangka waktu yang lama.

Bagaimana? Sudah siap membangun hunian pintar ramah kantong? Untuk pengalaman berbelanja perlengkapan smart home yang lebih efektif dan efisien, jangan lupa untuk menggunakan berbagai penawaran belanja menguntungkan selama kampanye Shopee 6.6 Rumah & Hobi Sale berlangsung antara lain, Gratis Ongkir Xtra, Serba 30RB dan Super Diskon dari 60%. Catat sekarang juga di kalender karena promo-promo menarik ini hanya akan tersedia mulai tanggal 16 Mei hingga 6 Juni 2022.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *