Kalau kamu pernah makan di restoran, coba intip dapurnya. Pasti ada orang-orang berpakaian serba putih dan topi panjang yang sedang memasak. Merekalah Chef, si juru masak.

Pasti banyak di antara kalian yang betah berlama-lama berada di dapur. Eits, bukan berlama-lama untuk menghabiskan masakan Bunda, lho. Tapi, mengolah bahan makanan menjadi masakan yang lezat.

Chef dari Perancis

Sebenarnya, kata ‘Chef’ berasal dari Perancis, yang artinya adalah pemimpin. Jadi, pada dasarnya penggunaan Chef itu nggak selalu di dunia masak-memasak alias kuliner. Namun, berhubung Perancis dikenal karena sejarah kulinernya, maka Chef lebih banyak digunakan untuk koki atau juru masak.

Pendidikan Tata Boga

Untuk menjadi seorang Chef, kita harus mengambil pendidikan jurusan tata boga, Kids. Ada Akademi Perhotelan atau Sekolah Tinggi Pariwisata yang menghadirkan jurusan tata boga. Namun, untuk mendapatkan gelar Chef, kita butuh pengalaman bertahun-tahun di restoran sebagai kepala juru masaknya.

Tingkatan Chef

Oh iya, Chef punya beberapa tingkatan, lho. Yang paling tinggi adalah Chef de Cuisine, di bawahnya berturut-turut; Sous Chef, Chef de Partie, Commis, dan Cook Helper. Nah, butuh waktu banyak untuk melewati tiap tingkatannya, kan?! Tapi, selama kita rajin dan tekun menjalani dunia memasak ini, pasti jabatan Chef de Cuisine akan lebih mudah didapat, deh. So, tertarik menjadi Chef?

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *