Jakarta, majalahjustforkids.com – Bertempat di lapangan Tibi Futsal Jakarta Selatan, sebanyak sembilan siswa dari SD Hang Tuah 3 Jakarta yang tergabung dalam Jaguar Club, mengikuti Try In (Sparing) taekwondo pada hari Minggu (4/22) lalu yang diselenggarakan TC AJ Jaguar Club. Menariknya, kesembilan siswa tersebut keluar sebagai pemenang bahkan salah seorang diantaranya berhasil merebut gelar atlet terbaik.

Menurut Kepala Sekolah SD Hang Tuah 3 Jakarta Ibu Purwatiningsih, S.Pd, ekskul taekwondo di sekolahnya memang cukup menonjol dan banyak menyumbang medali emas. Disamping untuk menjaga kesehatan fisik, menyalurkan bakat, dan melatih kepercayaan diri, prestasi yang ditorehkan juga bisa membawa siswa bersangkutan lolos ke sekolah negeri yang dituju. “Banyak diantara atlet kami yang masuk SMP negeri lewat prestasinya di taekwondo,” kata Ibu Purwatiningsih.

Nantinya, lanjutnya, para pemenang ini akan diikuti pendalaman dan diarahkan untuk mengikuti kejuaran tingkat nasional. Uniknya, siswa yang berhasil membawa pulang gelar Juara pertama sekaligus atlet terbaik baru duduk di kelas satu. “Aku masuk taekwondo karena pengen berani dan percaya diri,” ujar Dega Ukail Ahnaf Pamungkas yang bercita-cita menjadi atlet nasional taekwondo ini.

Selain melatih kepercayaan diri, Alby Vyandi Erlangga mengaku, taekwondo juga memupuk rasa keberanian dirinya dan mengasah kemandirian. “Aku lebih suka taekwondo dibanding ekskul yang lain, aku jadi lebih berani,” papar bocah kelas satu yang meraih juara ketiga ini dan mendapat medali perak di Kejuaraan Nasional Kapolri Cup November silam.

Dari segi kesehatan, olahraga taekwondo melatih perkembangan fisik dasar anak yang dibutuhkan, lewat gerakan melompat, menendang, memukul, dan juga melatih kelenturan tubuh anak. “Saat menendang misalnya, anak butuh menjaga keseimbangan dan ini juga melatih otot tungkai,” beber dr. Michael Triangto, Sp.KO.

Lebih jauh, latihan taekwondo bermanfaat menjaga kesehatan kardiovaskular, meningkatkan kekuatan otot, termasuk fleksibiltas dan mobilitas anak. Tak sebatas itu, taekwondo juga melatih perkembangan sosial dan mental anak. “Lewat taekwondo anak bisa melatih sportifitas dalam mengikuti perlombaan, bagaimana ia menerima kekalahan dan merespon kemenangan. Intinya melatih diri agar dapat berkembang lebih baik. Anak juga diharapkan bisa belajar bersosialisasi. Lawannya dalam bertanding adalah temannya di luar pertandingan,” jelas dokter yang praktik di RS Mitra Keluarga Kemayoran ini.

Berikut adalah para siswa SD Hang Tuah 3 yang menjadi pemenang dalam pertandingan yang diikuti sekira 60 peserta yang tergabung dalam Jaguar Club. Dega Ukail Ahnaf Pamungkas : Juara 1 dan atlet terbaik, Arigo Van Tweederaul : Juara 2, Bilqis Syaqira Alifiana P : Juara 2, Nadhira Jasmine : Juara 2, Muhammad Aryasatya : Juara 2, Alby Vyandi Erlangga: Juara 3, Clarisya Angelica Ina Pratiwi : Juara 3, Abinaya Akbar George Eboh : Juara 3, dan Bimo Khaleev Dariodana : Juara 4.
Kalian mau menjadi juara seperti mereka juga Kids? Jangan malas berlatih ya.

(Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *