Untuk ke-enam kalinya, PermataBank kembali melantik “Duta Menabung”. Kali ini, PermataBank mengangkat 100 “Duta Menabung” yang berasal dari 10 SD dan SLB di Jakarta, Tangerang, dan Bandung. PermataBankir Cilik adalah sebuah program edukasi literasi keuangan untuk siswa/i usia sekolah dasar (SD) dan sekolah dasar luar biasa (SDLB). Berlangsung selama tiga bulan dan di akhir program, para siswa/i tersebut dinobatkan sebagai “Duta Menabung”.

Setelah mengikuti berbagai program PermataBankir Cilik, mereka diharapkan dapat menebarkan inspirasi menabung dan mengatur keuangan yang mereka pelajari, kepada teman-teman dan lingkungan sekitar mereka masing-masing.

Sarjito, Deputi Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen

“Kami mengapresiasi langkah PermataBank melalui PermataBankir Cilik untuk membantu menyebarluaskan pengetahuan literasi keuangan dan kebiasaan menabung sejak usia dini. Menyisihkan uang untuk menabung adalah salah satu konsep dasar pengelolaan keuangan yang akan sangat bermanfaat jika dibawa oleh anak-anak sampai usia dewasa. Tentu kami berharap mereka dapat melanjutkan kebiasaan ini dan mengajak teman-teman sebaya mereka untuk melakukan hal yang sama,” ujar Bapak Sarjito, Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Materi Pembelajaran

Selama 3 bulan, dari bulan Oktober hingga bulan Desember 2020, program PermataBankir Cilik memberikan materi pembelajaran dengan modul yang menarik dan interaktif. Dimulai dengan kelas-kelas panduan menabung, dilanjutkan dengan membuat jurnal keuangan selama 30 hari, simulasi pengelolaan uang, serta virtual tour ke Museum Bank Indonesia (BI) dan kantor cabang PermataBank di Jakarta.

Modul yang diajarkan sebagian besar disusun oleh tim ahli PermataBank yang dilengkapi dengan beberapa materi yang didapatkan dari OJK. Para peserta juga belajar mengikuti workshop membuat cerpen dan story telling dengan tema menabung. Penyelenggaraan PermataBankir Cilik kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena seluruh kegiatan dilakukan secara online.

Dhien Tjahajani, Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank

Ibu Dhien Tjahajani, Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank mengatakan, “Saya sangat senang dapat menjalankan kegiatan tahunan PermataBankir Cilik walau tidak dapat bertemu secara langsung. Saya memberikan selamat kepada adik-adik PermataBankir Cilik yang telah dinobatkan menjadi Duta Menabung, setelah sebelumnya menjalani program selama tiga bulan terakhir. Kami berharap program PermataBankir Cilik 2020 dapat membantu membentuk karakter anak Indonesia yang disiplin dan bertanggung jawab dan kami meminta para Duta Menabung untuk meneruskan kebiasaan baik ini serta menginspirasi lingkungan sekitar mereka.”

Bermitra dengan Pibo

PermataHati bermitra dengan Pibo, sebuah platform digital kepustakaan anak, untuk mengembangkan modul literasi digital PermataBankir Cilik 2020. Peserta PermataBankir Cilik mengikuti berbagai modul secara digital, termasuk Modul Finansial (MODAL) PermataHati yang kini juga dapat diakses oleh seluruh anak Indonesia melalui platform Pibo.

Aisha Habir, Co Founder Pibo

Ibu Aisha Habir, Co-Founder Pibo pun menyatakan dukungannya, “Kami sangat berterima kasih telah diberi kepercayaan oleh PermataBank untuk membantu program PermataBankir Cilik untuk tahun kedua. Saat ini gadget sudah seperti teman baik bagi anak-anak. Hal ini kami manfaatkan untuk ikut memperluas dampak positif dari PermataBankir Cilik, tak hanya ke sekolah binaan tetapi juga ke masyarakat luas. Kami berharap mereka akan dapat lebih mudah menguasai literasi keuangan melalui berbagai macam MODAL PermataHati yang tersedia dalam platform Pibo.”

Lebih dari 500 Duta Menabung 

Dr. Ridha D. M. Wirakusumah, Direktur Utama PermataBank

Sejak tahun 2015, PermataBankir Cilik telah mencetak lebih dari 500 Duta Menabung. Program PermataBankir Cilik 2020 ini merupakan bagian dari PermataHati, dengan melibatkan karyawan sebagai sukarelawan – Employee Volunteers (EVO). Para sukarelawan turut mengawal kesuksesan acara, mulai dari proses pre-seleksi, penyusunan jurnal keuangan, workshop, serta wisuda peserta PermataBankir Cilik.

“Menabung bisa dari hadiah Kakek, Nenek, Om, Tante, atau lainnya. Bawalah kebiasaan baik ini sampai dewasa. Walau tahun ini kita tidak bisa bertemu langsung, tapi bersyukur kita masih bisa menjalankan acara ini lewat virtual online. Teruslah bersemangat dan jadilah Duta Menabung yang bisa menginspirasi dan mencerahkan kalian semua dan bangsa Indonesia,” pesan Bapak Dr. Ridha D. M. Wirakusumah, Direktur Utama PermataBank.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *