Kids pasti suka bercermin saat memakai seragam sekolah. Nah, cermin yang satu ini sangat unik, lho! Kids pasti akan merasa takjub jika melihatnya langsung!

Cermin ini disebut sebagai cermin raksasa. Dimiliki oleh masyarakat Bolivia, tepatnya di dekat puncak pegunungan Andes. Cermin raksasa ini dinamakan Salar de Uyuni. Berukuran 10.582 kilometer.

Salar de Uyuni merupakan gurun garam terluas di dunia. Terbentuk dari beberapa danau prasejarah. Kenapa dikatakan prasejarah? Karena terbentuk sejak sekitar 3.000 – 42.000 tahun yang lalu.

Cermin Berair

Kalau teman-teman berada di atas gurun ini, tidak akan jatuh, lho! Walaupun gurun ini terlihat seperti berada di atas cermin berair.

Fenomena alam ini terjadi karena proses alamiah dari pantulan sinar matahari di atas hamparan gurun garam yang tercetak rata. Saat-saat tertentu setelah hujan, di atas gurun tersebut akan terbentuk lapisan air tipis. Nah, siang hari saat ada matahari, teman-teman akan melihat pantulan langit beserta lukisan awan yang sangat menakjubkan! Layaknya seperti langit yang sedang bercermin!

Efek cermin inilah yang menjadikan dataran dari gurun Salar de Uyuni ini menjadi cermin terbesar di dunia. Kids, pasti tertarik untuk melihat langsung cermin raksasa dan merasakan fenomena alam ini kan?

 

Teks: JFK     Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *