Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 1945 merupakan peristiwa yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, Kids. Tapi, dibalik kisah-kisah keberanian para pahlawan dalam merebut kemerdekaan, ada juga kisah-kisah unik yang tersimpan, lho. Simak sama-sama, yuk!

  1. Pembacaan proklamasi kemerdekaan jatuh pada hari Jum’at di bulan Ramadhan 1364 H.
  2. Saat perumusan dan pembacaan proklamasi, Ir. Soekarno dalam kondisi sakit malaria dan demam tinggi. Namun, beliau tetap semangat bersama para pejuang lainnya untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
  3. Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih adalah bendera resmi pertama bagi RI. Akan tetapi, dari apakah bendera sakral itu dibuat? Warna putihnya dari kain sprei tempat tidur dan warna merahnya dari kain tukang soto!
  4. Tiang bendera saat bendera pusaka pertama kali dikibarkan, terbuat dari bahan yang sangat sederhana, yaitu sebuah bambu.
  5. Draf naskah proklamasi yang ditulis oleh Bung Karno ternyata tidak disimpan oleh pemerintah kala itu. Setelah diketik oleh Sayuti Melik, draf tersebut langsung dibuang. Kemudian, seorang wartawan, BM Diah, menemukannya di tempat sampah di rumah Laksamana Maeda dan menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari. Baru pada 29 Mei 1992, ia menyerahkan draf tersebut pada Presiden Soeharto.
  6. Semua dokumentasi peristiwa proklamasi berupa foto disita oleh Jepang. Namun, Frans Mendoer (seorang wartawan) menyimpan negatif film miliknya di bawah sebuah pohon di halaman kantor harian Asia Raja. Setelah Jepang pergi dari Indonesia, barulah negatif film tersebut dicetak.

 

 

 

Teks: JFK    Ilustrasi: JFK

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *