Cerita Digital Savvy Meriahkan Ulang Tahun Jenius yang Keempat

Agustus 2020 ini, Jenius, solusi  life finance bagi masyarakat digital savvy, genap berusia empat tahun. Sebagai pelopor layanan perbankan digital di Indonesia, Jenius terus bertumbuh dan berkembang bersama masyarakat digital savvy yang mereka sebut dengan Teman Jenius. Yang selama ini didominasi oleh generasi Z dan milenial.

Di usia ke-4 ini, tentu ada banyak cerita yang mereka torehkan. Tak hanya dari sisi Jenius sendiri, melainkan juga penggunanya para digital savvy.

Berkat cerita dari masyarakat digital savvy, pada Juni 2020, diungkapkan oleh Irwan S. Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN, lebih dari 2.7 juta orang telah bergabung menjadi pengguna Jenius. Tak hanya itu, tercatat sudah lebih dari Rp 10 triliun saldo simpanan (Dana Pihak Ketiga) di Jenius, serta 20 inovasi dan fitur revolusioner telah diluncurkan.

Proses kokreasi dan kolaborasi sangat penting bagi Jenius. Dengan semangat tersebut, Jenius terus tumbuh dan semakin relevan dengan kebutuhan digital savvy. Hingga kini, telah ada lebih dari 19.000 co.creator yang telah bergabung dan berbagi cerita melalui web cocreate.id. Selain itu, lebih dari 1 juta suara dan cerita telah disampaikan untuk pengembangan fitur dan layanan di Jenius. Suara mereka tersampaikan melalui berbagai platform, termasuk pada web cocreate.id, survei online, focus group discussion, dan in-depth interview yang melibatkan lebih dari 40.000 digital savvy Indonesia yang terdiri dari pengguna dan non-pengguna Jenius.

Nah, terinspirasi cerita digital savvy dan capaian selama ini, Jenius mengusung program #ceritajenius di ulang tahunnya yang keempat.Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungannya selama empat tahun ini. Cerita dari masyarakat digital savvy menjadi inspirasi dan semangat kami untuk menghadirkan inovasi solusi life finance yang dapat membantu mengelola kehidupan dan finansial mereka dengan lebih simpel, cerdas, dan aman,” ujar Irwan pada acara perayaan ulang tahun Jenius ke-4 secara virtual.

Fathia Izzati, seorang musisi dan content creator, juga turut memeriahkan ulang tahun  Jenius. Pada kesempatan itu, ia berbagi cerita awalnya menjadi teman Jenius. “Sudah lebih dari 3 tahun saya menjadi nasabah Jenius. Selama ini saya terbantukan sekali dengan fitur-fitur yang ada. Transaksi menjadi mudah dan nyaman,” katanya.

Awal ketertarikan Fathia dimulai sejak ia mengetahui kemudahan mengirim uang dengan fitur $Cashtag dan juga Split Bill. Berbagai kemudahan menggunakan Jenius semakin ia rasakan dalam mendukung profesinya sebagai musisi dan content creator yang mengharuskan dirinya memproduksi berbagai macam materi visual dan konten digital berlangganan, hingga mudahnya berbelanja online dengan menggunakan e-Card.

“Fitur-fitur di Jenius sangat mempermudah dan membantu kehidupan saya. Mulai dari transaksi sampai menabung dapat dilakukan dengan cara yang simpel dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya, karena semuanya dapat diakses lewat aplikasi. Berkat Dream Saver, saya bisa menjelajahi Jepang dan New York. Selama perjalanan tersebut, saya juga semakin dimudahkan dengan adanya fitur Kartu Debit Visa Jenius yang dilengkapi teknologi Visa Contactless dan dapat dihubungkan dengan Pilihan Saldo Mata Uang Asing. Lebih serunya lagi, aktivitas finansial kita dapat dimonitor dan dikontrol langsung melalui aplikasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Fathia juga menceritakan pengalamannya dalam mengelola keuangan selama masa pandemi ini. “Sebelum pandemi biasanya banyak pengeluaran untuk shopping atau sekadar nongkrong sambil minum kopi di kafe. Namun dengan situasi sekarang, saya mulai mengurangi pengeluaran yang kurang penting, menabung lebih banyak, serta menyiapkan dana darurat. Saya sangat terbantu dengan adanya fitur Save It di Jenius, sehingga saya bisa menggunakan Flexi Saver, Dream Saver, atau pun Maxi Saver untuk menabung,” ungkap Fathia.

Terkait pandemi, Irwan mengungkapkan ada sedikit pergantian nasabah. Meskipun didominasi oleh gen Z dan milenial, ternyata terdapat pertambahan pengguna baru di luar range usia tersebut. “Justru di masa pandemi ini, kami melihat banyak pengguna baru berasal dari kalangan masyarakat yang lebih mature, bahkan di atas usia 70 tahun, yang dulu mereka melakukan transaksi perbankan secara konvensional, sekarang beralih ke digital,” katanya.

Kondisi ini dipandang sangat relevan dengan keadaan pandemi sekarang yang membuat masyarakat lebih berhati-hati untuk beraktivitas di luar. “Mereka dipermudahkan, sebab untuk membuat akun Jenius tidak perlu datang langsung ke kantor cabang seperti bank pada umumnya. Tinggal unduh aplikasi dan mendaftar, maka pengguna bisa merasakan ragam kemudahan layanan perbankan,” ujarnya.

Perayaan ulang tahun keempat Jenius semakin semarak dengan adanya kolaborasi bersama pelaku industri kreatif lokal, Rakhmat Jaka Perkasa (@rakhmatjaka) yang menghadirkan sederet desain eksklusif bertema kemeriahan ulang tahun. Desain tersebut dihadirkan melalui stiker GIF di Instagram dan merchandise eksklusif yang akan dibagikan kepada digital savvy melalui berbagai rangkaian kegiatan seru. Selain itu, perayaan ulang tahun Jenius juga hadir melalui kelas online, kompetisi blog, karaoke online, kompetisi di media sosial, penulis tamu pada artikel di Jenius.com, program BirthYay, apresiasi kepada teman Jenius pada Hari Pelanggan Nasional yang akan dilaksanakan pada 4 September 2020 serentak di seluruh booth Jenius, serta berbagai program dan kegiatan seru lainnya.

Foto: dok. Jenius

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *