Celepuk Jawa, binatang unik yang satu ini merupakan salah satu species burung hantu berwajah cantik. Dikenal juga dengan Burung Hantu Putih/Serak Jawa/Celepuk Putih/Burung Hantu Muka Monyet/Burung Hantu Jerami/Burung Hantu Cantik. Burung ini memiliki nama species Tyto alba. Tyto merupakan nama genus dari burung unik bermuka cantik, sedangkan alba memiliki arti warna badannya yang putih.

Celepuk Putih ini termasuk jenis celepuk berbadan besar. Saat dewasa, panjang badannya bisa mencapai 32-40 cm. Burung ini mudah dikenali karena memiliki paras wajah dan warna bulu yang berbeda dengan jenis celepuk lainnya. Wajahnya berbentuk jantung berwarna putih dengan tepiannya berwarna cokelat emas. Sepasang matanya juga menghadap ke depan.

 

Keunikan Lain

Keunikan lain dari burung ini yaitu; indera penglihatannya yang sangat peka sehingga dapat beradaptasi pada intensitas cahaya yang sangat rendah. Indera pendengarannya pun sangat peka dan bisa langsung mengarah pada sumber bunyi dimana mangsa berada, sekalipun dalam kondisi gelap gulita.

 

Membantu Petani

Makanan utama Tyto alba adalah mamalia tanah kecil seperti; hewan pengerat (tikus). Tak heran jika Tyto alba banyak dipelihara oleh petani untuk mengusir tikus-tikus yang merusak tanaman mereka.

Sebagai hewan nocturnal, Celepuk Jawa ini memulai perburuan sesaat setelah senja dan dua jam menjelang fajar. Habitat hidupnya ada di pohon-pohon di hutan, bangunan tua, tepi hutan, pekarangan, dan tanaman-tanaman kota besar dengan ketinggian hingga 1.600 meter di atas permukaan laut.

Populasi burung unik ini dapat ditemui di seluruh benua, kecuali antartika. Jadi, tidak susah kalau teman-teman ingin melihatnya. Namun syaratnya, harus pada malam hari ya.

 

Teks: JFK     Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *