Apa Kamu pernah melihat permukaan bola golf? Kalau belum, coba tanya dan pinjam bola golf milik ayahmu. Perhatikan permukaan bola golf tersebut. Ya, permukaan bola golf memang tidak rata seperti halnya bola pingpong atau bola lainnya. Ada banyak cekungan menjorok ke dalam. Ternyata cekungan tersebut bukan cuma jadi penghias semata, lho. Ternyata ada manfaat dari cekungan yang banyak itu.

Manfaatnya adalah supaya jarak yang ditempuh setelah dipukul, menjadi lebih jauh. Mmm.. Masih bingung juga?! Begini nih penjelasannya. Menurut perancang bola golf, permukaan yang datar atau halus hanya akan terlontar paling jauh sekitar 119 meter. Nah, bila bola tersebut ditambah dengan cekungan-cekungan, maka bola golf akan terlontar 2 kali lipat jauhnya. Cekungan tersebut berguna untuk mengurangi daya hambat udara. Sehingga hambatan udara yang berkurang itu akan membuat bola golf lebih jauh terlempar.

Pada bola golf yang halus, aliran udara di sebelah bola (boundary layer) sangatlah halus. Sehingga gaya geseknya sangat besar dan menghambat kecepatan bola. Sebaliknya, pada bola yang memiliki banyak cekungan, aliran udara akan terpisah lebih lambat dibandingkan dengan bola yang halus. Gaya geseknya pun semakin kecil. Akibatnya, kecepatan bola menjadi lebih cepat. Jadi, jangan heran bila atlet golf terkenal seperti Tiger Woods bisa memukul jauh bola golfnya. Bola pun terbang tinggi dan jatuh di dekat lubang atau bahkan langsung masuk ke dalam lubang yang jaraknya mencapai ratusan meter. (JFK/DRW Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *