Cegah Stunting, 1000 Days Fund Pasang 12.000 Poster Tinggi Badan di 22 Pulau Indonesia

Stunting masih menjadi masalah serius di Indonesia. Tahukah Moms, sebanyak 31 persen atau 9 juta anak-anak di Indonesia menderita stunting, lho! Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara yang biasa diasosiasikan dengan masalah stunting, seperti Sudan Selatan, Comoros, dan Liberia.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Sungguh sayang bukan, jika anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa, banyak yang alami stunting?

Mengingat stunting masih menjadi kondisi krisis di Indonesia,1000 Days Fund, organisasi non-profit yang berfokus pada peningkatan kesehatan ibu dan bayi bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan, melakukan upaya pencegahan dengan memperluas edukasi mengenai stunting.

Mereka membagikan 12.000 poster tinggi badan ke 22 pulau di Indonesia, mayoritas di daerah NTT (Nusa Tenggara Timur). Ya, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018), NTT memiliki angka prevalensi stunting tertinggi yaitu sebesar 43 persen.

Media dathering 1000 Days Fund cegah stunting dengan distribusikan 12.000 poster edukasi di rumah-rumah penduduk di 22 pulau

“Stunting ini bukan sekedar masalah kesehatan dan gizi saja, walaupun utamanya memang kedua hal itu. Stunting juga berhubungan erat dengan masalah kebersihan dan sanitasi, pola asuh, literasi ibu terkait tumbuh kembang balita serta pola hidup sehari-hari. Karena itu, penanggulangan stunting harus dimulai dari tingkat rumah tangga,” ujar dr. Siswanto, MHP, DTM, Kepala Badan Litbang Kesehatan dari Kementerian Kesehatan pada acara media diskusi membahas stunting yang digelar oleh 1000 Days Fund di Grand Indonesia, Jakarta (10/02/20).

Upaya yang sudah dilakukan dalam ranah rumah tangga ini, salah satunya dari 1000 Days Fund. Selama tahun 2019, organisasi ini telah berhasil mendistribusikan 12.000 poster tinggi badan di 22 pulau di Indonesia. Ada sebanyak 12.000 keluarga yang memiliki anak dengan usia di bawah dua tahun, telah memasang poster tinggi badan yang sarat akan informasi bermanfaat.

Pendekatan 1000 Days Fund ini terinspirasi dari penelitian yang didanai Gates Foundation di Zambia yang menemukan bahwa poster tinggi badan dapat menurunkan prevalensi stunting sebanyak 22% di antara anak-anak yang sudah terkena stunting.

“12.000 poster tinggi badan adalah sebuah pencapaian yang penting bagi 1000 Days Fund, Ini merupakan awal yang baik dan kami terus berkomitmen untuk melakukan berbagai intervensi dalam upaya pencegahan stunting di Indonesia,“ kata Valerie Krisni, Outreach Coordinator dari 1000 Days Fund.

Poster tinggi badan dari 1000 Days Fund mampu membantu orang tua dan pengasuh memvisualisasikan pertumbuhan anak, status pertumbuhan anak, dan target tinggi badan anak untuk usianya.

Dengan poster edukasi mengenai stunting, orangtua bisa memantau tinggi badan si kecil berdasarkan perkembangan usianya

Poster tinggi badan ini didesain “oleh ibu untuk ibu” melalui serangkaian sesi diskusi grup terarah/focus group discussion yang diadakan di 16 pulau dan desa urban dan rural di Indonesia. Poster ini juga memuat cara-cara yang mudah diikuti para orangtua dan pengasuh tentang perilaku dan pola asuh yang optimal dalam 1000 hari pertama kehidupan anak yang dimulai sejak dalam kandungan.

Selain itu, 1000 Days Fund juga memberikan pengembangan dan peningkatan kapasitas para kader Posyandu melalui program pelatihan dan pendampingan yang berkesinambungan. Sebanyak 250 kader Posyandu telah mengikuti rangkaian pelatihan dan program pendampingan khusus tentang stunting.

“Para kader menjadi salah satu ujung tombak melawan stunting di Indonesia. Mereka perlu memiliki pengetahuan yang mumpuni agar bisa meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya melawan stunting di berbagai daerah di Indonesia,” kata Ibu Valerie.

Selain dalam bentuk poster, 1000 Days Fund juga mendistribusikan selimut cerdas untuk memantau perkembangan tinggi badan bayi yang masih belum bisa berdiri

Dilanjutkannya, target pencapaian di tahun 2020 adalah untuk mendistribusikan 20.000 – 50.000 poster tinggi badan dan melatih 1.000 kader. Selama bulan Februari – Juli 2020 ini, 1000 Days Fund bersama dengan tim dari Bank Dunia akan melakukan melakukan pilot project untuk mendistribusikan poster tinggi badan di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di pulau Rinca, pulau Messah, dan pulau Komodo.

Selama itu, mereka akan mengunjungi 159 rumah untuk memasang poster tinggi badan. Berlokasi di 3 desa di 3 pulau berbeda, serta melatih 22 kader dan tenaga kesehatan (nakes) melalui lokakarya interaktif tentang stunting, faktor penyebab, dan pentingnya 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK).

“Pendistribusian poster tinggi badan, jika dilakukan secara massal, dapat memangkas angka stunting hingga 22%,” tutup Valerie.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *