Kalian kalau cuci tangan, sebelum atau sesudah makan, Kids? Kebanyakan dari kita, baru mencuci tangan setelah makan. Padahal yang benar adalah, baik sebelum maupun sesudah makan, kita wajib mencuci tangan! Karena dengan rutin mencuci tangan, dapat mencegah penyakit masuk ke tubuh kita.

Ada tiga jenis penyakit yang paling banyak menjangkiti anak-anak, yaitu infeksi saluran napas (ISPA) seperti batuk pilek, diare, dan penyakit kulit (Impetigo dan scabies /kutu kulit). Menurut dr. Mulia Suryandari, MKM., dokter Puskesmas Kecamatan Penjaringan-Jakarta Utara, Koordinator P2P, baik ISPA, diare, dan penyakit kulit, sangat berkaitan dengan kebersihan. “Maka dari itu, rajin-rajinlah mencuci tangan dan mandi dua kali sehari,” tegasnya saat dijumpai dalam diskusi dan sosialisasi Kampanye Sleek Baby 1.000 Hari Perlindungan di RPTRA Jakpro Asri, Pluit, Jakarta.
Hal senada juga disampaikan oleh dr. Lula Kamal, praktisi kesehatan dan Brand Ambassador Sleek Baby, kebersihan itu adalah salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang anak. “Bila anak sering sakit gara-gara kebersihannya kurang dijaga, maka pertumbuhannya pun akan tidak optimal,” imbuhnya.

dr. Lula Kamal, dr. Mulia Suryandari, dan Ibu Lidwina Natalia Brand Manager Sleek Baby (ket foto dari kiri ke kanan)

Lantas, cuci tangan yang benar itu seperti apa, sih? Menurut dr. Mulia, idealnya mencuci tangan adalah dengan air mengalir dan menggunakan sabun yang foodgrade. Dan, langkah-langkahnya juga harus benar. Namun, bila dalam keadaan darurat, misal tidak ada air, boleh menggunakan cairan antiseptik atau menggunakan tisu basah. “Memang dari segi kesehatan menggunakan antiseptik ataupun tisu basah ini kurang memenuhi, tapi minimal kuman sudah bisa diatasi,” ujarnya.
Nah, bila menggunakan cairan antiseptik, harus mengikuti seperti gerakan cuci tangan, ya, Kids. Gosok semua permukaan, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, antara jemari, dan di bawah kuku. Ayo, jangan malas cuci tangan, ya, agar terhindar dari penyakit. (ilustrasi gambar : Novi Chrisna)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *