Sejak Pandemi COVID-19 menjadi wabah global, para ilmuwan menduga bahwa penyebaran awal berasal dari hewan Kelelawar. Selain COVID-19, kita juga familiar dengan berbagai virus yang menyebar secara massal seperti Flu Burung dan Flu Babi. Penyebaran penyakit yang bersumber dari hewan pun mendapat perhatian serius, karena bisa jadi di masa mendatang akan terjadi pandemi kembali yang juga berasal dari virus di tubuh hewan.

Ibu Novita Natalia, pendiri Plantful.id berharap masyarakat dapat menerapkan pola makan berbasis nabati sebagai salah satu alternatif mencegah pandemi. “WHO menyatakan Virus Corona sebagai pandemi yang berasal dari kelelawar. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengubah pola makan dari yang berbasis hewani menjadi berbasis nabati. Tentu, kami di Plantful.id mendorong proses peralihan gaya hidup ini bisa berjalan dengan smooth dan dilakukan secara perlahan,” ucapnya.

Menyadari banyaknya penyakit yang mungkin ditularkan dari hewan ke manusia, Plantful.id, platform daring kuliner berbasis nabati yang berdiri pada April 2019, mendorong masyarakat untuk beralih ke pangan berbasis nabati. Peralihan ini bukan hanya ditujukan untuk menghindari potensi terjadinya pandemi di masa mendatang namun juga disebabkan oleh berbagai dampak positif lain yang mungkin terjadi karena masyarakat berpaling ke pangan berbasis nabati.

“Pilihan mengubah pola makan menjadi berbasis nabati memberi ruang bagi kita untuk mendapatkan berbagai dampak positif. Pangan nabati memiliki kandungan protein, vitamin mineral yang cukup tinggi. Selain itu, kita juga bisa menurunkan risiko terjadinya pandemi virus yang berasal dari hewan di masa mendatang. Gaya hidup vegan bisa memberikan banyak dampak positif bagi kita semua,” tutup Ibu Novita.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *