Awal tahun merupakan momen tepat untuk menyusun rencana dan target. Tentunya dengan semangat yang masih membara untuk kembali beraktivitas dan produktif bekerja dari rumah. Namun kesehatan dan keselamatan tetap harus menjadi prioritas kita dengan selalu menerapkan protokol kesehatan mandiri di manapun berada. Protokol kesehatan gerakan 3M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan terus disuarakan seiring dengan kembalinya pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Selain menjaga jarak secara fisik, mengenakan masker adalah salah satu wujud kepedulian Anda terhadap kesehatan komunitas lingkungan Anda. Berikut beberapa tips sederhana menggunakan masker yang tepat:

  • Mulai dengan memilih masker wajah dengan kualitas baik. 3M Nexcare Daily Mask, 3M Nexcare Daily Hijab Mask, dan 3M Nexcare Daily Kids Mask memiliki fitur 3 lapis filter, lapisan filter dalam yang nyaman, dan klip hidung yang dapat ditekuk agar dapat membentuk masker ke wajah lebih mudah.
  • Pastikan masker yang akan digunakan bersih. Baik masker kain yang dapat digunakan berulang kali maupun masker kesehatan sekali pakai, penting untuk memeriksa kebersihan dan kondisinya sebelum memakai, jika rusak maka lebih baik gunakan yang baru. Untuk masker kain pun lebih baik mengenakan masker yang baru dicuci atau belum pernah dipakai sebelumnya.
  • Cuci tangan sebelum mengenakan masker, dan juga cuci tangan lagi saat akan melepas masker. Saat meletakkan tangan di dekat wajah, sangat penting untuk membersihkannya. Cuci tangan  dengan air hangat dan sabun selama minimal 20 detik dan keringkan secara menyeluruh. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan minimal 60 persen alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.
  • Pilih masker yang nyaman untuk wajah. Ukuran masker yang terlalu besar atau terlalu kecil akan menyebabkan perlindungan masker wajah kurang optimal.
  • Pastikan masker menutupi hidung dan mulut. Masker wajah harus menutupi hidung dan mulut Anda setiap saat untuk hasil terbaik.
  • Cobalah tip berikut ini agar kacamata tidak berkabut! Setelah menempelkan klip hidung masker ke wajah, letakkan bantalan kacamata di bagian paling atas masker agar napas tidak membuat kacamata buram. Atau, cuci kacamata dengan air sabun sebelum memakainya – sabun dapat meninggalkan lapisan film tak terlihat yang berfungsi sebagai pelapis dari kabut.
  • Simpan masker di tempat yang bersih dan kering. Simpan masker cadangan tetap pada bungkusnya dan untuk masker yang dapat digunakan kembali simpan pada tempat lain agar tidak basah atau kotor. Hindari pemakaian masker yang terbalik. Beberapa masker memiliki bagian atas yang dilengkapi klip yang dapat membentuk hidung. Jika dipakai terbalik, masker tidak akan sesuai dengan wajah dan klip hidung yang tidak pas dapat menyebabkan celah di pangkal hidung.
  • Hindari menyentuh wajah saat menggunakan masker di tempat umum. Menyentuh wajah saat menggunakan masker dapat berpotensi menginfeksi diri sendiri melalui tangan dan juga berisiko menularkannya ke orang lain.
  • Hindari membuka dan memakai masker berulang kali. Setelah masker terpasang, selalu kenakan dengan baik, karena melepas masker dapat membuatnya kotor.
  • Hindari lupa menggunakan masker. Jadikan hal ini kebiasaan baru untuk menggunakan masker setiap kali keluar rumah. Buatlah catatan untuk diri sendiri sebelum meninggalkan rumah atau juga dapat menyimpan masker bersih di dalam mobil atau di dekat pintu depan rumah. Selain itu, juga dapat mempersiapkan masker cadangan di dalam tas. 3M menghadirkan berbagai varian produk masker hingga respirator dengan filter untuk perlindungan baik pada penggunaan di luar maupun di dalam ruangan. Ketahuilah ragam varian masker serta tujuan penggunaannya untuk perlindungan kesehatan yang tepat. Pastikan memilih masker yang yang sesuai dan tepat dengan kebutuhan.

(Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *